Jens Raven Sudah Indonesia Banget: Jakarta Rumah Keduaku

oleh Choki Sihotang diperbarui 16 Okt 2024, 11:15 WIB
Timnas Indonesia - Ilustrasi Jens Raven (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Di Indonesia, Jens Raven bak seorang supertar, bahkan sebelum pemuda tampan berusia 18 tahun itu memperkuat Timnas Indonesia U-19.

Lewat kanal YouTube Yussa Nugraha belum lama ini, penyerang kepunyaan Dordrecht U-21, Belanda, itu merasa tersanjung dan mungkin juga sedikit heran terkait penyambutan yang luar biasa kala ia menginjakkan kaki di bandara Soekarno - Hatta.

Advertisement

"Sangat luar biasa ketika kita mendarat di bandara. Kami disambut dengan orang-orang yang membawa kamera memetret kami dan shooting video untuk PSSI. Sangat menyenangkan. Terasa sebagai penyambutan yang hangat," kata Jens Raven sembari mengenang kedatangannya untuk kali pertama ke tanah leluhurnya.

"Semua orang sangat baik dan ramah. Aku merasa seperti berada di rumah sendiri. Jadi sangat luar biasa. Seperti yang kurasakan sekarang, Jakarta adalah rumah kedua bagiku," imbuh pemain keturunan berdarah Jogjakarta yang resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada akhir Juni lalu.

2 dari 4 halaman

Momen Indah Menjadi WNI

Timnas Indonesia U-20 unggul lebih dahulu berkat gol Jens Raven di akhir babak pertama. Namun, tak lama berselang Yaman sukses menyamakan kedudukan lewat aksi Abdulrahman Al Khader. (Bola.com/Abdul Aziz)

Bagaimana rasanya setelah diambil sumpah menjadi WNI? "Ya, sangat luar biasa. Tentu saja kamu tahu kami melakukannya untuk apa, ya pastinya untuk membela negara. Benar-benar momen yang sangat indah".

"Bagaimana proses sumpah WNI-nya dan setelah selesai jabatan tangan dengan semuanya, aku merasa bangga tentunya. Juga untuk keluargaku, karena aku sudah memilih keputusanku."

Keputusan Jens Raven menjadi WNI berbuah manis. Ia hanya butuh waktu sebentar untuk mengukir namanya di hati jutaan rakyat Indonesia, khususnya pemuja setia timnas.

Ia ikut mengantarkan Timnas Indonesia U-19 kembali menjadi yang terbaik di ajang Piala AFF U-19 2024 di Surabaya. Indonesia pertama kali memenangkannya pada 2013.

3 dari 4 halaman

Begitu Emosional Juara AFF

Timnas Indonesia U-19 tampil sebagai juara Piala AFF U-19 2024 setelah mengalahkan Thailand 1-0 pada laga final di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (29/7/2024). Gol tunggal Garuda Muda dicetak Jens Raven pada menit ke-18. Gelar juara ini menjadi yang kedua bagi Indonesia setelah pertama kali meraihnya pada edisi 2013 di Sidoarjo. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Selanjutnya, Jens Raven juga sosok krusial di balik kedigdayaan Garuda Muda ketika tampil sebagai juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2024 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sukses tersebut membuat tim asuhan Indra Sjafri yang dimotori Jens Raven akan tampil di putaran final Piala Asia U-20 2025 yang akan dihelat di China, dari 6 hingga 23 Februari tahun depan.

4 dari 4 halaman

Cetak Gol

Menurut Jens Raven, Piala AFF U-19 tahun ini merupakan sesuatu yang sangat istimewa, meski turnamen tersebut tak masuk agenda FIFA.

"Aku bisa emosional lagi jika mengingatnya, karena itu turnamen di mana aku bisa melakukan debut officialku. Jadi semuanya berawa dari AFF. Aku langsung diterima dengan sangat baik oleh staf dan tim," kata Jens Raven sembari menambahkan perjuangannya yang lain beradaptasi dengan cuaca dan iklim tropis Indonesia.

Ia juga mengenang momen indahnya saat mencetak gol. "Momen yang sangat indah tentunya. Aku sangat senang karena akhirnya bisa memperlihatkan performaku dengan baik," pungkasnya.

Berita Terkait