Presiden Brasil Serukan Larangan Pemanggilan Pemain-Pemain Abroad: Mereka Enggak Lebih Baik dari Jebolan Liga Lokal

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 13 Okt 2024, 05:45 WIB
Pemain Real Madrid, Vinicius Jr (kanan) melakukan selebrasi bersama Jude Bellingham setelah mencetak gol ke gawang RB Leipzig pada laga leg kedua 16 besar Liga Champions 2023/2024 di Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Kamis (07/03/2024) WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Bola.com, Jakarta - Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, menyerukan tim nasional untuk menghindari memilih bintang termasuk Vinicius Junior dan Richarlison demi pemain yang berkompetisi di liga lokal. 

Timnas Brasil saat ini berada di tengah-tengah kualifikasi Piala Dunia 2026 tetapi telah mengalami serangkaian hasil buruk, termasuk kekalahan baru-baru ini dari Paraguay dan tersingkirnya mereka dari perempat final Copa America melawan Uruguay. 

Advertisement

Di bawah manajer baru Dorival Junior, tim ini belum meniru kesuksesan tim nasional di masa lalu meskipun memiliki banyak bakat yang tersedia dari pemain mapan hingga bintang muda yang sedang naik daun seperti pemain muda Real Madrid, Endrick. 

Namun alih-alih memasang jaring lebih lebar dalam upaya menemukan hasil panen terbaik, Lula malah meminta otoritas sepak bola Brasil untuk melihat lebih dekat di mana para pemain memilih untuk tampil di level domestik.

2 dari 2 halaman

Mending Pemain dari Liga Brasil Saja

Pemain Timnas Brasil U-17 Luighi Hanri Sousa Santos (kanan) dan Estevao Willian (kiri) melakukan selebrasi usai gol ke gawang Kaledonia Baru pada pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium, Selasa (14/11/2023). Brasil meraih kemenangan pertama pada Piala Dunia U-17 2023 dengan mencukur Kaledonia Baru 9-0. (Doc. LOC WCU17/BRY)

Sang Presiden menegaskan dalam sebuah wawancara radio bahwa ia telah pergi sejauh melobi kepala Federasi Sepak Bola Brasil, Ednaldo Rodrigues, untuk melihat liga lokal daripada pemain aboard berikutnya dari bintang-bintang internasional.

"Mereka yang berada di luar negeri tidak lebih baik dari mereka yang ada di sini," kata Presiden Lula. "Di Brasil, ada pemain bagus dengan kualitas yang sama (seperti yang ada di luar negeri), jadi berikan kesempatan kepada mereka yang ada di sini."

Lula juga menepis gagasan bahwa ada bintang internasional sejati yang bermain di luar negeri setara dengan yang hebat seperti Garrincho atau Romario.

Sebaliknya, ia menambahkan, "Di luar sana hanya ada sekelompok pemain muda yang belum menjadi bintang".

Pemain yang bisa terkena dampak larangan potensial akan termasuk Raphina Barcelona, Rodrygo dan Eder Militao dari Real Madrid, Gabriel Martinelli dan Gabril Magalhaes dari Arsenal, Alisson Liverpool, Manchester City shot-stopper Ederson, dan pemain Chelsea masa depan Estevao Willian, yang saat ini bermain di Palmeiras sebelum ia bergabung dengan The Blues pada 2025.

Dari para pemain yang dipanggil oleh Dorival Junior untuk jeda internasional saat ini, tujuh dari 23 pemain tampil di klub-klub Brasil, namun tangan sang manajer agak terikat oleh serangkaian cedera yang membuat sejumlah starter tetap absen dari serentetan pertandingan internasional ini. 

Namun, seolah-olah untuk menetapkan poin Lula, kedua pemain yang mencetak gol dalam kemenangan 2-1 Brasil melawan Chili pada Kamis mala, Luiz Henrique dan Igor Jesus, bermain untuk Botafogo Rio de Janeiro.

Sumber: Daily Mail

Berita Terkait