Buntut Keributan Selepas Duel Kontra Bahrain, Timnas Indonesia Diklaim Terancam Hukuman Pengurangan Poin

oleh Rizki Hidayat diperbarui 14 Okt 2024, 12:15 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Bahrain Vs Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Duel Bahrain versus Timnas Indonesia pada laga ketiga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 berujung keributan. Akibatnya, Bahrain dan Tim Garuda terancam dihukum pengurangan poin dari AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia).

Timnas Indonesia bertandang ke markas Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB. Sayangnya, anak asuh Shin Tae-yong tersebut gagal mendulang tiga poin penuh.

Advertisement

Sempat unggul 2-1, Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 melawan Bahrain. Sepasang gol Tim Garuda dicetak Ragnar Oratmangoen pada menit ke-45+3 dan Rafael Struick menit ke-74. Adapun dua gol Timnas Bahrain diborong Mohamed Marhoon (15', 90+9').

Kegagalan Timnas Indonesia memetik kemenangan tak lepas dari keputusan kontroversial wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf. Sang wasit memberikan waktu tambahan babak kedua yang tak sesuai dengan petunjuk dari ofisial keempat.

 

2 dari 5 halaman

Terjadi Keributan

Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 kontra Bahrain pada laga ketiga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB. Duel itu diwarnai keputusan kontroversial wasit, karena gol kedua Bahrain dicetak melebihi waktu tambahan yang ditetapkan. (dok. PSSI)

Padahal wasit keempat, Qasim Al-Hatmi, memperlihatkan papan petunjuk waktu tambahan hanya enam menit. Namun, wasit Ahmed Al Kaf tidak meniup peluit berbunyi panjang tanda laga usai pada menit ke-90+6.

Timnas Bahrain lantas menyamakan skor pada menit ke-90+9. Selepas gol kedua Mohamed Marhoon, Ahmed Al Kaf baru menyudahi duel pada menit ke-90+11.

Selepas pertandingan, keributan pun pecah di pinggir lapangan. Sejumlah pemain Timnas Indonesia, termasuk Shayne Pattynama, terlihat emosi dengan wasit berkepala plontos itu.

Bahkan, petugas keamanan sampai harus memberikan perlindungan kepada wasit Ahmed Al Kaf untuk masuk ke ruang ganti.

 

3 dari 5 halaman

Terancam Pengurangan Poin

Malik Risaldi dipercaya oleh pelatih Shin Tae-yong menjadi satu-satunya pemain Liga 1 yang menjadi starter pada laga tersebut. Ia dipercaya tampil sepanjang 58 menit sebelum digantikan oleh Marselino Ferdinan. (Dok. PSSI)

Selepas duel kontra Bahrain, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan China pada laga keempat Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Duel kedua tim bakal bergulir di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Sebelum duel tersebut bergulir, media China, Sohu, mengklaim Bahrain dan Timnas Indonesia terancam mendapatkan hukuman dari AFC, buntut dari keributan yang terjadi.

"Selepas pertandingan, pemain Timnas Indonesia yang marah dan pemain Bahrain terlibat konflik sengit. Bek pengganti Shayne Pattynama bahkan melontarkan gestur kasar ke arah wasit," tulis Sohu.

"Demi menguasai situasi, aparat keamanan akhirnya turun ke lapangan untuk memisahkan para pemain yang terlibat konflik. Akibat buruknya konflik antar pemain Indonesia pasca-pertandingan, kemungkinan besar AFC akan memberikan hukuman kepada kedua pihak yang terlibat dalam insiden tersebut."

"Kedua tim akan menghadapi pengurangan poin penalti yang berat dari AFC. Jika Timnas Indonesia dan Bahrain mendapatkan pengurangan poin, China kemungkinan besar akan bangkit dari ketertinggalan dan menempati peringkat empat besar grup, sehingga lolos ke babak play-off," lanjut media tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan:

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - China Vs Timnas Indonesia - Alternatif 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

Timnas China Vs Timnas Indonesia

  • Laga keempat Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026
  • Venue: Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao
  • Hari: Selasa, 15 Oktober 2024
  • Siaran langsung: RCTI
5 dari 5 halaman

Hasil dan Klasemen Grup C

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 3 3 0 0 14-0 9
2 Australia 3 1 1 1 3-2 4
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Berita Terkait