Indonesia Bangga! Arkhan Kaka Masuk 60 Talenta Muda Terbaik Dunia Versi The Guardian: Bersanding dengan Lamine Yamal

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 16 Okt 2024, 16:00 WIB
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka setelah mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang Timnas Panama U-17 lewat sundulan kepala pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, London - Penyerang Persis Solo, Arkhan Kaka, masuk dalam daftar 60 pemain talenta muda terbaik di sepak bola dunia kelahiran 2007 versi media raksasa Inggris, The Guardian.

Nama Arkhan Kaka mulai melejit ketika membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 dengan mencetak dua gol dari tiga penampilan selama 270 menit.

Advertisement

Arkhan Kaka juga menjadi pemain termuda yang debut di Liga 1. Dia melakukannya dalam usia 15 tahun, 7 bulan, dan 2 hari pada 2 April 2023 ketika memperkuat Persis kontra Persib Bandung.

Arkhan Kaka lahir di Blitar, Jawa Timur, pada 2 September 2007. Darah sepak bola mengalir kental dalam dirinya. Sang Ayah, Purwanto Suwondo, adalah mantan bomber Timnas Indonesia dan Persebaya Surabaya.

2 dari 4 halaman

Ulasan The Guardian

Striker Timnas Indonesia U-20, Arkhan Kaka memberi hormat saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum dimulainya laga uji coba menghadapi Thailand U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (26/1/2024) malam WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Dinamai sesuai dengan seorang superstar Brasil, Arkhan Kaka mengalami terobosan di Piala Dunia U-17 pada 2023," tulis The Guardian dalam kolom narasi Arkhan Kaka.

"Ia menunjukkan bahwa ia mungkin menjadi tipe striker yang kuat secara fisik yang dapat menambah sesuatu yang berbeda di lini depan Indonesia."

"Penyerang Persis Solo ini melakukan debut kompetisi pada usia 15 tahun, yang termuda yang pernah melakukannya," imbuh The Guardian.

 
 
3 dari 4 halaman

Harapan Besar

Saat ini, Arkhan Kaka masih bermain untuk Persis dan telah promosi ke Timnas Indonesia U-20. Namun dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada 25-29 September 2024, namanya tidak dipanggil.

"Ia juga telah naik ke level usia yang lebih tinggi untuk bermain bagi Timnas Indonesia U-20. Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan di tengah kekhawatiran apakah ada hasrat untuk memperbaiki sentuhan pertama dan kesadaran umumnya," jelas The Guardian.

"Ia telah dikeluarkan dari Kualifikasi untuk Piala Asia U-20 2025, tetapi ada harapan besar bahwa Arkhan Kaka bisa berhasil," ungkap The Guardian.

 
 
4 dari 4 halaman

Susul Marselino Ferdinan

The Guardian memang rutin menerbitkan daftar pemain talenta muda terbaik di sepak bola dunia setiap tahunnya. Selain Arkhan Kaka, pemain Indonesia lainnya yang pernah masuk adalah Marselino Ferdinan pada 2021.

Pada tahun ini, Arkhan Kaka bersanding dengan pemuda sensasional Barcelona, Lamine Yamal, hingga Estevao Willian, wonderkid Brasil yang akan bergabung dengan Chelsea pada tahun depan.

 
 

Berita Terkait