Demi Tidak Makin Tertinggal dari Thailand dan Timnas Indonesia, Vietnam Siapkan Rencana Rahasia untuk Piala AFF 2024

oleh Vincentius Atmaja diperbarui 16 Okt 2024, 13:45 WIB
Timnas Vietnam saat beruji coba melawan India pada jeda internasional di Thien Truong Stadium, 12 Oktober 2024. (Bola.com/Sumber Foto: VFF)

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam tidak mau bercanda dalam mempersiapkan diri menghadapi persaingan di Piala AFF 2024 yang akan berlangsung pada Desember 2024 hingga Januari 2025.

Timnas Vietnam menganggap Piala AFF 2024 sebagai turnamen yang wajib dimenangkan. Paling tidak, mereka berniat untuk mengejar ketertinggalan dari Thailand dan Timnas Indonesia yang terus berkembang belakangan ini.

Advertisement

Tim berjulukan The Golden Star Warriors itu tergabung di Grup B bersama Timnas Indonesia, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Sementara Grup A diisi Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Timor Leste. Tiket terakhir diraih Timor Leste setelah mengalahkan Brunei Darussalam 1-0 di babak play-off.

Format home-away atau kandang-tandang tetap berlaku pada babak penyisihan grup Piala AFF 2024. Masing-masing tim akan menjalani 2 laga kandang dan 2 laga tandang. 2 tim teratas di setiap grup akan melaju ke semifinal. Semifinal dan final akan dimainkan dalam 2 leg.

Timnas Vietnam akan memulai kampanye mereka dengan pertandingan tandang melawan Laos pada 9 Desember 2024. Disusul dengan pertandingan menjamu Timnas Indonesia, bertandang ke markas Filipina, dan kembali menjamu Myanmar.

 
 
2 dari 4 halaman

Laga Pemanasan

Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick (tengah) berusaha melewati dua pemain Vietnam, Phan Tuan Tai (kanan) dan Pham Xuan Manh pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)  

FIFA matchday November 2024 akan berlangsung pada 11-19 November, dua minggu sebelum dimulainya Piala AFF 2024.

Kecuali Timnas Indonesia yang memiliki jadwal kualifikasi Piala Dunia melawan Jepang dan Arab Saudi, sebagian besar tim yang tersisa akan memanfaatkan waktu tersebut untuk menggelar laga persahabatan.

Tim Thailand mempunyai dua lawan berkualitas, Yaman dan Lebanon. Malaysia sudah menetapkan jadwal dengan melawan India.

Filipina akan melakoni laga persahabatan dengan Hong Kong dan China Taipei. Myanmar juga sudah memastikan akan melakoni dua laga persahabatan melawan Singapura dan Lebanon.

Pertandingan persahabatan pada periode November mendatang bisa menjadi ajang gladi bersih atau pemanasan bagi tim-tim sebelum tampil di Piala AFF 2024.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Persiapan Vietnam?

Kiper naturalisasi Timnas Vietnam, Filip Nguyen (kanan). (Dok Cong An Ha Noi)

Hal yang menarik adalah Timnas Vietnam tidak memanfaatkan FIFA Matchday November 2024 dengan uji coba. Melansir media setempat, Soha, Rabu (16/10/2024), Vietnam memilih untuk melewatkan rangkaian FIFA Matchday pada November.

Selama periode ini, kompetisi Liga Vietnam atau V.League akan tetap berjalan seperti biasa. Sebagai gantinya, skuad Vietnam akan berkumpul untuk Piala AFF lebih awal dari lawannya dan melakukan pemusatan latihan di Korea Selatan.

Jadwal khusus ini datang atas usulan pelatih Kim Sang-sik. Tim Vietnam akan fokus ke putaran final Piala AFF dan bisa mempersiapkan sesuatu untuk mengejutkan lawannya.

Kekalahan Vietnam dari Indonesia dan Thailand dalam setahun terakhir memberi banyak pelajaran bagi pelatih Kim Sang-sik. Pelatih asal Korea itu berusaha mencari solusi baru untuk membantu tim Vietnam tampil beda di Piala AFF 2024.

4 dari 4 halaman

Koleksi Juara Piala AFF

Pelatih kepala timnas Thailand Alexandre Polking memegang trofi Piala AFF 2022 usai mengalahkan Vietnam dalam laga final di Stadion Thammasat, Pathum Thani, Senin (16/1/2023). Timnas Thailand keluar sebagai juara usai menang dengan skor 1-0. (AP Photo/Kittinun Rodsupan)

Thailand adalah tim dengan pemilik gelar Piala AFF terbanyak. Dari 14 kali penyelenggaraan, mereka memenangi setengahnya. Bahkan empat dari lima edisi terakhir selalu berakhir dengan keberhasilan Thailand menjadi juara.

Tujuh edisi lainnya dimenangi oleh tiga negara berbeda, yakni Singapura, Vietnam, dan Malaysia. Negara yang disebut pertama sudah empat kali juara, namun terakhir kali meraihnya pada 2012, atau sudah satu dekade silam.

Vietnam sudah mengumpulkan dua trofi juara, dan menjadi negara terakhir selain Thailand yang berhasil menggondol pulang Piala AFF selama 10 tahun ke belakang. Satu gelar tersisa dimiliki Malaysia yang meraihnya pada edisi 2010.

Sementara itu, Timnas Indonesia memegang rekor sebagai tim yang paling sering melaju ke final, tetapi tidak pernah juara. Skuad Garuda sudah enam kali tampil di laga puncak (2000, 2002, 2004, 2010, 2016, 2020), semua berujung kekalahan, empat di antaranya kalah dari Thailand.

Sumber: Soha

Berita Terkait