Timnas Vietnam Tak Akan Beruji Coba di FIFA Days, Pilih Latihan Intensif di Korsel sebelum Tempur di Piala AFF 2024

oleh Aning Jati diperbarui 15 Okt 2024, 12:30 WIB
Timnas Vietnam saat beruji coba melawan India pada jeda internasional di Thien Truong Stadium, 12 Oktober 2024. (Bola.com/Sumber Foto: VFF)

Bola.com, Jakarta - Sebagai bagian dari persiapan menuju Piala AFF 2024, Timnas Vietnam tidak akan menggelar laga persahabatan internasional di kandang sendiri pada bulan November. Sebaliknya, mereka akan berangkat ke Korea Selatan untuk menjalani sesi latihan intensif.

Pemusatan latihan di Korea Selatan dianggap penting oleh pelatih Timnas Vietnam, Kim Sang-sik, sebagai tahap akhir persiapan sebelum turnamen dimulai.

Advertisement

Keputusan ini juga telah dipertimbangkan oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

Satu di antara alasan The Golden Stars tidak menggelar uji coba pada jeda internasional bulan November adalah sulitnya mencari lawan sepadan, serta agar kompetisi V-League 2024-2025 tetap berjalan hingga putaran kesembilan sebelum memasuki jeda.

Para pemain dijadwalkan berkumpul kembali pada 21 November sebelum langsung bertolak ke Korea. Selama di sana, Timnas Vietnam akan menggelar beberapa laga latihan melawan klub-klub K-League yang sudah diatur oleh pelatih Kim Sang-sik.

Laga-laga ini menjadi bagian penting dari evaluasi akhir terhadap skuad, guna menentukan susunan pemain terbaik yang diharapkan dapat memberikan hasil maksimal di Piala AFF 2024.

2 dari 2 halaman

Persiapan Menghadapi Grup B Piala AFF 2024

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Vietnam, Do Hung Dung pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di My Dinh Stadium, Vietnam, Selasa (26/03/2024). (Dok.PSSI)

Di Piala AFF 2024, Vietnam tergabung di Grup B bersama Indonesia, Filipina, Myanmar, dan Laos. Persaingan di grup ini diperkirakan akan ketat, terutama dengan adanya Indonesia dan Filipina sebagai lawan berat.

Berdasarkan jadwal, Vietnam akan mengawali laga mereka melawan Laos pada 9 Desember, diikuti pertandingan kandang menghadapi Indonesia pada 15 Desember. Setelah itu, mereka akan bertandang ke Filipina pada 18 Desember, sebelum menutup fase grup dengan menjamu Myanmar pada 21 Desember.

Pelatih Kim Sang-sik menyatakan timnya akan tampil dengan strategi yang berbeda saat turnamen dimulai. Melalui evaluasi dari laga-laga persahabatan sebelumnya, satu di antara area yang mendapat perhatian khusus adalah lini pertahanan.

Secara khusus, Kim Sang-sik menyoroti performa bek veteran Que Ngoc Hai, yang sempat melakukan blunder dalam pertandingan melawan India dalam jeda internasional (12/10/2024).

Pemusatan latihan di Korea Selatan ini diharapkan dapat memperkuat fondasi tim sebelum berlaga di Piala AFF 2024, dengan target membawa pulang hasil terbaik dari turnamen bergengsi tersebut.

 

Sumber: Soha

Berita Terkait