Begini Reaksi Pemain Timnas Inggris atas Penunjukan Thomas Tuchel Versi Rio Ferdinand

oleh Aning Jati diperbarui 16 Okt 2024, 10:15 WIB
Tuchel sebenarnya masih terikat kontrak dengan Bayern sampai Juni 2025. Akan tetapi ia memutuskan cabut lebih cepat dari klub Bavaria itu. (JAVIER SORIANO / AFP)

Bola.com, Jakarta - Mantan bek Timnas Inggris, Rio Ferdinand, meyakini bahwa kedatangan Thomas Tuchel akan disambut dengan penuh antusiasme oleh para pemain, yang sangat ingin meraih trofi setelah gagal dalam dua final di bawah Gareth Southgate.

Tuchel, yang sebelumnya melatih Chelsea dan Bayern Munchen, akan secara resmi diperkenalkan sebagai manajer Three Lions pada hari Rabu waktu setempat, setelah menggantikan Southgate.

Advertisement

Mantan pelatih Chelsea ini telah tidak terikat dengan klub mana pun sejak meninggalkan Bayern Munchen pada akhir musim 2023/24.

Dengan kontrak awal selama 18 bulan yang dimulai pada 1 Januari 2025, Tuchel akan memimpin Inggris hingga Piala Dunia 2026. Gajinya diperkirakan mencapai 5 juta pound per tahun.

Ferdinand menyatakan dukungan penuhnya terhadap keputusan FA, menganggap Tuchel sebagai pilihan terbaik, terutama karena pelatih seperti Pep Guardiola dan Jurgen Klopp tidak tersedia.

Ferdinand juga menolak pandangan bahwa pelatih Timnas Inggris harus berasal dari Inggris, dan memberikan pandangannya mengenai bagaimana para pemain akan merespons.

"Saya pikir para pemain akan senang," ujarnya di saluran YouTube-nya.

"Mereka ingin dituntun ke 'Tanah Perjanjian'. Saya tahu pasti, para pemain ini akan saling menelepon untuk menanyakan seperti apa dia. Menanyakan Mason Mount. [Bukayo] Saka bertanya kepada Kai [Havertz] di Arsenal, Declan Rice juga. Mereka akan mengirim pesan kepada semua teman mereka yang pernah bermain di bawahnya dengan bertanya 'seperti apa dia? Apakah saya tipe pemain yang disukainya?' Itulah yang akan menjadi pembicaraan."

Ferdinand melanjutkan dengan mengatakan bahwa kedatangan Tuchel akan membangkitkan semangat dan rasa penasaran di kalangan pemain Timnas Inggris, meski akan ada sedikit kecemasan. Namun, ia yakin Tuchel mampu menangani hal ini dan memfokuskan tim pada misi memenangkan trofi.

2 dari 2 halaman

Langkah Tepat dari FA

Ekspresi pelatih Bayern Munchen, Thomas Tuchel saat memimpin timnya berduel kontra Borussia Dortmund, Minggu (2/4/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Matthias Schrader)

Inggris telah mengalami kekecewaan di bawah Southgate, termasuk kekalahan dari Spanyol di final Euro 2024 dan kekalahan adu penalti dari Italia pada Euro 2021.

Ferdinand yakin bahwa pengalaman Tuchel dalam memenangkan final Liga Champions bersama Chelsea pada 2021 akan menumbuhkan rasa percaya diri dalam skuad.

"Saya pikir cara dia bermain, agresif, di depan, secara taktis memiliki kecerdasan dan terutama dalam sepak bola turnamen – dia membawa timnya ke final dan menang – jadi, saya pikir kami memiliki peluang yang sama bagusnya untuk memenangkan turnamen seperti sebelumnya," ulasnya.

Ia bahkan meramalkan bahwa di bawah kepemimpinan Tuchel, Inggris akan memenangkan turnamen besar selama masa jabatannya sebagai pelatih.

"Saya sampaikan sekarang karena saya tidak berpikir terlalu banyak. Kami akan mencapai final. Berapa banyak lagi yang perlu ditambahkan ke bahan-bahan atau wadah peleburan? Gareth Southgate, satu-satunya hal yang mungkin kurang darinya adalah pemahaman atau kemampuan untuk menang," tambah mantan bek MU itu.

Dengan gaya bermain yang lebih agresif dan taktis, Ferdinand optimistis penunjukan Tuchel akan menjadi langkah tepat bagi Inggris, mengakhiri masa penantian panjang mereka untuk meraih gelar internasional.

 

Sumber: Mirror

Berita Terkait