5 Pemain dengan Nilai Pasar Mewah saat Pensiun: Harga Mahal dari Sebuah Pengalaman

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 16 Okt 2024, 08:30 WIB
Manchester United - Ilustrasi Raphael Varane (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Raphael Varane telah pensiun sebagai pesepak bola profesional pada Rabu (25/9/2024). Badai cedera membuat Varane memutuskan untuk berhenti dan gantung sepatu.

Bek asal Prancis tersebut sejatinya bersiap dengan tantangan baru pada musim 2024/2025. Raphael Varane meninggalkan Manchester United karena kontraknya berakhir pada 30 Juni 2024.

Advertisement

Varane lantas melanjutkan kariernya bersama Como 1907. Berstatus tim promosi, Como berharap banyak kepada Raphael Varane. Pengalaman dan jam terbang Varane diharapkan mampu membawa Como 1907 setidaknya bertahan di Serie A pada musim depan.

Namun, nasib buruk menimpa Varane. Pada laga debut kompetitifnya bersama Como, Raphael Varane mengalami cedera. Eks bek Real Madrid itu harus menepi cukup lama dan memilih untuk pensiun dari karier sebagai pesepak bola.

Raphael Varane undur diri dari sepak bola saat nilai pasarnya masih tinggi, 20 juta poundsterling. Selain Varane, siapa lagi yang nilai pasarnya menjulang saat gantung sepatu?

2 dari 5 halaman

2. Enock Mwepu

Gelandang Brighton & Hove Albion Enock Mwepu. (foto: Instagram @enockmwepu)

Mwepu tampil gemilang untuk Brighton selama musim pertamanya bersama klub tersebut dan diharapkan akan semakin membaik pada tahun-tahun berikutnya, tercermin dari nilai pasarnya sebesar £18 juta.

Pada bulan Oktober 2022, gelandang tersebut pensiun dari sepak bola profesional di usia 24 tahun setelah didiagnosis dengan kondisi jantung bawaan yang langka. Ia kini melatih Brighton Under-9.

3 dari 5 halaman

3. Sergio Aguero

Penyerang: Sergio Aguero. Pemain berusia 33 tahun ini dikontrak Barcelona selama 2 tahun dengan klausul pembelian 100 juta euro usai dilepas gratis Manchester City. Ia juga ingin bermain bersama Lionel Messi, namun akhirnya La Pulga justru meninggalkan Barcelona. (Foto: AFP/Lluis Gene)

Pada usia 33 tahun, Aguero telah menghabiskan sebagian besar kariernya, memenangkan banyak trofi dan menjadi salah satu pencetak gol Liga Inggris terhebat saat bermain untuk Manchester City.

Namun, ia masih memiliki ambisi untuk diwujudkan di Barcelona saat dipaksa pensiun pada Desember 2021, setelah didiagnosis menderita penyakit jantung.

 

Striker produktif itu bernilai £15 juta saat mengakhiri kariernya, yang menunjukkan bahwa ia masih memiliki banyak hal untuk diberikan sebelum takdir mengintervensi.

4 dari 5 halaman

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane (77,5 juta euro)- Zidane memulai ikatannya dengan Real Madrid sebagai pemain pada bulan Juli 2001. Pemain terbaik dunia ini dibeli Real Madrir dari Juventus seharga 77,5 juta euro. (AFP/Philippe Desmazes)

Semua orang ingat hari-hari terakhir karier Zidane, memimpin tim Prancis yang berpengalaman ke Final Piala Dunia 2006 dengan penampilan solo yang luar biasa melawan Spanyol dan Brasil.

Anda juga akan ingat tindakan terakhir dalam kariernya adalah membenturkan dahinya ke dada Marco Materazzi. Zidane memiliki kekayaan sekitar £12,5 juta ketika ia meninggalkan lapangan Olympiastadion pada usia 34 tahun.

5 dari 5 halaman

Phillip Lahm

Salah satu bek terhebat dalam sejarah sepak bola, Lahm pensiun pada akhir musim 2016-17 di usia 33 tahun.

Setelah memenangkan setiap trofi dalam pertandingan klub bersama Bayern Munich, dan mengangkat Piala Dunia sebagai kapten untuk Jerman pada tahun 2014, Lahm tentu saja tidak meninggalkan panggung dengan perasaan tidak puas.

 

Lahm dianggap bernilai £11 juta pada musim semi tahun 2017.

Sumber: Planet Football

Berita Terkait