Abang-abang Liga Champions Nih! Dari Harry Kane hingga Mauro Icardi, Inilah Deretan Striker Top yang Sukses Dikantongin Kevin Diks

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 13 Okt 2024, 07:30 WIB
Ilustrasi - Kevin Diks (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Saga naturalisasi Kevin Diks akhirnya tuntas. Bek FC Copenhagen dengan pengalaman panggung Liga Champions itu resmi menjadi WNI dan siap berseragam Timnas Indonesia.

Pemain berdarah Maluku tersebut sudah berjabat tangan dengan Erick Thohir pada Sabtu (12/10/2024). Jabatan tangan itu sekaligus menandai babak Kevin Diks selanjutnya di persepakbolaan nasional, khususnya Timnas Indonesia.

Advertisement

"Makan siang sama pemain F. C. Copenhagen yang punya keturunan Indonesia, enggak lupa salaman. Selamat bergabung di Timnas Indonesia, Kevin Diks," tulis Erick Thohir di laman media sosialnya.

Kevin Diks akan menambah kekuatan di lini belakang Timnas Indonesia. Ia dikenal sebagai pemain versatile alias pemain serbabisa. Tercatat ia mampu bermain dalam lima posisi.

Tak cuma di situ saja, Kevin Diks juga bermodalkan pengalaman segudang berlaga di panggung Liga Champions, baik itu saat membela Feyenoord maupun FC Copenhagen. Lantas, siapa saja lawan-lawan tangguh yang pernah ia kantongi?

 

2 dari 4 halaman

Harry Kane Mati Kutu!

Pemain FC Copenhagen, Kevin Diks, menyundul bola saat melawan Bayern Munchen pada laga Liga Champions (20/9/2023). Klub asal Denmark itu berhasil lolos ke fase gugur setelah menyingkirkan Galatasaray dan Manchester United. (AFP/Sergei Gapon)

Akhir November 2023, Kevin Diks mendapatkan lawan tangguh. FC Copenhagen bertandang ke markas Bayern Munchen dalam lanjutan Liga Champions Grup A.

Seperti diketahui, Bayern Munchen dihuni oleh banyak pemain top dunia. Mulai dari Harry Kane, Leroy Sane, sampai Jamal Musiala.

Saat itu Kevin Diks bermain sebagai bek kiri, ditemani Nicolai Boilesen, Denis Vavro, dan Elias Jelert. Diks juga bermain full selama 90 menit.

Hebatnya, meski Bayern Munchen memainkan Sane, Aleksandar Pavlovic, hingga Serge Gnabry, FC Copenhagen sukses menahan imbang tuan rumah dengan skor 0-0. Diks sukses membuat Kane dkk. mati kutu!

 

3 dari 4 halaman

Icardi Who?

Pemain FC Copenhagen, Kevin Diks, berebut bola dengan pemain Galatasaray, Mauro Icardi, pada laga Liga Champions (12/12/2023). Bersama FC Copenhagen di musim ini, Kevin Diks mencatatkan 32 penampilan dengan perolehan satu gol, dua assist, empat kartu kuning, dan satu kartu merah. (AFP/Liselotte Sabroe)

Masih di tahun yang sama dan grup yang sama, giliran Galatasaray yang tak berkutik. Bermain sebagai bek tengah, Kevin Diks tak cuma mencegah gawang Copenhagen perawan, tetapi juga membantu memenangkan timnya dengan skor 1-0.

Padahal, Galatasaray juga diperkuat Wilfried Zaha dan Lucas Torreira. Namun, FC Copenhagen sukses memulangkan raksasa Turki itu dengan tangan hampa.

 

4 dari 4 halaman

Sevilla Melempem

Aksi pemain FC Copenhagen, Kevin Diks (kiri) berduel dengan pemain Sevilla FC, Isco, saat berlaga di Liga Champions. (Liselotte Sabroe / SCANPIX DENMARK / AFP)

Jagoan Eropa, Sevilla FC, juga jadi 'korban' keganasan pertahanan FC Copenhagen. Bertanding di Liga Champions, tim kuat Liga Spanyol itu tak mampu berbuat banyak dan gagal mencetak gol.

Selain itu, bukti kehebatan Kevin Diks terlihat tatkala ia bermain sebagai bek kanan. Ini membuktikan bahwa Diks bisa bermain sama baiknya di posisi kiri, tengah, maupun kanan.

Menghadapi Sevilla yang dihuni Youssef En-Nesyri, Isco, hingga Erik Lamela, Kevin Diks cs berhasil membuat Sevilla melempem.

Berita Terkait