Perjalanan Kevin Diks yang Akhirnya Gabung Timnas Indonesia: STY Nunggu 4 Tahun, Dibujuk Warga +62, Kode dari Mees Hilgers

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 12 Okt 2024, 15:34 WIB
Bek FC Copenhagen Kevin Diks berebut bola dengan gelandang Manchester City Sergio Gomez dalam matchday ketiga Grup G Liga Champions 2022/2023 di Etihad Stadium, Kamis (6/10/2022) dini hari WIB. Sejak awal Manchester City sudah menguasai jalanya laga. Belum tujuh menit laga berjalan, pasukan Pep Guardiola sudah berhasil unggul. (AP Photo/Dave Thompson)

Bola.com, Jakarta Bek FC Copenhagen keturunan Maluku, Kevin Diks, sedang dalam proses menjadi WNI untuk memperkuat Timnas Indonesia. Kevin sudah tiba di Jakarta sejak Kamis (10/10/2024).

Setelah dua hari, Ketua PSSI, Erick Thohir, mengumumkan pemain berusia 28 tahun itu akan segera bergabung dengan Timnas Indonesia.

Advertisement

Palang pintu berpostur 186 cm itu belum pernah berlaga untuk Timnas Belanda level senior, melainkan hanya untuk Timnas Belanda U-21, U-20, dan U-19.

PSSI belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai proses naturalisasi Kevin. Namun, melihat cara mereka bekerja sebelumnya untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Kevin kemungkinan bisa bermain untuk Timnas Indonesia pada periode November.

 

2 dari 6 halaman

Perjalanan Kevin: STY Menunggu 4 Tahun

Ketua PSSI, Erick Thohir bersama Kevin Diks. (Bola.com/Dok.Instagram Erick Thohir).

Kevin Diks yang memiliki marga Maluku Bakarbessy, telah menjadi pemain incaran Shin Tae-yong sejak pelatih asal Korea Selatan itu menangani Timnas Indonesia.

Sandy Walsh, Kevin Diks, Emil Audero, Mees Hilgers, Ragnar Oratmangoen, dan Jordi Amat adalah pemain-pemain yang masuk bidikan pertama STY.

STY butuh empat tahun untuk mendapatkan Kevin Diks.

 

3 dari 6 halaman

Dibujuk Netizen

Pemain Borussia Dortmund, Giovanni Reyna (kiri), duel udara dengan pemain FC Copenhagen, Kevin Diks, pada laga Liga Champions di Stadion Signal Iduna Park, Rabu (7/9/2022). (AP/Martin Meissner)

Netizen Indonesia yang selalu membanjiri kolom komentar Instagram pemain dengan kalimat-kalimat, please join Indonesia, atau please come to Indonesia.

Yang terbaru dan paling kencang adalah Instagram Ole Romeny dan Kevin Diks. Dua pemain yang sudah didekati PSSI untuk dinaturalisasi.

Teman-teman mereka, sesama pemain, mulai menirukan kalimat-kalimat tersebut.

Kevin Diks juga pernah menulis komentar seperti itu saat Maarten Paes live di IG. Kemudian Zidane Iqbal, rekan Ole Romeny di Utrehct.

4 dari 6 halaman

Liburan ke Indonesia

Kevin Diks sudah beberapa kali liburan ke Indonesia. Termasuk ke Raja Ampat pada tahun 2023. Pada waktu itu, Kevin Diks mengunggah foto sedang dalam perjalanan ke Asia Tenggara.

Banyak netizen yang mengira dia akan ke Jakarta mengurus dokumen. Ternyata, dia hanya liburan bersama keluarganya.

5 dari 6 halaman

Kode dari Mees Hilgers

Salaman dengan Erick Thohir adalah jawaban dari rumor pemain keturunan bergabung dengan Timnas Indonesia. Jika sudah salaman, tandanya sudah deal. 

Mees dan Eliano mengejutkan lantaran mereka, meski masuk dalam radar, negosiasinya cukup alot. PSSI bahkan sudah mendekati Mees sejak 2020, ketika pertama Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia.

PSSI juga sudah mendekati Eliano sejak 1,5 tahun yang lalu.

Ketika Mees bersalaman dengan Erick, selang beberapa hari Kevin Diks mengikuti Instagram bek berdarah Manado itu.

Namun, baru beberapa pekan kemudian, Mees follow back pemain FC Copenhagen itu.

Kevin Diks juga terpantau sering memberikan like kepada unggahan pemain Timnas Indonesia.

6 dari 6 halaman

2024 Terciduk di Bandara

Kevin Diks akhirnya terciduk di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis (10/10/2024). Sebelumnya, sang pemain juga sudah membocorkan ke media Denmark, /, bahwa dia sudah dihubungi PSSI dan akan segera menentukan.

"Mereka sebenarnya untuk pertama kalinya menelepon agen saya. Ini jelas merupakan kehormatan besar bahwa mereka merasa saya akan menjadi tambahan yang berharga untuk tim," ujar Kevin Diks sambil tersenyum lebar.

"Timnas Indonesia telah berkembang sangat cepat dan makin banyak pemain yang seperti saya memiliki dua kewarganegaraan, dan bergabung ke dalam tim," jelasnya.

Berita Terkait