Liga Spanyol: Real Madrid Bidik Florian Wirtz untuk Jadi Penerus Toni Kroos

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 16 Okt 2024, 21:00 WIB
Gelandang serang Jerman Florian Wirtz (kanan) saat berduel dengan bek Belanda Denzel Dumfries pada laga Jerman vs Belanda di UEFA Nations League (AFP)

Bola.com, Jakarta Real Madrid dikabarkan semakin serius mengejar bintang Bayer Leverkusen yang tengah naik daun, Florian Wirtz, sebagai penerus jangka panjang Toni Kroos. Toni Kroos merupakan andalan lini tengah Los Blancos telah mengumumkan pensiun setelah Euro 2024 Juli lalu. 

Pensiunnya Toni Kroos membuat Real Madrid harus banting stir untuk mencari penerus yang cocok diposisinya. Pasalnya sosok kreatif Kroos sangat dibutuhkan untuk memanjakan lini depan Real Madrid. Kini, Florentino Perez memulai mencari opsi pemain muda untuk mengisi posisinya. 

Advertisement

Menurut laporan dari Diario AS, Los Blancos tengah bergerak "diam-diam" untuk mengamankan tanda tangan Wirtz, meskipun harus merogoh kocek sebesar €150 juta (sekitar £125 juta). Pemain internasional Jerman berusia 21 tahun itu menjadi pilihan utama Real Madrid sebagai suksesor Toni Kroos. 

Namun, rencana Real Madrid merekrut Florian Wirtz akan sedikit terhambat, sebab mereka menghadapi persaingan ketat dari raksasa Inggris Manchester City, yang juga dikabarkan tertarik pada Florian Wirtz.

2 dari 4 halaman

Persaingan dari Inggris

Penampilan gemilang Bayern Leverkusen pada musim ini tak lepas dari peranan gelandang Florian Wirtz. Pemuda 18 tahun tersebut telah menorehkan 10 gol dan 13 assist dalam 28 penampilannya sejauh ini. (AFP/Wolfgang Ratty)

Selain itu, klub-klub besar Inggris lainnya seperti Arsenal dan Liverpool juga dilaporkan siap bersaing untuk mendapatkan Wirtz, dengan Arsenal dilaporkan bersedia memenuhi harga mahal yang diminta dan bersiap memberikan proposal transfer pada tahun 2025.

Raksasa Eropa lainnya seperti Bayern Munchen dan Barcelona juga siap mendapatkan tanda tangan pemain andalan Bayer Leverkusen yang masih terikat kontrak hingga 2027 tersebut.

3 dari 4 halaman

Wirtz, Bintang Muda yang Bersinar di Eropa

Bintang Timnas Jerman, Florian Wirtz. (Bola.com/Dok.Fabrice COFFRINI / AFP).

Florian Wirtz dianggap sebagai salah satu talenta muda paling menjanjikan di Eropa. Meski sempat mengalami cedera ACL pada 2022, Wirtz tetap menjadi pemain kunci di Leverkusen di bawah asuhan Xabi Alonso.

Hingga saat ini, Wirtz telah mencatatkan 162 penampilan di semua kompetisi untuk Leverkusen, mencetak 47 gol dan 51 assist. Catatan impresif tersebut tentu membuat banyak klub-klub elit Eropa tertarik.

4 dari 4 halaman

Pemain Terbaik Bundesliga

Pada musim 2023/24, Wirtz dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Bundesliga setelah mencetak 11 gol dan 12 assist dalam 32 pertandingan liga, membantu Leverkusen meraih gelar juara Bundesliga untuk pertama kalinya dan melalui musim tanpa terkalahkan. Di awal musim ini, Wirtz telah mencetak enam gol dalam 10 penampilan, termasuk empat gol dalam enam pertandingan Bundesliga. 

Dengan performanya yang impresif, tidak heran jika banyak klub elite Eropa bersaing untuk mendapatkan jasa Wirtz. Kini, Real Madrid tengah bergerak cepat agar tidak kehilangan kesempatan menggaet pemain berbakat ini sebagai penerus Toni Kross, yang telah menjadi ikon di Santiago Bernabeu.

Sumber: Sportsmole

Penulis: Lutfi Galih Pawening

Berita Terkait