Sumardji Beberkan Alasan Eliano Reijnders Tidak Masuk Skuad Timnas Indonesia Vs China

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 15 Okt 2024, 17:24 WIB
Pemain keturunan Timnas Indonesia, Eliano Reijnders. (Dok. Pro Shots/Niels Boersema)

Bola.com, Jakarta - Eliano Reijnders akan absen membela Timnas Indonesia melawan Timnas China di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Apa yang menjadi penyebabnya?

Eliano Reijnders tidak masuk skuad Timnas Indonesia untuk menantang tuan rumah China dalam partai keempat Grup C di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, pada Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Advertisement

Akun Asaikana lewat situs China, Weibo, membocorkan 23 pemain Timnas Indonesia untuk menghadapi China, tapi nihil nama Eliano Reijnders dan tiga personil lainnya.

Ketiganya adalah Hokky Caraka, Muhammad Ferarri, dan Jordi Amat. Nama terakhir telah dipulangkan Timnas Indonesia ke Johor Darul Ta'zim (JDT) di Malaysia.

 

2 dari 3 halaman

Alasan

Duel Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain berpotensi menandai debut Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang baru saja menyelesaikan proses naturalisasi pada akhir bulan lalu. (Dok. PSSI)

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, mengungkapkan alasan Eliano Reijnders tidak terpilih ke skuad tim berjulukan Garuda itu untuk kontra China.

Sumardji menjelaskan bahwa Eliano Reijnders bukan mengalami cedera, melainkan karena bagian dari strategi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Eliano Reijnders tidak cedera. Ini taktik Shin Tae-yong," ujar Sumardji pada Selasa (15/10/2024).

 

3 dari 3 halaman

Sempat Main 45 Menit

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengeklaim pihaknya bakal fokus pada pemulihan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang belum lama ini tiba di Bahrain usai melakukan perjalanan jauh dari Belanda. (Dok. PSSI)

Eliano Reijnders sempat bermain untuk Timnas Indonesia ketika bermain imbang 2-2 kontra Timnas Bahrain pada 10 Oktober 2024. Pemain berusia 23 tahun itu beraksi selama 45 menit di babak kedua.

Dalam klasemen sementara Grup C, Timnas Indonesia menduduki ranking kelima dengan tiga poin dari tiga pertandingan. Garuda bermain imbang 1-1 kontra Timnas Arab Saudi, 0-0 melawan Timnas Australia, dan 2-2 menghadapi Timnas Bahrain.

Sedangkan China terpuruk di dasar tabel Grup C. Armada Branko Ivankovic itu selalu kalah. Masing-masing dibantai Timnas Jepang 0-7, 1-2 Timnas Arab Saudi, dan 1-3 Timnas Australia.

Berita Terkait