Jelang Vs China, Maarten Paes Ungkap Alasan Timnas Indonesia Belum Pernah Kalah di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

oleh Hendry Wibowo diperbarui 14 Okt 2024, 20:15 WIB
Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes saat sesi official training di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024) jelang menghadapi Australia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan digelar Selasa (10/9/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani laga keempat di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Lawan anak asuh Shin Tae-yong adalah tuan rumah China hari Selasa (15/10/2024).

Timnas Indonesia punya modal apik menuju pertandingan kontra China. Pasalnya pada tiga laga pertama, Skuad Garuda tidak pernah kalah. 

Advertisement

Timnas Indonesia bermain imbang kontra Arab Saudi 1-1, lalu 0-0 versus Australia dan terakhir 1-1 saat bersua Bahrain. 

Pada sesi konfrensi pers jelang partai kontra China hari Senin (14/10/2024), kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes buka-bukaan alasan timnya sukses mencuri satu poin dari tiga tim yang lebih diunggulkan. 

"Alasan penting mengapa kami belum terkalahkan karena memiliki kapabilitas bertahan yang baik," kata Maarten Paes. 

"Pemain bisa saling menyemangati, kerja keras untuk mengambil bola dan kerja sama. Setelah saya melakukan aksi penyelamatan, saya selalu disemangati." 

"Karena kita semua punya satu tujuan yang sama," tambah pemain yang memperkuat FC Dallas itu.  

2 dari 2 halaman

STY Enggan Terlalu Pede

Ilustrasi - Shin Tae-yong dan beberapa formasi-formasi / starting XI Timnas Indonesia (Bola.com/Adine Wirya)

Sementara itu meski kondisi China tengah terpuruk, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong enggan terlalu percaya diri. Ia tetap mewaspadai Wu Lei dkk.

"China memang kalah tiga kali dalam tiga laga terkini mereka tapi saya tetap mengapresiasi penampilan mereka," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum laga.

Saat ini Timnas China memiliki ranking FIFA lebih baik dibandingkan Timnas Indonesia. Mereka ada di posisi ke-91. Sementara Timnas Indonesia menduduki posisi ke-129. Hal itu juga menjadi perhatian bagi Shin Tae-yong.

"Apalagi ranking FIFA mereka ada di atas kami.Saya dan Timnas indonesia tidak akan meremehkan China. Saya harap kami bisa menampilkan performa yang bagus," harap Shin Tae-yong.

Berita Terkait