3 Catatan Manis Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Masuk Daftar Belum Terkalahkan bersama Korea dan Jepang

oleh Radifa Arsa diperbarui 12 Okt 2024, 19:30 WIB
Timnas Indonesia - Dua Bek Tangguh Timnas Indonesia: Rizki Ridho dan Jay Idzes (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia mengukir capaian yang membanggakan pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Ada beberapa catatan impresif yang diraih anak asuh Shin Tae-yong pada tiga laga awal.

Catatan impresif ini menjadi modal berharga bagi Timnas Indonesia untuk meraih hasil positif melawan China pada duel yang bakal berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) pukul 19.00 WIB itu.

Advertisement

Pasalnya, skuad Merah Putih mampu memiliki catatan yang lebih baik dari beberapa pesaingnya sekali pun masih berada di peringkat kelima klasemen alias satu strip di posisi juru kunci Grup C dengan koleksi tiga poin. 

Berbagai capaian impresif ini harus menjadi motivasi bagi skuad asuhan Shin Tae-yong untuk menumbangkan The Dragon pada laga selanjutnya. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 4 halaman

Minim Kebobolan

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes, menangkap bola saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Catatan kebobolan Timnas Indonesia sebetulnya cukup membanggakan pada tiga pertandingan ini. Sebab, skuad asuhan Shin Tae-yong sejauh ini baru kebobolan tiga gol dari tiga pertandingan Grup C.

Rekor ini menduduki peringkat ketiga terbaik di Grup C. Skuad Merah Putih hanya kalah dari Australia yang baru kemasukan dua gol serta Jepang yang belum kebobolan. Rekor ini layak dipertahankan saat melawan China.

Sebab, mayoritas klub yang kebobolan banyak gol ini terjadi saat menghadapi Jepang. Bahrain, misalnya, Bahrain digasak lima gol oleh Samurai Biru, sedangkan China menjadi bulan-bulanan dengan tujuh kebobolan.

 

3 dari 4 halaman

Setara dengan Tiga Peserta

Calvin Verdonk tak hanya bertugas mematikan semua pergerakan lawan yang berani mendekat ke gawang Maarten Paes, melainkan juga sering melakukan tikaman dari sisi kiri via skema serangan balik. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Timnas Jepang memang jadi peserta yang paling enggak ada obat pada tiga laga awal ini. Sebab, mereka sudah menghasilkan 14 gol dari tiga laga. Ini jadi catatan yang terbaik di seluruh grup putaran ketiga ini.

Sementara itu, catatan Timnas Indonesia bisa dibilang setara dengan tiga peserta lainnya di Grup C. Sebab, tiga gol dari tiga laga ini juga diukir oleh Australia, Arab Saudi, dan Bahrain yang berada di atas Indonesia.

Duel melawan China menjadi momentum paling baik bagi skuad Garuda untuk memperbaiki catatan ini. Sebab, The Dragon berstatus sebagai lumbung gol karena kebobolan 12 gol dari tiga pertandingan.

 

4 dari 4 halaman

Belum Tersentuh Kekalahan

Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 kontra Bahrain pada laga ketiga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB. Duel itu diwarnai keputusan kontroversial wasit, karena gol kedua Bahrain dicetak melebihi waktu tambahan yang ditetapkan. (dok. PSSI)

Timnas Indonesia punya rekor yang sangat baik pada tiga pertandingan awal ini. Pasalnya, Jay Idzes dan kawan-kawan masih belum tersentuh kekalahan. Dari tiga laga itu, skuad Garuda meraih tiga imbang.

Capaian ini diukir ketika menghadapi Arab Saudi (1-1), Australia (0-0), dan Bahrain (2-2). Di Grup C, sejauh ini catatan tak terkalahkan itu hanya bisa dicapai oleh Indonesia dan Jepang. Bedanya, Jepang menyapu tiga laga dengan kemenangan.

Adapun di Grup A ada Uzbekistan dan Iran yang sama-sama mengukir dua kemenangan dan satu imbang. Capaian ini juga ditorehkan oleh Korea Selatan dan Irak yang menjadi raja sementara Grup B.

Berita Terkait