Timnas Indonesia Keok di Markas China, Tinggal Jepang yang Tak Terkalahkan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 15 Okt 2024, 21:35 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Ilustrasi Grup C (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Qingdao - Catatan tak terkalahkan Timnas Indonesia di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia patah sudah. Skuad Garuda menelan kekalahan pertama setelah takluk 1-2 dari China di Qingdao, Selasa (15/10/2024). 

Sebelum pertandingan ini, hanya Jepang dan Timnas Indonesia yang belum terkalahkan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Advertisement

Jepang bahkan berhasil menyapu kemenangan dari tiga laga pertama dan tanpa kebobolan, sehingga mengoleksi sembilan poin.

Di sisi lain, Timnas Indonesia juga tak tersentuh kekalahan dari tiga laga pertama, karena semuanya berakhir imbang. Pasukan Shin Tae-yong imbang kontra Arab Saudi, Australia, dan Bahrain. 

Namun, rentetan hasil imbang Timnas Indonesia terpaksa berakhir. Skuad Garuda mencicipi rasa pahit ditaklukkan China. 

2 dari 5 halaman

Jepang Belum Tersentuh

Kiper Jepang, Zion Suzuki gagal menghalau bola yang membuat gawangnya kebobolan saat laga lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia di Saitama Stadium, Jepang, Selasa (15/10/2024). (AFP/Philip Fong)

Alhasil, Jepang kini menjadi satu-satunya tim di Grup C yang belum merasakan kekalahan. Namun, Jepang juga kehilangan rekor kemenangan 100 persen di Grup C. 

Pada pertandingan hari ini, Jepang dipaksa bermain imbang 1-1 saat menjamu Australia di Saitama. Ini juga kali pertama gawang tim Samurai Biru kebobolan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

 

3 dari 5 halaman

Langsung Ketinggalan 0-2

Gelandang Timnas Indonesia, Iver Jenner dalam laga melawan Timnas China di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024). (Instagram/Timnas Indonesia()

Sementara itu, Timnas Indonesia mendapatkan peluang pertama pada menit ketujuh. Namun, sundulan Jay Idzes lewat umpan silang dari Nathan Tjoe-A-On masih ditangkap kiper China, Wang Dalei.

Pada menit ke-11, Timnas Indonesia menghasilkan kesempatan lagi. Tetapi, sepakan keras Ragnar Oratmangoen dari luar kotak penalti China masih melayang dari gawang lawan.

China membuka keunggulan pada menit ke-21. Berawal dari bola mati, Shenglong Jiang berhasil merebut bola dari bek Timnas Indonesia, Shayne Pattynama, dan mengirimkan umpan ke Behram Abduweli. 

Shayne Pattynama terlihat ingin membiarkan bola keluar untuk menjadi tendangan gawang Timnas Indonesia, namun justru kalah berduel dari Shenglong Jiang.

Behram Abduweli, yang telah berdiri di depan gawang Timnas Indonesia, tinggal menyontek bola untuk membobol gawang lawan yang dijaga oleh Maarten Paes.

Pada menit ke-40, bek Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, tetapi masih bisa dibendung oleh Wang Dalei.

Lewat serangan balik, China berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 melalui Zhang Yuning pada menit ke-44 setelah menerima umpan terobosan dari Gao Zhunyi.

 

4 dari 5 halaman

Hanya Bisa Membalas Satu Gol

Pada menit ke-47, Jay Idzes hampir membawa Timnas Indonesia memperkecil ketertinggalan. Namun, tandukan bek Venezia di Italia itu masih dimentahkan oleh Wang Dalei.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melakukan pergantian masif di babak kedua. Thom Haye, Marselino Ferdinan, dan Rizky Ridho masuk untuk menggantikan, Mees Hilgers, Witan Sulaeman, dan Shayne Pattynama.

Upaya Timnas Indonesia berbuah hasil pada menit ke-86. Pratama Arhan, yang masuk di paruh kedua, melepaskan lemparan jauh ke kotak penalti China.

Bola jatuh di kaki Thom Haye. Tendangan gelandang asal Almere City itu melesat masuk ke gawang China dan membuat Timnas Indonesia memangkas keadaan menjadi 1-2.  

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Timnas Indonesia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia: 1-1
  • China Vs Timnas Indonesia: 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 3 1 1 1 3-4 4
4 Bahrain 3 1 1 1 3-7 4
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Kamis, 11 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB

Berita Terkait