Bayangan Formasi Timnas Indonesia dengan Tambahan Kevin Diks: Makin Mantap, Bisa 5 Posisi Dia!

oleh Alit Binawan diperbarui 13 Okt 2024, 05:00 WIB
Ilustrasi - Kevin Diks ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Sebentar lagi, Timnas Indonesia akan kedatangan amunisi baru. Dia adalah Kevin Diks Bakarbessy.

KDB - akronim dari Kevin Diks sudah berfoto dan bersalaman dengan Ketum PSSI Erick Thohir. Proses naturalisasinya pun akan dilakukan sesegera mungkin.

Advertisement

Artinya kedatangan Kevin Diks membuat keinginan awal Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong terwujud.

Sebelumnya pemain "impian" STY sudah menjadi WNI. Secara beruntun adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Mees Hilgers.

Dengan kedatangan Kevin Diks pula, lini belakang Timnas Indonesia semakin kuat. STY pun semakin leluasa dalam mengatur komposisi pemain terutama di lini belakang.

Bek FC Copenhagen ini dikenal sebagai pemain versatile alias pemain serba bisa. Tercatat ia mampu bermain dalam lima posisi.

2 dari 4 halaman

Bisa Lima Posisi

Kevin Diks, bek tengah FC Copenhagen berusia 27 tahun ini merupakan pesepak bola Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia, tepatnya dari Ambon. Saat ini ia tengah menjalani musim ketiga bersama FC Copenhagen. (AFP/Ritzau Scanpix/Liselotte Sabroe)

Dominan sebagai bek kanan dengan mencatatkan 190 penampilan menurut situs transfermarkt.com. ia juga piawai sebagai bek tengah dengan 60 kali penampilan.

Jika boleh berandai-andai, formasi Timnas Indonesia di masa depan akan diisi oleh Jay Idzes, Mees Hilgers, dan Kevin Diks dengan skema tiga bek sejajar.

Ini menjadi formasi imajiner yang mungkin akan sangat padu di masa depan. Belum lagi ditambah dengan kehadiran Elman Baggott jika ia kembali dipanggil oleh Shin Tae-yong.

Calvin Verdonk bisa sedikit lebih maju sebagai gelandang sayap dan mundur menjadi lima bek jika Timnas Indonesia dalam formasi bertahan.

3 dari 4 halaman

Kalau 3-4-3, Maka..

Ilustrasi - Shin Tae-yong dan beberapa formasi-formasi / starting XI Timnas Indonesia (Bola.com/Adine Wirya)

Formasi 3-4-3 menjadi pakem formasi yang diterapkan Shin Tae-yong dalam satu tahun terakhir. Kemungkinan besar tidak akan berubah dengan kehadiran Kevin Diks yang memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Ambon, Maluku.

Sementara Jordi Amat mungkin akan diistirahatkan sejenak mengingat penampilannya yang kurang moncer saat menghadapi Bahrain dalam matchday ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sementara Rizky Ridho juga bisa menjadi cadangan seandainya Kevin Diks bisa bermain apik. Sebab dalam beberapa pertandingan, Rizky Ridho dan Jay Idzes di jantung pertahanan Timnas Indonesia sudah sangat padu.

Satu bek sayap lainnya bisa dihuni oleh Sandy Walsh yang menempati lini tengah bersama Calvin Verdonk. Selain itu, Ivar Jerner dan Thom Haye akan berada pos gelandang tengah.

4 dari 4 halaman

Lini Depan

Timnas Indonesia - Ilustrasi Rafael Struick (Bola.com/Adreanus Titus)

Di depan, Eliano Reijnders, Rafael Struick, dan Ragnar Oratmangoen bisa dicoba Shin Tae-yong sejak menit pertama.

Sampai saat ini, PSSI belum mendapatkan tambahan pemain keturunan untuk posisi ini.

"Belum ada bayangan. Posisi striker? ya sebenarnya ada cuma tergantung pemainnya," kata Ketua PSSI, Erick Thohir kepada Liputan6 Sport SCTV.

Berita Terkait