Kevin Diks Segera Dinaturalisasi, Media Vietnam: PSSI Tak Kenal Lelah Cari Pemain Berkualitas untuk Timnas Indonesia

oleh Rizki Hidayat diperbarui 13 Okt 2024, 12:15 WIB
Calon bek Timnas Indonesia, Kevin Diks. (Bola.com/Dok.Instagram Kevin Diks).

Bola.com, Jakarta - Kevin Diks akan segera dinaturalisasi dan memperkuat Timnas Indonesia. Keberhasilan PSSI merayu Kevin agar mau berseragam Tim Garuda mendapatkan sorotan dari media Vietnam, Bongda24H.

Bek FC Copenhagen tersebut telah bersalaman dengan Ketua PSSI, Erick Thohir, Sabtu (12/10/2024). Foto keduanya sedang bersalaman diunggah Erick di akun Instagram pribadinya.

Advertisement

"Makan siang bersama pemain FC Copenhagen yang mempunyai keturunan Indonesia. Tidak lupa salaman. Selamat bergabung di Timnas Indonesia, Kevin Diks," tulis pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

Kevin Diks lahir di Apeldoorn, Belanda, pada 6 Oktober 1996. Darah Indonesia-nya mengalir lewat sang ibu, Natasja Diks-Bakarbessy, yang berasal dari Ambon, Maluku.

 

2 dari 4 halaman

Tak Kenal Lelah

Ilustrasi - Kevin Diks (Bola.com/Adreanus Titus)

Kerja keras PSSI mencari dan menaturalisasi pemain-pemain berkualitas yang memiliki darah Indonesia serta berkarier di Eropa termasuk Kevin Diks, mendapat sorotan dari Bongda24H.

Dalam artikel berjudul "Presiden PSSI Konfirmasi Bintang Belanda Berikutnya untuk Timnas Indonesia", media Vietnam itu menyebut Tim Garuda makin berkualitas sejak dipimpin Erick Thohir.

"Dengan ambisi untuk mencari bakat-bakat asli Indonesia yang bermain sepak bola di seluruh dunia, selama ini, PSSI di bawah kepemimpinan Presiden Erick Thohir tanpa lelah mencari, menemukan, dan mendatangkan bintang-bintang naturalisasi yang berkualitas," tulis Bongda24H.

 

3 dari 4 halaman

Andalan FC Copenhagen

Calon bek Timnas Indonesia, Kevin Diks. (Bola.com/Dok.Instagram Kevin Diks).

Nama lengkap Kevin Diks adalah Kevin Diks Bakarbessy. Nama terakhirnya ialah marga yang terdapat di Waai, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Kevin bermain untuk FC Copenhagen sejak 2021. Sejak saat itu, dia menjadi andalan di lini belakang dan bermain 144 kali untuk FC Copenhagen, termasuk 17 kali di Liga Champions.

Sebelumnya, kepada media Denmark, Bold, pada beberapa waktu lalu, Kevin Diks mengaku telah didekati PSSI, yang membuatnya mempertimbangkan tawaran untuk memperkuat Timnas Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Pengakuan Kevin Diks

Pemain FC Copenhagen, Kevin Diks, menyundul bola saat melawan Bayern Munchen pada laga Liga Champions (20/9/2023). Klub asal Denmark itu berhasil lolos ke fase gugur setelah menyingkirkan Galatasaray dan Manchester United. (AFP/Sergei Gapon)

"Mereka sebenarnya untuk pertama kalinya menelepon agen saya. Ini jelas merupakan kehormatan besar bahwa mereka merasa saya akan menjadi tambahan yang berharga untuk tim," ujar Kevin Diks sambil tersenyum lebar.

"Timnas Indonesia telah berkembang sangat cepat dan makin banyak pemain yang seperti saya memiliki dua kewarganegaraan, dan bergabung ke dalam tim," jelasnya.

Berita Terkait