Performa Witan Sulaeman saat Timnas Indonesia Hadapi China: Memikul Asa Besar, Sulit Menciptakan Peluang

oleh Choki Sihotang diperbarui 17 Okt 2024, 05:00 WIB
TImnas Indonesia - Witan Sulaeman 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

 

Bola.com, Jakarta - Witan Sulaeman tak terlihat lagi jelang babak kedua pertandingan antara Timnas Indonesia melawan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ia ditarik keluar, digantikan Marselino Ferdinan. Si lincah itu kali ini tampak kepayahan mengemban misi.

Advertisement

Menantang Timnas China, dalam matchday 4 Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2024 zona Asia di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam WIB, Witan Sulaeman dipercaya sebagi starter.

Selain dia, Asnawi Mangkualam yang pada laga sebelumnya masuk daftar pemain cadangan juga hadir di Starting XI dan bahkan didapuk sebagai kapten.

Thom Haye yang tampil ciamik saat melawan Timnas Bahrain dengan satu assist yang mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Rafael Struick yang membuat Timnas Indonesia berbalik unggul 2-1 sebelum akhirnya harus puas bermain imbang 2-2, justru jadi cadangan.

Memainkan formasi 3-4-3, Witan Sulaeman kembali dipercaya sebagai tukang gedor di lini kanan. Sementara di sisi kiri diisi Ragnar Oratmangoen. Sedangkan Rafael Struick menjadi target-man.

Shin Tae-yong pastinya punya misi khusus mengapa memainkan Witan Sulaeman sebagai starter. Penyerang berusia 23 tahun itu diharapkan bisa melakukan terobosan sekaligus menjadi pelayan yang baik bagi Rafael Struick.

Atau, jika Rafael Struick dalam posisi terkunci, Ragnar Oratmangoen dan Witan Sulaeman bisa menjelma menjadi goal getter.

2 dari 4 halaman

Dapat Peluang, tapi Gagal

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman setelah mencetak gol kedua ke gawang Yordania U-23 pada laga ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Terbukti memang, sebelum turun minum, Rafael Struick sama sekali tidak punya kesempatan melepaskan satu tembakan pun ke gawang China.

Ragnar Oratmangoen hanya punya satu tembakan, tetapi tendangan kerasnya yang tak jauh dari luar kotak penalti pada menit ke-10 melambung di atas mistar Wang Dalei.

Witan Sulaeman sebenarnya punya kans untuk mencetak gol. Itu tersaji hanya satu menit sebelum momen emas Ragnar Oratmangoen.

Witan Sulaeman yang berada di dalam kotak penalti berhasil mengelabui tiga bek China dan sudah berhadapan dengan kiper Wang Dalei.

Sayang, Witan Sulaeman hilang keseimbangan dan terjatuh. Walhasil, bola yang berhasil dikontrolnya dengan kaki kiri sudah lebih dulu ditangkap Wang Dalei.

Witan Sulaeman juga kerap kalah berduel dengan empat bek China yang tampil tanpa kompromi dan melakukan pressing super ketat terhadap semua pemain Indonesia.

3 dari 4 halaman

Akhirnya Digantikan

Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman (kiri) berebut bola dengan pemain China, Jiang Guangtai (kanan) saat laga lanjutan putaran ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth Stadium, Qingdao, China, Selasa (15/10/2024). (AFP)

Pada babak kedua, Shin Tae-yong mengganti Witan Sulaeman dengan memasukkan Marselino Ferdinan. Selain Witan Sulaeman, dua pemain lainnya yang dinilai tampil tidak maksimal, yakni Mees Hilgers serta Shayne Pattynama juga diistirahatkan.

Mees Hilgers digantikan oleh Thom Haye dan Shayne Pattynama digantikan oleh Rizky Ridho.

Memasuki menit ke-85, Shin Tae-yong jug melakukan pergantian. Pratama Arhan masuk menggantikan Asnawi Mangkualam dan Malik Risaldi menggantikan Ivar Jenner.

Semenit kemudian, atau tepatnya pada menit ke-86, Indonesia, via Tom Haye, baru bisa memecah kebuntuan. Gol Thom Haye berawal dari lemparan maut Pratama Arhan.

Memkasimalkan waktu terisa, Indonesia terus melakukan gempuran dari semua lini. Hanya saja, skor 2-1 untuk tuan rumah tetap bertahan hingga laga usai.

Witan Sulaeman menjadi salah satu dari beberapa pemain yang paling disorot dalam kekalahan pertama Skuad Garuda di Grup C.

4 dari 4 halaman

Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia 1-1
  • China Vs Indonesia 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain 0-0

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 4 1 2 1 3-4 5
4 Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Selasa, 16 Oktober 2024 pukul 03.30 WIB

Berita Terkait