Melawan Cuaca Buruk, Fadillah Arbi Aditama Finis Zona Poin pada FIM JuniorGP 2024 di Aragon

oleh Hendry Wibowo diperbarui 14 Okt 2024, 17:15 WIB
Fadillah Arbi Aditama. (PT Astra Honda Motor)

Bola.com, Jakarta - Pembalap binaan PT Astra Honda Motor, Fadillah Arbi Aditama mengakhiri FIM JuniorGP 2024 di MotorLand Aragon, Spanyol, Minggu (13/10/2024) dengan catatan apik.

Arbi-sapaan akrab Fadillah Arbi Aditama sukses finis posisi 12, sehingga mendapat tambahan empat poin di klasemen. Total pada ajang FIM JuniorGP 2024, Arbi sudah mengumpulkan delapan poin. 

Advertisement

Sebelumnya, pembalap Astra Honda Racing Team ini telah mencetak empat poin saat balapan di Portimao, Portugal, pada 23 Juni 2024.

Konsistensi yang ditunjukkan Arbi sepanjang musim ini membuktikan ketangguhannya dalam menghadapi pembalap-pembalap terbaik dunia di ajang FIM JuniorGP.

"Balapan hari ini cukup baik. Saya memulai dengan baik, tapi kehilangan kontak dengan grup depan di lap pertama," Arbi menuturkan. 

"Meski begitu, saya bisa menyerang di akhir balapan karena kondisi ban yang bagus. Kami akan fokus untuk kualifikasi lebih baik di Valencia agar bisa menutup musim dengan hasil terbaik," tambahnya. 

Secara keseluruhan, hasil ini merupakan pencapaian yang baik bagi Arbi setelah melewati akhir pekan yang menantang, terutama karena cuaca.

Setelah mendapatkan wildcard untuk Grand Prix Indonesia di Mandalika, Arbi kembali ke performa terbaiknya di MotorLand.

Pencapaian di Aragon memberikan motivasi tambahan bagi Arbi untuk terus meningkatkan performanya di sisa musim ini.

 

 

2 dari 3 halaman

Jalannya Balapan

Balapan di Aragon memberikan tantangan tersendiri bagi Fadillah Arbi Aditama. Memulai balapan dengan kecepatan yang bagus di sesi latihan bebas, pembalap satu-satunya dari Indonesia ini harus menghadapi kondisi cuaca buruk dan lintasan yang sulit.

Start dari posisi ke-19, Arbi langsung melesat kencang menggunakan NSF250RW, sehingga ia pun berhasil naik tiga posisi pada tikungan-tikungan awal. Namun, kecelakaan yang terjadi tepat di depannya membuat Arbi terpisah dari grup terdepan.

Meskipun demikian, pebalap bernomor 93 ini tetap percaya diri dan berhasil memimpin grup pengejar di belakangnya.

Setelah beberapa lap, Arbi dan rombongan berhasil melewati beberapa pebalap, hingga ia masuk ke posisi peraih poin pada pertengahan balapan.

Arbi terus mencatat waktu lap yang konsisten dan berhasil melewati dua pebalap pada dua lap terakhir. Akhirnya, Arbi berhasil menyamai hasil terbaiknya musim ini di posisi ke-12, seperti yang ia raih di Portimao.

3 dari 3 halaman

Apresiasi untuk Arbi

Fadillah Arbi Aditama, pembalap muda berbakat dari Astra Honda Racing Team, bersiap menghadapi putaran JuniorGP 2024 di MotorLand Aragon, Spanyol, akhir pekan ini. (PT Astra Honda Motor)

General Manager Marketing Planning & Analysis PT Astra Honda Motor, Andy Wijaya, juga memberikan apresiasi atas perjuangan Arbi.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian Arbi yang terus menunjukkan perkembangan di setiap balapan untuk bisa membawa NSF melaju kencang di JuniorGP," kata Andy.

"Raihan poin ini merupakan bukti kerja keras dan semangat pantang menyerah yang bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia serta dukungan teknologi Honda di arena balap,” ungkapnya.

Selanjutnya, Arbi akan melanjutkan perjuangannya di seri terakhir FIM JuniorGP 2024 yang akan digelar di Ricardo Tormo, Valencia, pada 21-24 November, di mana dua balapan terakhir akan menjadi penentu posisi akhirnya di klasemen musim ini.

Berita Terkait