Sir Alex Ferguson Dirayu Turun Gunung Tangani MU Lagi, Segitu Frustrasinya Ya?

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 15 Okt 2024, 14:30 WIB
Manchester United - Sir Alex Ferguson (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Legenda Timnas Inggris, Paul Gascoigne, meminta Manchester United (MU) lebih baik membawa Sir Alex Ferguson untuk turun gunung satu musim lagi jika memutuskan memecat Erik Ten Hag. 

Spekulasi sebelum jeda internasional menunjukkan Erik Ten Hag mungkin akan dipecat selama periode dua pekan tersebut. Tekanan di pundak pelatih asal Belanda itu memang sangat besar menyusul catatan MU yang tanpa kemenangan dalam lima pertandingan beruntun di semua kompetisi.

Advertisement

Terlepas dari rumor yang beredar, Ten Hag tampaknya akan tetap memimpin MU. Namun ia perlu mengubah nasib klub dengan cepat jika ingin jabatannya tak diusik.

Salah satu pemilik Manchester United, Sir Jim Ratcliffe, menolak memberikan jaminan kepada mantan bos Ajax itu mengenai masa depannya, meski baru saja memberinya perpanjangan kontrak hingga 2026. 

Saat ditanya BBC sebelum jeda internasional apakah masih percaya pada Ten Hag, Ratcliffe menjawab diplomatis., "Saya tidak ingin menjawab pertanyaan itu. Saya suka Erik," kata Ratcliffe. 

“Saya pikir dia adalah pelatih yang sangat bagus, namun pada akhirnya itu bukan keputusan saya, melainkan tim manajemen yang menjalankan Manchester United yang harus memutuskan cara terbaik kami menjalankan tim dalam berbagai hal.”

 

2 dari 5 halaman

Jauh dari Era Kejayaan Ferguson

Salah satu aksi yang paling terkenal dari Sir Alex adalah hair-dryer treatment-nya. Saat melakukan itu, ia akan berteriak dengan keras di muka pemain yang ia marahi sehingga para pemain itu tidak berkutik. (Foto: AFP/Stringer)

Pada musim panas 2024, Manchester United melakukan pencarian calon pengganti Ten Hag. Mereka mewawancarai beberapa kandidat termasuk Thomas Tuchel dan Mauricio Pochettino, sebelum memutuskan mempertahankan Ten Hag.

Tuchel dan mantan bos Timnas Inggris, Gareth Southgate, masih menjadi favorit untuk menggantikan Ten Hag. Asisten manajer saat ini Ruud van Nistelrooy juga digadang-gadang menjadi salah satu calon pengganti pelatih asal Belanda itu. 

Ketidakpastian yang menyelimuti Setan Merah jauh dari stabilitas dan kesuksesan pada era Ferguson di Old Trafford.

Pelatih asal Skotlandia ini mengukuhkan reputasi sebagai salah satu manajer terhebat dalam sejarah selama 27 tahun bertugas di MU.

Di bawah Ferguson, Manchester United mengoleksi 13 gelar Liga Inggris, lima Piala FA, empat Piala Liga Inggris, dan dua trofi Liga Champions sebelum mengundurkan diri sebagai manajer pada 2013.

Kini berusia 83 tahun, Ferguson malah dibujuk kembali kembali ke kursi manajer oleh Paul Gascoigne. 

 

3 dari 5 halaman

Alasan Ingin MU Dilatih Ferguson Lagi

Banyak mengatakan bahwa Sir Alex Ferguson merupakan manajer paling sukses di Liga Inggris. Hal tersebut terbukti dari 13 gelar juara Liga Inggris yang berhasil disabet Manchester United. Fergie tercatat berhasil mencapai 500 poin hanya dalam 242 laga. (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Mantan pemain Inggris, Paul Gascoigne, meminta United MU membawa kembali Ferguson untuk satu musim lagi jika akhirnya berpisah dengan Ten Hag.

“Mengikuti Alex Ferguson, beberapa di antaranya, bahkan Jose Mourinho tidak bertahan lama, David Moyes tidak bertahan lama," kata Gascoigne. 

"Melihat Ten Hag, saya merasa sedikit kasihan padanya. Saya ingin Alex Ferguson mengambil alih tim hanya untuk satu musim dan lihat saja apa yang bisa dia lakukan dengan para pemain itu karena saya pikir beberapa dari mereka mengabaikan Ten Hag."

"Anda harus memberi sedikit rasa hormat kepada Ten Hag dan ini adalah klub yang sangat besar, saya rasa beberapa pemain tidak menyadari untuk siapa mereka bermain," imbuh Gascoigne. 

 

4 dari 5 halaman

Kans Ferguson Kembali ke MU Tipis

Namun, sepertinya Ferguson tidak akan kembali ke MU sebagai manajer, bahkan jika Ten Hag dipecat. 

Berbicara pada 2013, tak lama sebelum penggantinya David Moyes dipecat, Ferguson mengesampingkan kembali ke kursi panas.

“Saya tidak tertarik untuk menjadi manajer lagi atau memikirkan hasil-hasil Manchester United,” kata pria berusia 71 tahun itu.

"Anda akan membuang-buang uang jika Anda mengeluarkan uang untuk saya kembali sebagai manajer," imbuhnya. 

Sumber: Sportbible

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait