Antusiasme Suporter Timnas Indonesia Bikin Jens Raven Terpesona

oleh Choki Sihotang diperbarui 15 Okt 2024, 16:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-20, Jens Raven melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Maladewa pada laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (25/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Bintang Timnas Indonesia U-19, Jens Raven, benar-benar kagum dan bangga dengan suporter Tim Garuda, sensasi yang selama ini belum pernah ia dapatkan di nun jauh sana, Belanda.

Menjadi idola baru, Jens Raven seakan terbang ke langit ketujuh. Selama di Indonesia, sang wonderkid diburu hanya untuk sekadar foto bareng dan minta tanda tangan.

Advertisement

Kiprahnya di Timnas Indonesia U-19 yang sekaligus menjadi salah satu bintang di balik kesuksesan Garuda Muda Nusantara memenangkn Piala AFF U-19 2024, membuat eksistensi penyerang yang masih berusia 19 tahun kian menjulang.

Ia juga menggila di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 beberapa waktu lalu yang membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke putaran final tahun depan setelah tampil sebagai jawara Grup F tanpa terkalahkan dalam tiga laga.

Susah tidak memuji Jens Raven, karena pemain kepunyaan Dordrecht U-21, Belanda, itu memang layak mendapatkannya. Jens Raven tentu berterima kasih kepada dukungan penuh suporter, terlebih yang datang ke stadion.

 
 
2 dari 4 halaman

Tersanjung

Pemain Timnas Indonesia U-20 merayakn gol yang dicetak oleh Jens Raven ke gawang Yaman U-20 dalam laga ketiga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (29/9/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Lewat kanal YouTube Yussa Nugraha belum lama ini, Jens Raven mengaku tersanjung tak terbendung. Superter Indonesia membuatnya meleleh tak berdaya.

Ia bersaksi, saat Piala AFF U-19 2024 beberap waktu lalu di Surabaya, Jawa Timur, begitu salut dan kagum terkait atensi suporter bahkan saat Jens Raven dan kawan-kawan latihan jelang pertandingan.

"Turnamen itu sangat luar biasa. Betapa semaraknya sepak bola di Surabaya dan tentunya juga di seluruh Indonesia. Semua orang sangat memperhatikan turnamen itu," kata Jens Raven.

"Saat latihan pun, banyak sekali orang yang melihatnya," imbuh pemain kelahiran 12 Okober 2005 itu sembari mengenang momen bersajarah dalam hidupnya.

3 dari 4 halaman

Dukungan Berikan Dampak Terhadap Performa

Muhammad Ragil (kiri) dan Jens Raven (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol buat Timnas Indonesia U-20 ke gawang Timor Leste pada matchday 2 Kualifikasi Piala Asia U-20 2024, Jumat (27/9/2024) malam WIB di Stadion Madya, Jakarta. (Bola.com/Abdul Aziz)

Dukungan penuh suporter itu pulalah yang membuat Jens Raven bertekad mengeksploitasi semua kemampuan terbaiknya dalam setiap pertandingan yang dipercayakan sang pelatih, Indra Sjafri.

Benar saja, Garuda Muda Nusantara akhirnya tampil sebagai kampiun setelah di final sukses mengalahkan tim kuat Timnas Thailand U-10 dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, 29 Juli 2024.

Gol semata wayang tuan rumah diceploskan oleh Jens Raven. Bukan hanya menggondol gelar pertama bersama Indonesia, Jens Raven juga masuk daftar pencetak gol terbanyak dengan tabungan empat lesakan atau hanya terpaut sebiji gol dari Jake Najdovski, pemain Australia, yang menjadi top score.

Pasca Piala AFF U-19, Jens Raven kini fokus jelang putaran final Piala Asia U-20 2025. Tim asuhan Indra Sjafri yang dimotori Jens Raven keluar sebagai juara Grup F, mengungguli tiga rival yakni Kamboja, Timor Leste, dan Yaman.

4 dari 4 halaman

Siap Tampil Maksimal di Piala Asia U-20 2025

Pemain Timnas Indonesia U-20, Jens Raven (kanan) melakukan selebrasi bersama Meshaal Hamzah Bashier setelah mencetak gol pembuka ke gawang Timor Leste pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Lantas, bagaimana di Piala Asia U-20 2025? Jens Raven pun bersiap untuk kembali memperlihatkan performa terbaiknya untuk Timnas Indonesia U-20.

"Saya sangat berharap bisa memberikan performa yang bagus. Saya hanya ingin membuktikan diri kepada tim dan negara kita," katanya.

Satu hal lagi yang membuat Jens Raven merinding adalah tatkala menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di tengah stadion yang dijejali ribuan pasang mata.

"Ada 50 ribu orang bernyanyi bersama dan kamu tahu seluruh rakyat Indonesia juga menonton. Itu memberi saya dorongan energi yang sangat tinggi," pungkas Jens Raven.

Berita Terkait