Harry Kane Sambut Thomas Tuchel Sebagai Pengganti Gareth Southgate di Timnas Inggris

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 16 Okt 2024, 17:30 WIB
Tuchel pun menjadi incaran banyak klub top Eropa, salah satu klub yang disebut-sebut tertarik untuk menggunakan jasanya adalah Manchester United. (ALEXANDRA BEIER / AFP)

Bola.com, Jakarta Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, memberikan sinyal positif terkait masuknya Thomas Tuchel sebagai manajer baru The Three Lions.

Mantan pelatih Bayern Munchen ini sudah ditetapkan untuk menggantikan Gareth Southgate yang hengkang.

Advertisement

Dilansir dari Sky Sport, Tuchel menjadi kandidat kuat untuk posisi tersebut setelah mundur dari Bayern pada akhir musim 2023/2024. Pelatih asal Jerman itu yang berstatus agen bebas, membuat FA leluasa bernegosiasi tanpa adanya hambatan dari pihak lain.

Tuchel memiliki rekam jejak yang solid, khususnya saat menangani Chelsea di Liga Premier Inggris, di mana sukses membawa klub asal London itu menjuarai Liga Champions pada tahun 2021.

Thomas Tuchel sempat dikaitkan dengan kursi di Old Trafford, menggantikan Erik ten Hag. Namun, situasi di MU tampaknya masih belum jelas dengan Ten Hag yang terus diberi kepercayaan.

2 dari 3 halaman

Dukungan Harry Kane

Penyerang Inggris Harry Kane bereaksi di akhir pertandingan sepak bola Liga Bangsa-Bangsa UEFA, Liga B Grup B2 antara Finlandia dan Inggris di Stadion Olimpiade di Helsinki, Finlandia, pada 13 Oktober 2024.Jonathan NACKSTRAND / AFP

Harry Kane yang pernah merasakan kepemimpinan Tuchel di Bayern Munich, memberi pujian atas kapasitas sang pelatih. Meski enggan berkomentar secara langsung, striker Timnas Inggris itu menegaskan jika Tuchel pelatih yang fantastis, baik secara teknis maupun personal.

"Sampai diumumkan, saya tidak bisa berkomentar, m kita harus menunggu dan melihat. Yang jelas, saya mengenal Thomas dengan baik sejak tahun lalu. Dia pelatih yang fantastis, jadi saya yakin orang-orang di FA akan menghubungi saya, ketika ingin tahu lebih banyak tentangnya." Kata mantan pemain Tottenham Hotspur itu.

Dia sangat rendah hati, dia adalah orang pertama yang berada di lapangan setiap hari, apa pun yang Anda minta darinya, dia akan melakukannya, dia adalah sosok yang sangat rendah hati namun menjadi hiu di lapangan, karena dia ingin mencetak gol, dia ingin menang." Lanjut pemenang Golden Boot Bundesliga 2023/2024.

3 dari 3 halaman

Performa Kane bersama Tuchel

Gelandang Bayern Munich asal Jerman Joshua Kimmich (kiri), gelandang Aston Villa asal Inggris Jaden Philogene (2 dari kiri), penyerang Bayern Munich asal Inggris Harry Kane (tengah), dan gelandang Bayern Munich asal Jerman Leon Goretzka bereaksi setelah pertandingan sepak bola tahap Liga Champions UEFA antara Aston Villa dan Bayern Munich di Villa Park di Birmingham, Inggris bagian tengah pada tanggal 2 Oktober 2024. Aston Villa memenangkan pertandingan dengan skor 1-0.Darren Staples / AFP

Di Bayern, Tuchel berhasil mengeluarkan potensi Kane, mengubahnya menjadi salah satu penyerang paling produktif di Eropa terutama setelah bergabung dengan the Bavarians pada musim panas 2023.

Di bawah arahan Tuchel di Bayern Munchen, Striker 31 tahun itu mencatatkan performa luar biasa di musim perdananya 2023/2024. Striker Timnas Inggris ini berhasil menorehkan 44 gol dan 12 assist dalam 45 pertandingan. Pencapaian ini membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak di Bundesliga 2023/2024.

Namun, masa-masa Tuchel di Bayern tidak sepenuhnya mulus. Setelah membawa Bayern meraih gelar Bundesliga di musim 2022/2023, ia harus merelakan trofi tersebut jatuh ke tangan Bayer Leverkusen pada musim berikutnya. 

Kegagalan pelatih asal Jerman itu dalam mempertahankan gelar menjadi salah satu alasan masa baktinya di Allianz Arena berakhir lebih cepat.    

Sumber: Sportskeeda

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf

Berita Terkait