Pemain Naturalisasi China di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Fen Nanduo Absen, A Lan Comeback, Awas Timnas Indonesia Ada Eks Everton!

oleh Radifa Arsa diperbarui 15 Okt 2024, 07:45 WIB
Ilustrasi - Pemain naturalisasi China untuk hadapi Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus/Geaby Fadhilatu Sholikha)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, wajib mewaspadai pemain naturalisasi milik China saat berjumpa pada lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mereka bermain cukup baik meski belum berhasil membawa timnya meraih hasil positif di fase kualifikasi ini.

Para pemain naturalisasi milik China ini bisa menjadi ancaman bagi Timnas Indonesia dalam duel yang bakal berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) pukul 19.00 WIB itu.

Advertisement

Setidaknya, ada tiga pemain dari skuad The Dragon yang berstatus sebagai amunisi naturalisasi. Dua di antaranya beroperasi di lini depan, sedangkan satu nama lainnya menjadi benteng tangguh di jantung pertahanan.

Nama-nama pemain ini tentu bakal masuk dalam daftar potensi ancaman yang diantisipasi oleh Timnas Indonesia pada pertemuan kali ini. Meskipun tak semuanya istimewa, tetap saja mereka tak bisa dipandang sebelah mata.

2 dari 5 halaman

Jiang Guangtai (Tylas Browning)

Namun gol tersebut dianulir setelah VAR menunjukkan pemain China Jiang Guangtai berada dalam posisi offside. (KARIM JAAFAR/AFP)

Jiang Guantai menjadi salah satu pemain naturalisasi milik Timnas China yang punya reputasi paling mentereng. Sebab, bek kelahiran Inggris dengan nama Tyias Browning ini memiliki rekam jejak yang keren karena pernah berkarier di Liga Inggris.

Sebelum memutuskan pindah ke China, dia pernah bermain untuk klub-klub Inggris, seperti Wigan Athletic, Everton, hingga Sunderland. Saat masih berusia muda, Browning juga pernah memperkuat Timnas Inggris U-17 hingga U-20.

Setelah memutuskan pindah kewarganegaraan pada medio 2021,  pemain berusia 30 tahun ini selalu menjadi pilihan utama di lini belakang.

Sejauh ini, Browning sudah menghasilkan 31 penampilan di laga internasional dan performanya sepanjang kualifikasi cukup baik.

3 dari 5 halaman

Fei Nanduo (Fernandinho)

Pemain China, Fei Nanduo, mengambil bola dalam laga kontra Thailand di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Shenyang, 6 Juni 2024. (AFP)

Salah satu pemain yang seharusnya wajib diantisipasi Timnas Indonesia pada pertemuan kali ini ialah Fei Nanduo. Winger kelahiran Brasil itu menjadi andalan baru di sektor sayap The Dragon sejak debut pada Maret 2024.

Pemain dengan nama lengkap Fernando Henrique da Conceicao itu selalu menjadi andalan pelatih Branko Ivankovic pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dia sudah selalu bermain sejak putaran kedua lalu.

Sejauh ini, kontribusi memang belum begitu membanggakan. Sebab, dia baru menghasilkan satu gol dari tujuh penampilan. Salah satu keunggulannya yang harus diantisipasi ialah kemampuan bermain di sejumlah posisi.

Namun, pada laga kontra Timnas Indonesia nanti, Branko Ivankovic harus pasrah kehilangan pemain yang karib disapa Fernandinho tersebut. Sang pemain sedang cedera setelah laga kontra Australia dan dikembalikan ke klubnya.

4 dari 5 halaman

A Lan (Alan Douglas)

Striker naturalisasi Timnas China, Alan Douglas Borges de Carvalho (AFP/Philip Fong)

Setelah sempat absen pada laga melawan Australia, striker naturalisasi milik Timnas China, Alan Douglas Borges de Carvalho, kembali dipanggil pelatih Branko Ivankovic untuk menghadapi Timnas Indonesia, terutama karena Fei Nanduo harus diistirahatkan karena cedera.

Striker kelahiran Brasil ini bakal menjadi amunisi tambahan di lini depan The Dragon pada pertandingan kali ini. Sebetulnya, rekam jejak pemain berusia 35 tahun ini tak begitu mentereng di level internasional.

Sebab, dari 13 pertandingan sejak pertama kali debut pada Mei 2021, Alan baru bisa menyumbangkan tiga gol untuk Timnas China. Dia juga sering absen pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia karena faktor cedera.

5 dari 5 halaman

Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 3 3 0 0 14-0 6
2 Australia 3 1 1 1 3-2 4
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Berita Terkait