Media Timur Tengah Sorot Serangkaian Teror yang Diterima Wasit Duel Bahrain Vs Timnas Indonesia

oleh Rizki Hidayat diperbarui 14 Okt 2024, 13:09 WIB
Wasit Ahmed Al Kaf tak segera meniup peluit tanda akhir pertandingan meski injury time melebihi waktu yang ditentukan, yaitu 6 menit. (AFP/Hector Retamal)

Bola.com, Jakarta - Wasit Ahmed Al Kaf mendapatkan serangkaian teror selepas bertugas memimpin pertandingan Bahrain versus Timnas Indonesia. Situasi tak mengenakkan yang dialami Ahmed mendapat sorotan dari media Timur Tengah.

Timnas Indonesia bersua Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB. Bermain di kandang lawan, Jay Idzes dkk. mampu memberikan perlawanan sengit kepada tim tuan rumah.

Advertisement

Bahkan, Timnas Indonesia berhasil unggul 2-1 sampai menit ke-90. Sepasang gol Tim Garuda disarangkan Ragnar Oratmangoen pada menit ke-45+3 dan Rafael Struick menit ke-74, sedangkan gol Timnas Bahrain dicetak Mohamed Marhoon menit ke-15.

Sayangnya, kemenangan Timnas Indonesia yang sudah di depan mata harus buyar gara-gara keputusan kontroversial wasit Ahmed Al Kaf. Injury time babak kedua yang seharusnya enam menit, baru berakhir ketika laga berjalan 90+11.

 

2 dari 5 halaman

Picu Kemarahan

Timnas Indonesia bertemu Bahrain di kualifikasi Piala Dunia 2026. (X Timnas Indonesia)

Waktu tambahan yang melebihi tersebut membuat Timnas Bahrain menyamakan skor pada menit ke-90+9 lewat aksi Mohamed Marhoon. Sampai duel berakhir, skor imbang 2-2 tetap bertahan.

Selepas pertandingan, keributan pun pecah di pinggir lapangan. Sejumlah pemain Timnas Indonesia, termasuk Shayne Pattynama, terlihat emosi dengan wasit berkepala plontos itu.

Bahkan, petugas keamanan sampai harus memberikan perlindungan kepada wasit Ahmed Al Kaf untuk masuk ke ruang ganti. Tak hanya itu, suporter Tim Garuda juga meluapkan kemarahan di dunia maya.

 

3 dari 5 halaman

Disorot Media Arab

Pada menit ke-90+9 Timnas Indonesia malah kebobolan melalui Mohamed Marhoon mencetak gol setelah memanfaatkan situasi tendangan pojok. Skuad Garuda pun gagal meraih kemenangan perdananya dan laga berakhir dengan skor 2-2. (AFP/Hector Retamal)

Fans-fans Timnas Indonesia menyerang akun media sosial wasit Ahmed Al Kaf, pemain Timnas Bahrain, dan juga Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA). Beragam kritikan dan cacian dilontarkan kepada akun-akun tersebut.

Bahkan, akun Instagram Ahmed Al Kaf sampai hilang, dan situs BFA tidak dapat diakses akibat serangan siber. Kejadian itu pun mendapat sorotan dari media Timur Tengah, Kooora.

"Intensitas reaksi meningkat dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya, ketika kelompok-kelompok fanatik dari masyarakat Indonesia mempublikasikan nomor telepon wasit tersebut," tulis Kooora.

"Mengiriminya pesan-pesan ancaman untuk membunuhnya, dan ancaman untuk menyihirnya jika pertandingan tidak diulang. Foto-foto wasit juga dipublikasikan di jalan-jalan Jakarta yang menuntut untuk penangkapannya!" lanjut media tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Bersua China

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - China Vs Timnas Indonesia - Alternatif 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

Hasil imbang kontra Bahrain membuat Timnas Indonesia kini berada di peringkat kelima Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim Garuda mendulang tiga poin, tertinggal satu angka dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain yang menghuni urutan dua sampai empat.

Pada pertandingan selanjutnya, Timnas Indonesia akan meladeni tim juru kunci, China, di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) malam WIB. Melakoni duel ini, Tim Garuda bertekad menang demi menjaga asa lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Klasemen Grup C

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 3 3 0 0 14-0 9
2 Australia 3 1 1 1 3-2 4
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Berita Terkait