5 Pesepak Bola yang Paling Kotor Permainannya: Gigitan Luis Suarez Paling Fenomenal

oleh Choki Sihotang diperbarui 14 Okt 2024, 15:00 WIB
Striker Barcelona, Luis Suarez, bersitegang dengan bek Real Madrid, Sergio Ramos, pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Minggu (6/5/2018). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AFP/Josep Lago)

Bola.com, Jakarta - Meskipun sepak bola identik dengan fair play, namun tak jarang sikap-sikap yang justru jauh dari prinsip itu masih kerap terjadi di banyak pertandingan.

Salah satu sikap fair play yang acap kali dilabrak adalah terkait tekel-tekal keras atau sering disebut tekel hohor .

Advertisement

Entah sudah berapa pemain yang cedera akut bahkan di antaranya terpaksa harus gantung sepatu lebih cepat karena dibekap cedera panjang yang tak kunjung pulih.

Sejumlah pemain yang identik dengan apa yang kemudian disebut 'pemain yang kotor' dikenal dengan tekal kerasnya atau melakukan kekerasan.

Dilasir Givemesport, berikut lima di antaranya pesepak bola paling kotor permainannya sepanjang sejarah hingga 2024.

Mereka masuk daftar 'hitam' karena berdasarkan pada kartu, kuning dan merah, sebagai dasar untuk menentukan peserta mana yang masuk dalam daftar.

"Kotor" adalah kata subjektif dalam sepak bola. Pemain dapat dianggap demikian karena alasan lain selain disiplin, yang telah menjadi faktor dalam peringkat, tetapi disiplin adalah hal yang paling diperhatikan dalam daftar ini.

 

2 dari 6 halaman

5. Cristian Romero

Bek Tottenham Hotspur Cristian Romero berebut bola dengan gelandang Manchester City Kevin De Bruyne pada pekan ke-26 Liga Inggris di Etihad stadium, Minggu (20/2/2022) dinihari WIB. Manchester City takluk 2-3 dari tim tamu, Tottenham Hotspur. (AP Photo/Jon Super)

Selama satu atau dua musim terakhir, Romero tampaknya sedikit melunak dibanding saat pertama kali tiba di Tottenham Hotspur.

Ia selalu menjadi bek tengah yang berkualitas. Tetapi selama membela klub London Utara itu, ia telah menunjukkan sisi gegabah dalam gaya permainannya.

Saat kekalahan memalukan Tottenham dari Chelsea dengan skor 1-4, Romero adalah satu dari dua pemain Spurs yang dikeluarkan karena tekel berbahaya. Itu hanya satu dari banyak contoh yang diberikan oleh pemain Argentina itu.

Ia telah melakukan hampir 300 pelanggaran dalam kariernya, tepatnya 292. Sebanyak 69 dari pelanggaran tersebut mengakibatkan kartu kuning.

Ia juga telah dikeluarkan langsung pada lima kesempatan berbeda.

 

3 dari 6 halaman

4. Arturo Vidal

Bayern Munchen mengonfirmasi Arturo Vidal bakal absen sampai akhir musim untuk menjalani pemulihan cedera lutut yang dialaminya. (AFP/Bullent Kilic)

Arturo Vidal telah menikmati lebih dari sekadar kesuksesan yang wajar sepanjang kariernya, yang saat ini ia lanjutkan bersama Colo-Colo, tim tempat melakoni debut seniornya.

Pemain Chile tersebut menghabiskan 15 tahun di Eropa, bermain untuk Bayer Leverkusen dan Bayern Munchen di Jerman, Juventus dan Inter Milan di Italia, serta Barcelona di Spanyol.

Antara 2011 dan 2021, Vidal merengkuh sembilan gelar liga dan menjadi pemain yang berkontribusi dalam setiap kemenangan tersebut.

Namun, seiring dengan kesuksesannya, ia juga memiliki reputasi lain. Vidal selalu menjadi pemain yang bersemangat di lini tengah, peraih bola yang ulet dengan kegemaran dalam seni tekel.

Pemain Chile tersebut telah melakukan 847 pelanggaran sepanjang kariernya. Hebatnya, meskipun telah menerima begitu banyak peringatan, Vidal hanya diberi kartu merah sebanyak lima kali.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Diego Costa

Diego Costa. Striker Spanyol berusia 33 tahun yang baru saja bergabung dengan Wolverhampton di awal musim 2022/2023 ini sebelumnya pernah membela Chelsea sejak awal musim 2014/2015 hingga tengah musim 2017/2018. Ia tercatat pernah mengenakan topeng pada 2016 saat membela Chelsea akibat cedera yang didapat saat sesi latihan bersama pemain muda The Blues di Akademi Cobham. Saat itu terlibat benturan kepala dengan Fikayo Tomori dalam sebuah duel udara. (AFP/Ben Stansall)

Diego Costa akan tercatat sebagai salah satu pemain paling menyebalkan dalam sejarah Premier League.

Mantan penyerang Atletico Madrid itu adalah ahli dalam seni gelap, yang secara rutin menghabisi siapa pun yang kurang beruntung saat menjaganya selama bermain di Chelsea. 

Mungkin bersama The Blues, perilaku buruk Costa paling dikenal dunia. Tetapi, bukan berarti Costa hanya bermain kotor di Stamford Bridge.

Masih menjadi pemain aktif, sekarang memperkuat Gremio di negara asalnya Brasil, Costa telah mengumpulkan 509 pelanggaran dalam 18 tahun kariern, setelah menerima 124 kartu kuning selama waktu tersebut.

 

 

5 dari 6 halaman

2. Sergio Ramos

Pemain Sevilla, Sergio Ramos, saat melawan Arsenal pada laga Liga Champions di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Rabu (25/10/2023). (AFP/Jorge Guerrero)

Pemain yang paling banyak mendapat kartu kuning dalam sejarah sepak bola, Sergio Ramos, akan dikenang karena pelanggaran yang dilakukannya dan juga kualitasnya.

Ramos adalah bek yang benar-benar luar biasa yang menghabiskan lebih dari satu dekade bermain di Real Madrid, setelah memulai kariernya dengan klub lokal Sevilla. Ramos membuktikan diri sebagai salah satu bek terbaik dunia dengan penampilan yang konsisten dan cemerlang, dengan insting mencetak gol yang tajam terlepas dari posisinya.

IBek tengah tersebut, yang saat ini berstatus bebas agen, telah melakukan 1.020 pelanggaran yang mencengangkan selama kariernya yang berlangsung selama dua dekade.

Sebanyak 244 peringatan yang diterimanya adalah yang terbanyak yang pernah diberikan kepada satu pemain. Selain itu, Ramos telah dikeluarkan dari lapangan sebanyak 29 kali, sebuah rekor yang belum pernah dipecahkan oleh siapa pun.

 

 

6 dari 6 halaman

1. Luis Suarez

Giorgio Chiellini (kiri) mengklaim bahwa ia digigit oleh Luis Suarez (kanan) dalam pertandingan babak penyisihan antara Italia dan Uruguay Piala Dunia FIFA 2014 grup D di Estadio Arena das Dunas di Natal, Brasil, 24 Juni 2014. EPA / Emilio Lavandeira JR

Ia adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah ada. Tetapi kualitas Luis Suarez tidak dapat mengurangi fakta ia juga merupakan salah satu pemain paling kotor dalam sejarah sepak bola.

Suarez, yang sekarang bermain bersama Lionel Messi untuk Inter Miami di MLS, telah melakukan 578 pelanggaran sepanjang karier profesionalnya, setelah bermain untuk Ajax, Liverpool, Barcelona, ​​dan Atletico Madrid sebelum meninggalkan Eropa.

Namun, bukan jumlah kartu yang membuat Suarez dianggap sebagai pemain kotor. Pada 2010, ia terkenal melakukan penyelamatan ajaib untuk Uruguay di Piala Dunia, menepis tembakan Asamoah Gyan ke atas mistar gawang.

Ini terbukti bermasalah, mengingat Suarez adalah penyerang dan bukan penjaga gawang. Penyerang itu mendapat kartu merah langsung sebelum terlihat merayakan penalti Gyan yang mengenai tiang gawang dan melambung.

Yang lebih buruk lagi adalah insiden gigitan. Salah satunya sudah cukup buruk, yang terjadi saat ia masih di Ajax.

Dalam pertandingan melawan PSV Eindhoven pada 2010, Suarez dinilai telah menggigit pemain lawan Otman Bakkal dan awalnya dilarang bermain selama dua pertandingan, meskipun larangan bermain ini segera ditambah menjadi tujuh pertandingan.

Tiga tahun kemudian, Suarez menjadi pemain inti Liverpool saat melawan Chelsea, kemudian melakukan pelanggaran gigitan yang kedua, kali ini terhadap Branislav Ivanovic.

Dalam pertandingan tersebut, tindakannya tidak terlihat dan tidak dihukum, dengan Suarez berhasil menyamakan kedudukan bagi Liverpool di masa injury time.

Ia dijatuhi hukuman larangan bermain selama 10 pertandingan yang berlanjut hingga beberapa pekan pertamanya bersama Barcelona setelah pindah ke sana.

Lebih dari setahun kemudian, selama Piala Dunia edisi 2014, Suarez sekali lagi dihukum karena menggigit lawan, pelanggaran ketiganya.

Kali ini, sasaran yang malang itu adalah bek Italia Giorgio Chiellini, yang segera terlihat bekas gigitannya.

Suarez segera diberi larangan bermain internasional selama sembilan pertandingan, mengakhiri keterlibatannya lebih lanjut dalam kompetisi tersebut.

Sumber: Givemesport

Berita Terkait