2 Bintang China Sindir Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia: Mereka Tim Kelas 2 di Asia, kan?

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 16 Okt 2024, 18:41 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Rafael Struick (kiri) berusaha merebut bola pemain China, Jiang Guangtai saat laga lanjutan putaran ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth Stadium, Qingdao, China, Selasa (15/10/2024). (AFP)

Bola.com, Qingdao - Dua bintang Timnas China, Xie Wenneng dan Wei Shihao, menyindir kualitas para pemain naturalisasi Timnas Indonesia menyusul kemenangan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Meski bermain bertahan dan tidak dominan, China berhasil menggulung Timnas Indonesia 2-1 dalam matchday keempat Grup C di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, pada Kamis (15/10/2024) malam WIB.

Advertisement

Dua gol China dibuat oleh Behram Abduweli pada menit ke-21 dan Zhang Yuning pada menit ke-44. Timnas Indonesia hanya mampu membalas lewat Thom Haye pada menit ke-86.

"Para pemain naturalisasi Indonesia, ya, mereka adalah tim kelas dua di Asia, kan?" ujar Xie Wenneng dinukil dari media China, Dongqiudi.

2 dari 3 halaman

11 Pemain Naturalisasi

Pemain Timnas Indonesia, Mees Hilgers (tengah) berusaha mencetak gol ke gawang China yang dijaga oleh Wang Dalei saat laga lanjutan putaran ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth Stadium, Qingdao, China, Selasa (15/10/2024). (AFP)

Timnas Indonesia mempunyai sebelas pemain naturalisasi keturunan ketika melawan China, mulai dari Maarten Paes, Mees Hilgers, Jay Idzes, Sandy Walsh, Calvin Verdonk, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Rafael Struick, dan Ragnar Oratmangoen.

Dari sebelas pemain naturalisasi itu, hanya Sandy Walsh yang tidak bermain. Sedangkan Thom Haye berlaga di babak kedua. Sisanya bertanding sejak menit awal.

"Sebenarnya kekuatan kami tidak lebih buruk dari mereka. Jika kita bicara kemampuan individu, saya rasa kami kurang lebih sama dengan mereka, atau bahkan lebih baik," jelas Xie Wenneng.

3 dari 3 halaman

Penilaian Lainnya

Sementara itu, Wei Shihao memberikan penilaian terhadap para pemain naturalisasi Timnas Indonesia, yang disebutnya belum menyatu. China, katanya, lebih baik dalam kekompakan.

"Sebenarnya, kami tidak merasa bahwa Timnas Indonesia pasti lebih kuat dari kami. Mereka hanya memiliki beberapa pemain naturalisasi yang bermain di liga luar negeri," ucap Wei Shihao.

"Tetapi tingkat keselarasan tim secara keseluruhan tentu tidak sebaik kami. Sepak bola tetap harus mengandalkan permainan tim," imbuh Wei Shihao.

Sumber: Dongqiudi

Berita Terkait