Firman Utina Dukung Timnas Indonesia Rebut 3 Poin di China: Prediksi Menang Tipis

oleh Ana Dewi diperbarui 15 Okt 2024, 13:45 WIB
Timnas Indonesia - STY dikelilingi bintang naturalisasi (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Mantan kapten Timnas Indonesia, Firman Utina, memprediksi skuad Garuda akan menang dengan skor tipis di markas China pada matchday keempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menurut jadwal, duel antara China versus Timnas Indonesia tersaji di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong, Selasa (15/10/2024). Pertandingan ini berlangsung pada pukul 19.00 WIB.

Advertisement

Tim Merah-Putih kini menempati peringkat kelima klasemen sementara Grup C dengan koleksi tiga poin. Hasil dari tiga laga yang semuanya berakhir imbang, masing-masing melawan Arab Saudi (1-1), Australia (0-0), dan Bahrain (2-2).

Adapun China masih tertahan di dasar klasemen dengan nol poin. Mereka gagal memetik angka dalam tiga partai awal. Pasukan Branko Ivankovic dihajar Jepang (0-7), Arab Saudi (1-2), serta Australia (1-3).

 
 
2 dari 5 halaman

Prediksi 1-0

Timnas Indonesia - Firman Utina (Bola.com/Adreanus Titus)

Firman Utina optimistis Timnas Indonesia bisa memetik kemenangan perdana kualifikasi ini pada pertandingan kali ini. Hanya meraih satu poin di kandang Bahrain harus dituntaskan saat berjumpa Team Dragons.

"Saya prediksi menang 1-0, yang penting menang. Masih penasaran gagal menang saat di Bahrain harus dituntaskan di China," ujar Firman Utina saat hadir sebagai bintang tamu dalam program Sport Cast di Nusantara TV baru-baru ini.

"Saya dengar China di empat tahun belakangan ini menurun prestasinya, makanya kenapa saya yakin untuk menang, habiskan dan tuntaskan yang di Bahrain itu."

"Lawan China kejar tiga poin. Namun, kan tidak mudah karena mereka main di kandang dan belum menang sama sekali. Tentu mereka akan fight, tapi peluang kita untuk menang ada," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Fokus Kepada Tim Sendiri

Timnas Indonesia - Ilustrasi STY, Rizky Ridho, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Rafael Struick (Bola.com/Adreanus Titus)

Mantan pemain Persija Jakarta tersebut mengatakan penting bagi pemain Timnas Indonesia memikirkan persiapan tim sendiri dan tetap fokus dengan tujuan.

Firman Utina juga meminta agar skuad Garuda melupakan hasil mengecewakan pada laga sebelumnya.

"Kalau saya melihat bahwa nanti lawan China, yang harus saya pikirkan adalah tim kita dengan mentalitas yang merasa dicurangi, lalu timnas kita ke China dengan jarak tempuh yang jauh," kata Firman Utina.

"Itu bagian penting yang harus kita pikirkan untuk kondisi pemain, kalau tentang masalah apa yang akan dibuat atau dimainkan oleh China saya rasa Indonesia bisa bermain baik juga lawan China."

"Skuad Timnas Indonesia mudah-mudahan mereka sehat dan tidak capek perjalanan dan terlebih capek pikiran dengan kejadian drama lawan Bahrain kemarin. Lupakan itu dan fokus lawan China," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Tidak Banyak Perubahan

Timnas Indonesia - Deretan Pemain Naturalisasi Andalan STY Saat Indonesia Bertandang ke Markas Arab Saudi (Bola.com/Adreanus Titus)

Pelatih Shin Tae-yong diprediksi tetap memakai pakem 3-4-3 pada laga kontra China. Firman Utina meyakini tidak ada banyak perubahan formasi yang akan dilakukan juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

"Saya rasa enggak akan banyak perubahan yang akan dibuat oleh Shin Tae-yong karena waktunya mepet. Belakang ada Jay Idzes dan Mees Hilgers," ucap pria berusia 42 tahun itu.

"Andai Malik Risaldi tidak main yang di laga sebelumnya cedera kepala, kalau menurut saya Witan bisa menggantikan karena dia juga pemain berpengalaman."

"Lawan China harus menang. Kalau dilihat komposisi sekarang kita sudah pernah lawan Korea Selatan, Australia, dan Arab Saudi jadi lawan China saya enggak anggap remeh atau over confidence tapi dengan komposisi tim sekarang InsyaAllah bisa," tegasnya.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 3 3 0 0 14-0 9
2 Australia 3 1 1 1 3-2 4
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 3 0 3 0 3-3 3
6 China 3 0 0 3 2-12 0

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Berita Terkait