Mengenal Zeng Cheng: Kiper Legendaris Timnas China yang Sempat Ditempa di Tambaksari

oleh Hery Kurniawan diperbarui 14 Okt 2024, 09:30 WIB
Persebaya Surabaya - Zeng Cheng (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani laga krusial dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda akan bertandang ke markas Timnas China di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024).

Indonesia dan China memiliki hubungan erat belakangan ini. Terutama dalam hal ekonomi, sosial, dan budaya.

Advertisement

Namun, tidak demikian dengan sepak bola. Paling tidak jika ukurannya melihat pemain China yang bermain di sepak bola Indonesia.

Jumlah pemain China yang pernah berlaga di sepak bola Indonesia cukup sedikit. Satu dari sedikit itu adalah eks kiper Timnas China, Zeng Cheng.

Zeng Cheng bisa dikatakan kiper legendaris Timnas China. Bahkan, Cheng memiliki 42 caps bersama tim berjulukan The Dragons itu.

2 dari 4 halaman

Ditempa di Tambaksari

Persebaya mengucapkan selamat untuk bekas kipernya, Zeng Cheng, yang kini bermain di Liga China, Guangzhou Evergrande. (Bola.com/Dok. Persebaya)

Zeng Cheng pernah bermain untuk Persebaya Surabaya pada 2005. Kiper dengan tinggi badan 192 cm itu dipinjam Bajol Ijo dari klub China, Wuhan Guanggu.

Karier Zeng Cheng di Persebaya Surabaya memang hanya satu musim. Namun, kariernya di kota itu sangat berkesan.

Zeng Cheng yang posturnya tinggi menjulang langsung menjadi idola publik Tambaksari yang menjadi kandang Persebaya Surabaya saat itu.

3 dari 4 halaman

Hingga Delapan Besar

Striker Timnas Indonesia, Greg Nwokolo berduel dengan kiper Timnas China, Zeng Cheng dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2015. (AFP/Romeo Garad)

Zeng Cheng langsung menjadi kiper utama Persebaya Surabaya saat itu. Cheng pun mendapatkan apa yang ia inginkan, yakni menit bermain dan pengalaman bermain yang luar biasa.

Zeng Cheng juga mendapatkan pengalaman bekerja sama dengan para pemain belakang legendaris Indonesia yang menghuni Persebaya saat itu. Sebut saja Mat Halil, Mursyid Effendi, hingga Bejo Sugiantoro.

Persebaya yang saat itu diperkuat Zeng Cheng pun melaju hingga babak delapan besar. Prestasi yang cukup membanggakan bagi tim kebanggaan Arek Suroboyo.

4 dari 4 halaman

Kejayaan Guangzhou

Zeng Cheng saat memperkuat Guangzhou Evergrande (AFP)

Guangzhou Evergrande pernah menjadi raja sepak bola China dan Asia. Zeng Cheng menjadi bagian dari tim itu.

Zeng Cheng dua kali membawa Guangzhou Evergrande menjuarai Liga Champions Asia. Gelar itu diraih pada musim 2012/2013 dan 2014/2015.

Selain itu, Zeng Cheng juga pernah enam kali menjadi juara Chinese Super League bersama Guangzhou Evergrande.

Saat ini Zeng Cheng berusia 37 tahun. Penjaga gawang satu ini memperkuat klub China yang lain, Shanghai Shenhua. 

Berita Terkait