Pengamat Prediksi Timnas Indonesia Bisa Meraih Tiga Poin Perdana Saat Bersua China di Kualifikasi Piala Dunia 2026

oleh Ana Dewi diperbarui 15 Okt 2024, 06:00 WIB
Timnas Indonesia - Shin Tae-yong, Suporter Timnas, Bendera Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia diyakini mampu membawa pulang tiga poin dari kandang China pada lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menurut jadwal, duel antara China versus Timnas Indonesia tersaji di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong, Selasa (15/10/2024). Pertandingan ini berlangsung pada pukul 19.00 WIB.

Advertisement

Skuad Garuda kini berada di peringkat kelima klasemen sementara Grup C dengan koleksi tiga poin. Hasil dari tiga laga yang semuanya berakhir imbang. Masing-masing melawan Arab Saudi (1-1), Australia (0-0), dan Bahrain (2-2).

Adapun China masih tertahan di dasar klasemen dengan nol poin. Mereka gagal memetik angka dalam tiga partai awal. Pasukan Branko Ivankovic itu dihajar Jepang (0-7), Arab Saudi (1-2), serta Australia (1-3).

 

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Optimistis!

Asisten pelatih PSIM Yogyakarta, Erwan Hendarwanto, merasa optimistis pasukan Shin Tae-yong bisa meraih poin penuh di markas China. Menurutnya, skuad Garuda telah menunjukkan kualitasnya saat menghadapi Bahrain.

"Seperti ulasan sebelumnya bukan bermaksud untuk meremehkan kekuatan Bahrain dan China, namun kans untuk meraih poin tiga memang ada di laga melawan dua negara tersebut," ujar Erwan kepada Bola.com, Senin (14/10/2024) malam.

"Mengingat kedua tim itu belum menjadi langganan Piala Dunia seperti negara-negara lain di grup ini. Meskipun kemarin Bahrain juga menunjukkan kelas tersendiri namun secara taktikal Timnas bisa memberikan perlawanan dan hampir meraih tiga poin," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Waspadai Berbagai Hal

Erwan Hendarwanto. (Dok. PSIM Yogyakarta)

Meskipun demikian, Erwan Hendarwanto mengingatkan Jay Idzes dkk. untuk menjaga fokus selama pertandingan. Jangan sampai skuad Garuda kecolongan gol di menit akhir seperti laga melawan Bahrain.

"Berkaca dari laga melawan Bahrain, yang perlu diwaspadai semangat juang negara-negara lain akan sangat berbeda, termasuk China. Mereka akan memberikan semangat yang maksimal saat melawan Timnas nanti," ulas Erwan Hendarwanto.

"Mereka pastinya tidak ingin dipermalukan dihadapan pedukungnya sendiri, yang kedua harus mewaspadai set piece dari China karena detail kecil bisa menjadi penentu dilaga yang cukup ketat."

"Mewaspadai skema corner kick dan mengantisipasi postur lawan yang rata-rata lebih tinggi. Harus tetap konsentrasi sampai peluit akhir karena kemarin kita sedikit lengah di akhir laga. Namun saya yakin Timnas akan meraih tiga poin di China," tandasnya.

 

Berita Terkait