Efek Domino Jika Pep Guardiola Jadi Manajer Timnas Inggris

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 15 Okt 2024, 17:15 WIB
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola. (AP Photo/Shaun Botterill, Pool)

Bola.com, Jakarta - Performa buruk Timnas Inggris pada UEFA Nations League dari Yunani pekan lalu membuat kinerja Lee Carsley dipertanyakan. Nama-nama besar langsung menggema untuk mengisi posisi manajer The Three Lions, satu di antaranya Pep Guardiola.

Status Lee Carsley saat ini adalah pelatih sementara Timnas Inggris. Ia mengisi posisi tersebut setelah Gareth Southgate mundur dari jabatannya selepas Piala Eropa 2024.

Advertisement

Melihat performa tak meyakinkan Inggris di bawah kendali Lee Carsley, FA tampaknya bakal bergerak cepat mencari pengganti. Satu nama yang muncul adalah Pep Guardiola.

Meski tampaknya ideal, jika Pep Guardiola benar-benar melatih Timnas Inggris, maka akan ada efek domino di Premier League. Seperti apa?

 

2 dari 4 halaman

Siapa Pengganti Pep di Man City?

Reaksi pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat laga babak 16 besar Liga Champions 2022/2023 antara Manchester City melawan RB Leipzig di Stadion Etihad, Manchester pada 14 Maret 2023. Total pengeluarannya sebagai seorang pelatih mencapai angka 1,44 miliar euro untuk membeli pemain di bursa transfer. Jack Grealish menjadi pembelian termahal Guardiola setelah dibeli seharga 117,5 juta euro dari Aston Villa. (AFP/Oli Scarff)

Pertama, ada konfirmasi minggu lalu bahwa Hugo Viana akan mengambil alih sebagai direktur sepak bola City pada akhir musim ini, menggantikan Txiki Begiristain yang keluar.

Berita itu pada gilirannya menyebabkan manajer di sisi Viana saat ini Sporting CP, Ruben Amorim, naik cepat dalam peluang taruhan untuk mengikuti direkturnya saat ini ke Liga Inggris.

 

3 dari 4 halaman

Thoms Tuchel ke MU?

Momen menarik terjadi pada jeda babak pertama duel Burnley versus Manchester City. Ketika wasit meniup peluit tanda 45 menit pertama berakhir, Pep Guardiola tertangkap kemara berlari ke arah Erling Haaland. (AFP/Darren Staples)

Nama besar lain yang baru-baru ini dikaitkan dengan posisi manajer di Timnas Inggris adalah Thomas Tuchel, mantan pelatih Chelsea asal Jerman.

Jika FA memilih Guardiola dibanding Tuchel, maka tinggal bagaimana Tuchel menentukan sikapnya. Ia bisa bergabung ke Man City atau menunggu keputusan manajemen MU.

Ya, jika MU memecat Erik ten Hag lebih cepat, Tuchel akan menjadi manajer pertama yang ditawarkan menjadi penerusnya.

4 dari 4 halaman

Posisi MU di Liga Inggris 2024/2025

Berita Terkait