Dapat Pujian dari Kevin Diks, Ini Alasan Rizky Ridho Layak Jadi Bintang BRI Liga 1 Paling Bersinar di Timnas Indonesia

oleh Gatot Sumitro diperbarui 15 Okt 2024, 10:45 WIB
Bek sekaligus kapten Timnas Indonesia, Rizky Ridho menguasai bola saat menghadapi Vietnam pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Kediri - Rizky Ridho boleh dibilang menjadi pemain klub BRI Liga 1 yang paling bersinar di Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bahkan Kevin Diks, pemain diaspora yang segera mendapat status WNI, memuji performa bek Persija Jakarta itu.

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu memang pantas disandingkan dengan Jay Idzes maupun Mees Hilgers untuk berdiri sejajar di lini pertahanan tim asuhan Shin Tae-yong.

Advertisement

Rizky Ridho memiliki modal yang komplet. Ia telah membuktikan jiwa kepemimpinannya ketika didaulta menjadi kapten tim, yaitu saat Jordi Amat harus absen.

Bahkan Rizky Ridho juga tidak merasa tersisih ketika ban kapten Timnas Indonesia berpindah ke lengan Jay Idzes yang kemudian bergabung bersama Tim Garuda.

Pencapaian tertinggi Rizky Ridho tentu ketika menjadi kapten tim tak tergantikan membawa Timnas Indonesia U-23 melangkah ke semifinal Piala Asia U-23 dan nyaris lolos ke Olimpiade 2024 dii Paris. Sayang Indonesia gagal setelah dijegal Guinea di fase playoff.

2 dari 5 halaman

Pemain yang Lengkap

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho Ramadhani saat merayakan gol Witan Sulaeman ke gawang Chinese Taipei U-23, Liang Meng Hsin, dalam pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023). (Bola.com/Arief Bagus)

Dari sisi teknis, Rizky Ridho sudah punya wawasan yang lengkap. Secara individu, ia tahu bagaimana menutup dan juga mengamankan pertahanan Timnas Indonesia.

Dalam usia yang relatif muda, Rizky Ridho juga sangat senang menguasai bola untuk membangun permainan Timnas Indonesia dari bawah.

Meski sebagai bek, Rizky Ridho juga punya naluri mencetak gol. Pemahaman taktik dan strategi permainan yang diterapkan Shin Tae-yong pun telah dikuasainya dengan baik.

3 dari 5 halaman

Langsung Nyetel dengan Pemain Baru

Timnas Indonesia - Jay Idzes, Mees Hilgers, Rizky Ridho, Jordi Amat (Bola.com/Adreanus Titus, Geaby Fadhilatu Sholikha)

Mental dan motivasi Rizky Ridho juga tak kendur, kendati dia harus masuk ke lapangan dari bangku cadangan. Hal itu bisa tampak pada laga Timnas Indonesia kontra Bahrain yang berakhir imbang 2-2 pada Kamis (10/10/2024) malam WIB.

Dia masuk pada menit ke-46 menggantikan Jordi Amat. Namun, Rizky Ridho langsung memberi pengaruh besar bagi lini pertahanan Timnas Indonesia.

Dia langsung nyetel dengan Mees Hilgers yang menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia. Begitu pula kolaborasinya bahu membahu bersama Eliano Reijnders yang juga debut dari bangku cadangan.

4 dari 5 halaman

Pujian dari Kevin Diks

Ilustrasi - Kevin Diks ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sempat mengungkapkan rasa kagum yang diperlihatkan Kevin Diks terhadap Rizky Ridho yang masuk dari bangku cadangan saat Timnas Indonesia menghadapi Bahrain.

"Kevin Diks mau berbicara dengan Rizky Ridho mengenai kualitasnya yang seharusnya bisa bermain di klub luar negeri," kata Erick Thohir mengungkapkan pembicaraan dengan Diks kepada Liputan6 Sport SCTV.

Pujian dan penilaian Kevin Diks tentu saja bukan isapan jempol untuk menyenangkan Rizki Ridho.

Dengan pengalaman Kevin Diks bermain di beberapa klub Eropa dan berkiprah di Liga Champions, wajar ketika dia melihat aksi Rizki Ridho melawan Bahrain lalu menilai bek muda itu layak bermain di luar negeri.

Dari pengamatan satu pertandingan saja, Kevin Diks pun makin yakin untuk segera mengenakan jersey Timnas Indonesia, karena dia akan mendapat partner bek-bek tangguh, seperti Jay Idzes, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Rizki Ridho.

 
5 dari 5 halaman

Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 3 3 0 0 14-0 9
2 Australia 3 1 1 1 3-2 4
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Berita Terkait