Buntut Kepemimpinan Kontroversial pada Laga Bahrain Vs Timnas Indonesia, Wasit Ahmed Al-Kaf Terancam Diparkir

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 14 Okt 2024, 22:15 WIB
Pertandingan Timnas Indonesia melawan Bahrain pada Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) diwarnai dengan kontroversi dari wasit Ahmed Al Kaf. (AFP/Karim Jaafar)

Bola.com, Jakarta - Media Oman, iNFO SPORTS, menyebut Ahmed Al-Kaf, wasit yang memimpin laga Bahrain versus Timnas Indonesia akan menerima sanksi dari AFC. Wasit asal Oman itu kabarnya akan melewatkan sejumlah pertandingan.

Ahmed Al-Kaf, wasit asal Oman yang memimpin laga Bahrain versus Timnas Indonesia pada Kamis (10/10/2024), ramai jadi perbincangan netizen menyusul kinerjanya yang dianggap kontroversial.

Advertisement

Ia disorot lantaran membiarkan laga berjalan hingga menit 99 lebih meski injury time hanya berdurasi enam menit saja. Artinya, menit 90'+6 seharusnya laga sudah usai.

Namun, pertandingan tetap dilanjutkan sehingga Bahrain mampu menyamakan kedudukan 2-2 meski waktu sudah lewat tiga menit lebih dari yang sudah ditentukan. Kemenangan Timnas Indonesia dianggap dirampok.

 

2 dari 3 halaman

Diparkir

Wasit Ahmed Al Kaf tak segera meniup peluit tanda akhir pertandingan meski injury time melebihi waktu yang ditentukan, yaitu 6 menit. (AFP/Hector Retamal)

iNFO SPORTS melaporkan bahwa Ahmed Al-Kaf dinonaktifkan sementara sebagai akibat dari keputusan tersebut.

"Dalam Program Dikka, jurnalis Khamis Al Bulushi: Salah satu sumber pribadi mengatakan bahwa Ahmed Al Kaf tidak boleh menjadi wasit pertandingan AFC Champions League Elite AFC 2024/2025 antara Al Ain (UEA) dan Al Hilal."

"Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Hazza Bin Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Senin, 21 Oktober 2024, pukul 23.00 WIB," bunyi klaim iNFO SPORTS.

 

3 dari 3 halaman

Sindir Kualitas Wasit ASEAN

Di tempat terpisah, Datuk Seri Windsor John, Sekjen AFC, menaruh perhatian pada laga ini. Namun, ia menekankan pada pentingnya Asia memperbaiki kualitas wasit, khususnya di Asia Tenggara.

Menurutnya, wasit dengan kompetensi terbaik di Asia Tenggara baru Nazmi Nasaruddin, wasit asal Malaysia.

"Kita membutuhkan lebih banyak wasit berkualitas dari wilayah ini. Saat ini, Nazmi Nasaruddin dari Malaysia termasuk di antara sedikit yang terkenal," kata John.

Berita Terkait