PSSI Ajak Nobar Timnas Indonesia Lawan China, Ribuan Supporter Penuhi GBK Sejak Sore Hari

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 15 Okt 2024, 18:30 WIB
Acara nobar yang diselenggarakan oleh PSSI di Area Ring Road Depan Official Garuda Store dan Plaza Utara GBK, Jakarta. (Bola.com/Muhamad Luthfi Ma'ruf)

Bola.com, Jakarta - Ribuan masyarakat tumpah ruah di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, menjelang pertandingan penting Timnas Indonesia versus China dalam lanjutan kualifikasi Round 3 Piala Dunia 2026 zona Asia.

Meski laga digelar di Qingdao Youth Football Stadium, China, pada Selasa (15/10/2024) malam WIB, antusiasme masyarakat Tanah Air tetap tinggi untuk mendukung Mees Hilgers dkk.

Advertisement

Demi menjaga dukungan untuk Tim Garuda, banyak kegiatan nonton bareng (nobar) muncul di berbagai titik. Satu di antaranya adalah acara nobar yang diselenggarakan oleh PSSI di Area Ring Road Depan Official Garuda Store dan Plaza Utara GBK, Jakarta.

Sebelumnya, PSSI telah mengundang seluruh pecinta sepak bola Indonesia untuk turut serta dalam nobar melalui akun media sosial resmi mereka. Imbauan ini disambut antusias oleh para penggemar, terbukti dengan membludaknya jumlah penonton yang hadir.

"Area Ring Road Depan Garuda Store & Plaza Utara GBK, FREE ENTRY!" tulis unggahan kolaborasi @pssi @timnasindonesia dan @garudastore.

 

2 dari 3 halaman

Antusiasme Supporter Tinggi

Acara nobar yang diselenggarakan oleh PSSI di Area Ring Road Depan Official Garuda Store dan Plaza Utara GBK, Jakarta. (Bola.com/Muhamad Luthfi Ma'ruf)

Meski nobar baru dijadwalkan mulai pukul 19.00 malam WIB, ratusan pendukung Timnas sudah memadati area sejak sore hari. Kaos merah dan jersey Timnas mendominasi kerumunan, menandakan besarnya dukungan untuk Tim Garuda. 

Namun, kondisi ini menyebabkan kemacetan total di kawasan GBK, mengingat besarnya animo warga Jakarta yang berbondong-bondong menuju lokasi nobar. Ratusan kendaraan roda dua dan empat memenuhi jalanan, membuat akses menjadi sulit.

Animo masyarakat memang sedang tinggi-tingginya mengingat Timnas Indonesia tampil positif pada tiga laga awal kualifikasi. Sang Garuda berhasil mengumpulkan tiga poin dari tiga lawatannya melawan negara ranking 100 FIFA, Arab Saudi, Australia, dan Bahrain.

Meski pada laga kemarin harus kecewa akibat gagal menang akibat kontroversi wasit asal Oman, namun hal itu tidak menyurutkan antusiasme para suporter untuk mendukung anak asuhnya Shin Tae-yong.

 

3 dari 3 halaman

STY Optimis

Laga melawan China di Qingdao menjadi ujian berat bagi skuad asuhan Shin Tae-Yong. Meski begitu Timnas diuntungkan oleh performa buruk tuan rumah. Negeri tirai bambu belum meraih satu pun poin dari tiga laga awal, terbaru kalah 1-3 dari Australia (10/10/2024).

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, mengungkapkan respons positif menjelang pertandingan. “Kami tiba di Qingdao dari Bahrain dengan semangat dan keberanian tinggi. Kami berharap dapat memberikan yang terbaik dan meraih hasil positif,” ujar pelatih yang kini berusia 54 tahun itu dalam konferensi pers pada Senin (14/10/2024).

Saat ini Tim Garuda berada di peringkat 5 grup C dengan torehan 3 poin, kemenangan di China sangat penting untuk menjaga peluang lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara China kini berada di dasar klasemen sementara dengan nol poin akibat tiga kekalahan berturut-turut sejak awal.

Berita Terkait