Arkhan Kaka Dapat Pesan Berharga seusai Masuk 60 Talenta Muda Terbaik Dunia versi The Guardian: Terus Berproses Anak Muda!

oleh Radifa Arsa diperbarui 16 Okt 2024, 21:15 WIB
Hasil imbang kedua didapat Timnas Indonesia U-17 setelah bermain sama kuat 1-1 dengan Timnas Panama U-17 pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (13/11/2023). Sempat tertinggal lebih dahulu lewat gol Oldemar Castillo pada masa injury time babak pertama, Timnas Indonesia U-17 sukses menyamakan skor 1-1 melalui tandukan Arkhan Kaka di menit ke-54. Gol tersebut menjadi gol keduanya di ajang ini setelah sebelumnya juga mencetak gol saat jumpa Ekuador. Dengan hasil ini, pasukan Bima Sakti sementara menempati peringkat ketiga Grup A di bawah Ekuador dan Maroko dengan mengemas dua poin. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta Penyerang muda Persis Solo, Arkhan Kaka, mendapatkan sederet pesan berharga setelah namanya masuk dalam jajaran 60 Pemain Talenta Muda Terbaik Dunia versi media asal Inggris, The Guardian.

Dalam ulasannya tersebut, The Guardian menyebutkan sejumlah alasan yang membuat Arkhan Kaka layak disandingkan dengan berbagai pemain muda terbaik dunia. Ini berkaitan dengan kualitasnya sebagai seorang striker.

Advertisement

"Dinamai sesuai dengan seorang superstar asal Brasil, Arkhan Kaka menciptakan terobosan pada Piala Dunia U-17 pada 2023," tulis The Guardian dalam mendeskripsikan kualitas yang dimiliki Arkhan Kaka.

“Dengan postur 188 cm, Kaka menunjukkan bahwa ia mungkin menjadi tipe striker yang kuat secara fisik yang dapat menambah sesuatu yang berbeda di lini depan Indonesia,” lanjut bunyi ulasan tersebut.

Munculnya nama Arkhan Kaka dalam daftar ‘Next Generation 2024’ yang mengulas 60 Pemain Muda Bertalenta Dunia ini tak ubahnya sebagai sebuah pengakuan, sekaligus pelecut motivasi bagi pemain asal Blitar, Jawa Timur itu.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Masih Panjang

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka setelah mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang Timnas Panama U-17 lewat sundulan kepala pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Manajer Persis Solo, Chairul Basalamah, merasa sangat bangga dengan munculnya Arkhan Kaka dalam ulasan tersebut. Dia mengatakan, jalan Kaka untuk menjadi sosok penyerang andal di masa depan masih sangat panjang.

“Alhamdulillah, kami merasa senang sekali. Karena, menurut saya, Arkhan Kaka masih punya perjalanan yang panjang. Saat ini, usianya baru menginjak 17 tahun,” ujar Chairul Basalamah saat dihubungi Bola.com, Rabu (16/10/2024).

“Dia masih punya banyak kesempatan. Di usianya yang semuda ini, Kaka sudah mendapatkan banyak pengalaman, baik itu bersama tim nasional maupun tim senior Persis Solo,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Calon Striker Andalan

Striker Timnas Indonesia U-20, Arkhan Kaka memberi hormat saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum dimulainya laga uji coba menghadapi Thailand U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (26/1/2024) malam WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lelaki yang akrab disapa Abud itu menjelaskan, saat ini adalah momentum krusial untuk mematangkan potensi yang dimiliki Kaka. Harapannya, Kaka bisa konsisten berprogres hingga menjadi striker andalan Timnas Indonesia di masa depan.

“Kami berharap, ini adalah perjalanan untuk mematangkan Kaka. Saya berharap, ke depannya Indonesia bisa memiliki striker yang benar-benar bagus. Karena, kan posisi striker ini tidak banyak opsinya,” ujar dia.

“Harapannya, Kaka bisa muncul kembali menjadi harapan baru sampai level senior. Semoga dia bisa menjadi striker andalan Timnas Indonesia maupun klubnya. Itu harapan terbesar saya untuk dia,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Dapat Pesan Berharga

Abud pun menitipkan berbagai pesan penting untuk pemain kelahiran 2 September 2007 itu. Dia berharap, Kaka bisa terus bekerja keras dan tak pernah merasa puas agar potensinya semakin terasah dan matang di saat yang tepat.

“Sukses buat Kaka. Saya senang dengan adanya pemberitaan ini. Harapannya, ini membuat dia semakin semangat, tidak sombong, dan terus berusaha untuk menjadi dirinya yang lebih baik,” ucap Abud.

“Kaka juga harus selalu mendapatkan bimbingan supaya dia tidak berpuas diri. Saya yakin Kaka adalah pekerja. Mudah-mudahan dia bisa semakin baik,” tambah eks manajer Persebaya Surabaya tersebut.

Berita Terkait