Nasib Karier 4 Putra Zinedine Zidane di Kancah Sepak Bola: Nama Besar Orang Tua Malah Jadi Beban

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 17 Okt 2024, 16:30 WIB
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane bersama istrinya Veronique dan anak-anak mereka Enzo, Theo dan Elyaz memegang piala usai Real Madrid memenangkan pertandingan Liga Champions di Stadion Cardiff, Wales (3/6). (AFP Photo/Javier Soriano)

Bola.com, Jakarta Legenda Real Madrid, Zinedine Zidane, punya empat putra yang menimba ilmu di akademi klub berjulukan Los Blancos tersebut. Di mana mereka sekarang? 

Zinedine Zidane adalah salah satu pemain paling dikenal dalam dua dekade terakhir. Keempat putranya berusaha meniti karier sebagai pesepak bola. 

Advertisement

Sepanjang karier di lapangan hijau, Zidane mengoleksi 13 trofi utama bersama Bordeaux, Juventus, dan Real Madrid. Dia juga merengkuh gelar juara dunia bersama Prancis di Piala Dunia 1998. Di final, Les Bleus mengalahkan Brasil 3-0. 

Setelah pensiun pada 2006, ia mengambil peran sebagai bos Real Madrid Castilla, alias tim cadangan, pada 2014. Zidane kemudian melanjutkan ke peran tim utama di Santiago Bernabeu pada 2016.

Tradisinya merengkuh trofi berlanjut ketika merebut tiga mahkota Liga Champions berturut-turut antara 2016 dan 2018.

Dia juga meraih kejayaan La Liga pada 2017 dan 2020 sebelum meninggalkan jabatannya pada 2021. Sejak saat itu, dia tidak memiliki klub.

Mengingat rekam jejaknya di sepak bola, masuk akal untuk berasumsi bahwa setidaknya sebagian dari DNA Zinedine Zidane akan menurun ke keempat putranya, Enzo, Theo, Elyaz, dan Luca. Tetapi, seperti apa hasilnya? 

 

2 dari 5 halaman

Enzo Zidane

Menjadi anak pesepakbola ternama tentu bukan jaminan kesuksesan. Hal itu yang dialami Enzo Zidane di bawah bayang-bayang kehebatan ayahnya, Zinedine Zidane. Pemain 29 tahun ini telah berada dalam daftar agen bebas sejak musim panas lalu. (Franck FIFE / AFP)

Putra tertua Zidane, Enzo (29 tahun), menghabiskan satu dekade di akademi Real Madrid. Tetapi, ia hanya tampil satu kali untuk tim senior, mencetak gol dalam debutnya melawan Cultural Leonesa dalam pertandingan Copa del Rey.

Dia pindah ke Alaves pada 2017 tetapi gagal menancapkan kariernya. Ia sempat bermain di Lausanne-Sport, Aves, Almeria, Rodez dan Fuenlabrada sebelum pensiun dini pada 2023, saat berusia 29 tahun.

Pada 2018, ia membahas tentang beban menjadi putra legenda Real Madrid tersebut

“Saya sudah mengalaminya sejak saya masih kecil, dan akan selalu seperti itu,” katanya kepada Marca.

“Itu tidak akan berubah, tapi saya mencoba melepaskan diri darinya dan fokus untuk menjadi Enzo yang terbaik."

“Orang-orang membandingkan Anda, mengkritik Anda, menginginkan lebih dari Anda, dan mengatakan Anda ada di sana karena Anda putra seseorang.

“Orang lain akan dikritik karena hal lain, tapi saya mencoba untuk tidak memikirkannya," imbuh Enzo mencurahkan isi hatinya. 

 

3 dari 5 halaman

Luca Zidane

Luca Zidane debut di Real Madrid ketika melawan Villarreal. (AP Photo/Alberto Saiz)

Putra kedua Zidane, Luca (26 tahun), juga bermain untuk tim muda Madrid sebelum promosi ke tim utama. Ia melakoni debutnya pada 2018. Yang mengejutkan banyak orang, dia adalah seorang penjaga gawang.

Seperti kakaknya Enzo, Luca bercerita tentang sulitnya menjadi anak legenda Madrid tersebut.

“Di sini tekanan media tidak seperti di tim lain. Saya perlu melepaskan diri dari fokus. Sejak kecil, saya berusaha menghindari semua itu,” ujarnya kepada Relevo pada April 2023.

“Saya lebih terekspos dibandingkan pemain lain karena nama belakang yang saya miliki.  Jika itu adalah pemain lain, hal-hal tidak akan banyak terungkap dan tidak akan dibicarakan. Ini adalah hal-hal yang dapat merugikan ketika sebuah tim merekrut Anda," sambung Luca. 

Pada 2020, ia bergabung ke Rayo Vallecano sebelum mulai bermain di Eibar antara 2022 dan 2024. Pada Juli 2024, ia bergabung dengan tim lapis kedua Spanyol, Granada.

 

 

 

 

4 dari 5 halaman

Theo Zidane

Pemain Real Madrid Rodrygo, Theo Zidane, Federico Valverde dan Eduardo Camavinga menghadiri sesi latihan menjelang matchday 1 Grup C Liga Champions 2023/2024, di Valdebebas Sport City di Madrid, Selasa (19/9/2023). (Thomas COEX / AFP)

Putra ketiga pemain Prancis itu, Theo, 22, mengikuti tradisi keluarga bermain di akademi Real Madrid. Tetapi, ia gagal naik ke tim utama.

Dia bermain 93 kali untuk tim cadangan Real Madrid sebelum menandatangani kontrak dua tahun di tim lapis kedua Spanyol, Cordoba, pada Juli 2024.

 

 

5 dari 5 halaman

Elyaz Zidane

Pelatih Real Madrid Prancis Zinedine Zidane bersama anak-anaknya Elyaz dan Enzo berpose dengan piala usai Real Madrid memenangkan pertandingan Liga Champions di Stadion Cardiff, Wales (3/6). (AFP Photo/Javier Soriano)

Putra bungsu Zidane, Elyaz, 18, berada di akademi Los Blancos hingga Januari 2024. Ia kemudian hengkang ke Real Betis, menandatangani kontrak hingga Juli 2026.

Sumber: Sportbible 

Berita Terkait