Timnas Indonesia Berpeluang Besar Menggulung China, Shin Tae-yong Dinilai Sudah Punya Jurusnya

oleh Radifa Arsa diperbarui 14 Okt 2024, 15:45 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (kiri) dan Thom Haye melakukan pemanasan saat latihan menjelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan China yang berlangsung di Stadion Qingdao Tiantai, China pada Minggu (13/10/2024) malam waktu setempat. (Dok. PSSI)

Bola.com, Solo - Timnas Indonesia diyakini mampu membawa pulang tiga poin dari kandang China saat berjumpa pada lanjutan Grup C putaran ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Racikan strategi dari Shin Tae-yong bakal menjadi kunci Timnas Indonesia untuk meraih kemenangan dalam duel yang bakal berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) pukul 19.00 WIB itu.

Advertisement

Duel ini menjadi kesempatan bagi skuad Merah Putih untuk mengamankan kemenangan pertamanya pada babak ini. Sebelumnya, mereka telah meraih tiga kali imbang melawan Arab Saudi (1-1), Australia (0-0), dan Bahrain (2-2).

Beberapa keunggulan yang dimiliki Jay Idzes dan kawan-kawan mesti dimaksimalkan dengan baik untuk membawa pulang tiga poin pada laga ini. Berikut Bola.com menyajikan analisis pengamat jelang pertemuan ini.

 
 
2 dari 5 halaman

Timnas Indonesia Punya Keunggulan

Timnas Indonesia - STY dikelilingi bintang naturalisasi (Bola.com/Adreanus Titus)

Mantan winger Timnas Indonesia, Kas Hartadi, merasa optimistis jika anak buah Shin Tae-yong bisa meraih hasil positif di markas China. Sebab, skuad Garuda telah memperlihatkan kualitasnya saat menghadapi Bahrain.

Berkaca dari penampilan itu, Timnas Indonesia sama sekali tak gentar meski bermain di kandang lawan. Mentalitas ini tentu bisa menjadi modal berharga untuk mengungguli The Dragon pada matchday keempat ini.

“Dari laga melawan Bahrain sebelumnya, permainan Timnas Indonesia sangat luar biasa. Saya memprediksi Indonesia lebih unggul dari China," kata Kas Hartadi saat dihubungi Bola.com, Senin (14/10/2024).

"Saya yakin Timnas Indonesia bisa menang meskipun bermain di kandang lawan,” lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Maksimalkan Keunggulan

Pelatih anyar PSIM Yogyakarta, Kas Hartadi. (Dok. PSIM)

Lelaki yang pernah membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1991 itu menekankan pentingnya memaksimalkan keunggulan untuk bisa melumpuhkan The Dragons di kandangnya.

Keunggulan-keunggulan ini meliputi kecepatan para pemain dalam melakukan serangan balik hingga ketajaman dalam memaksimalkan peluang. Menurut Kas, ini menjadi kunci skuad Garuda bisa mematikan.

“Shin Tae-yong harus memaksimalkan keunggulan dan kekuatan Timnas Indonesia untuk bisa menang. Dari laga sebelumnya, counter attack Timnas Indonesia luar biasa. Sangat tajam,” kata pelatih berlisensi AFC Pro itu.

4 dari 5 halaman

STY Punya Jurus

Ilustrasi - Shin Tae-yong dan beberapa formasi-formasi / starting XI Timnas Indonesia (Bola.com/Adine Wirya)

Pelatih berusia 53 tahun itu meyakini Shin Tae-yong memiliki jurus sendiri untuk mengamankan kemenangan bagi Timnas Indonesia. Dia memprediksi, skuad Merah Putih bisa menang 2-0 atas The Dragons.

“Saya yakin Shin Tae-yong pasti sudah punya jurus sendiri untuk menumbangkan China. Prediksi saya, Timnas Indonesia bisa unggul dengan skor 2-0,” ujar pelatih yang kini mengasuh PSKC Cimahi itu.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 3 3 0 0 14-0 6
2 Australia 3 1 1 1 3-2 4
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Berita Terkait