Waspada Absen saat Menjamu Jepang, 7 Pemain Timnas Indonesia Harus Hindari Kartu saat Hadapi China

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 14 Okt 2024, 16:30 WIB
Malik Risaldi dipercaya oleh pelatih Shin Tae-yong menjadi satu-satunya pemain Liga 1 yang menjadi starter pada laga tersebut. Ia dipercaya tampil sepanjang 58 menit sebelum digantikan oleh Marselino Ferdinan. (Dok. PSSI)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi situasi mengkhawatirkan saat melawan China pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan digelar di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024). Sejumlah pemain Tim Garuda wajib berhati-hati demi menghindari hukuman akumulasi kartu saat melawan Jepang.

Sudah ada tujuh pemain andalan Timnas Indonesia yang sudah mengantongi kartu kuning, sehingga harus berhati-hati agar tidak terkena akumulasi kartu yang mengancam mereka absen pada laga-laga krusial mendatang, salah satunya saat menghadapi Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 15 November 2024.

Advertisement

Nama-nama seperti Calvin Verdonk, Muhammad Ferrari, Maarten Paes, Justin Hubner, Ragnar Oratmangoen, Marselino Ferdinan, dan Ivar Jenner masuk dalam daftar pemain yang harus ekstra waspada. Mereka telah mengantongi satu kartu kuning selama fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Calvin Verdonk, Muhammad Ferrari, dan Maarten Paes menjadi pemain pertama yang menerima kartu kuning saat Timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi pada pertandingan perdana kualifikasi putaran ketiga. 

Justin Hubner menyusul saat Tim Garuda menjamu Australia di SUGBK. Sementara itu, Ragnar Oratmangoen, Marselino Ferdinan, dan Ivar Jenner menerima kartu kuning saat Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Bahrain, Kamis (10/10/2024).

2 dari 4 halaman

Potensi Absen Melawan Jepang

Timnas Indonesia - STY dikelilingi bintang naturalisasi (Bola.com/Adreanus Titus)

 

Dengan tujuh pemain yang sudah mengantongi kartu kuning, laga melawan China akan menjadi sangat krusial. Timnas Indonesia harus menjaga fokus dan disiplin tinggi agar tidak kehilangan pemain kunci dalam pertandingan berikutnya melawan Jepang.

Jika salah satu dari ketujuh pemain terkena kartu kuning lagi, maka mereka harus absen. Hal ini akan memberikan dampak negatif terhadap kekuatan Timnas saat melawan salah satu lawan terberat di grup.

Akumulasi kartu kuning menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan, mengingat perjalanan Timnas Indonesia masih panjang di fase ketiga kualifikasi Piala Dunia ini.

3 dari 4 halaman

Wajib Menang Melawan China

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - China Vs Timnas Indonesia - Alternatif 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

 

Setelah tiga pertandingan di fase ketiga, Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat kelima dengan raihan tiga poin. Jay Idzes dkk. masih harus menghadapi tujuh pertandingan lagi untuk memperebutkan dua tiket langsung ke putaran final atau minimal tiket ke fase keempat kualifikasi.

Hanya dua tim teratas di klasemen akhir yang akan langsung mendapat tiket ke babak penyisihan Piala Dunia 2026. Sementara itu, tim yang menempati peringkat ketiga dan keempat masih harus bersaing dengan wakil Asia lainnya di putaran keempat.

Laga melawan China besok menjadi sangat penting bagi Timnas Indonesia, terlebih China merupakan juru kunci Grup C. Sebab, setiap poin sangat berharga dalam perebutan tiket ke Piala Dunia. Tiga poin dari Qingdao, China, akan krusial untuk menjaga asa Timnas Indonesia bermain di Piala Dunia 2026.

Sumber: AFC

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf

4 dari 4 halaman

Persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 3 3 0 0 14-0 6
2 Australia 3 1 1 1 3-2 4
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Berita Terkait