FA Pernah Hubungi Carlo Ancelotti Sebelum Pilih Tuchel Sebagai Manajer Timnas Inggris

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 17 Okt 2024, 17:15 WIB
Pelatih Everton, Carlo Ancelotti, memperhatikan pemainnya saat menghadapi Southampton pada laga lanjutan Premier League pekan ke-34 di Goodison Park, Jumat (10/7/2020) dini hari WIB. Everton bermain imbang 1-1 atas Southampton. (Michael Regan/Pool via AP)

Bola.com, Jakarta Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dilaporkan sempat mendekati pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, untuk mengisi posisi manajer Timnas Inggris yang kosong.

Langkah ini dilakukan sebelum akhirnya memutuskan menunjuk Thomas Tuchel sebagai manajer The Three Lions menggantikan Gareth Southgate yang mengundurkan diri setelah Euro 2024. 

Advertisement

Kesepakatan antara keduanya secara resmi diumumkan pada Rabu (16/10/2024). Pernyataan ini sekaligus mengakhiri spekulasi panjang mengenai pemimpin baru The Three Lions setelah masa jabatan pelatih sementara Lee Carsley berakhir.

Proses pencarian pelatih baru Inggris dimulai setelah Gareth Southgate mengundurkan diri. Southgate tercatat telah memimpin Timnas Inggris selama delapan tahun. Selama di bawah komandonya, The Three Lions pernah mencatatkan masuk semifinal Piala Dunia 2018, final Euro 2020 dan 2024.

Dengan waktu yang terbatas menuju kualifikasi Piala Dunia 2026, CEO FA, Mark Bullingham, membocorkan jika mereka telah menghubungi sekitar 10 pelatih Top guna memimpin negara ratu Elizabeth ini.

2 dari 3 halaman

Pernah Dekati Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti. Pelatih berusia 63 tahun yang sejak awal musim 2021/2022 membesut Real Madrid di periode keduanya ini tercatat pernah menangani 2 klub di Liga Inggris, yaitu Chelsea dan Everton. Ia mengarsiteki Chelsea selama 2 musim pada 2009/2010 dan 2010/2011. Sementara bersama Everton ia bertahan selama 1,5 musim mulai pertengahan musim 2019/2020 hingga akhir musim 2020/2021. (AFP/Pool/Peter Powell)

Menariknya dari sepuluh nama yang dilaporkan terdapat nama manajer Real Madrid, Carlo Ancelotti. Ini diperkuat  dengan pernyataan mantan pemain timnas Inggris, Gary Lineker di podcast The Rest is Football, jika FA sempat mendekati pelatih penyabet lima gelar Liga Champions.

Selain itu, Lineker juga menjelaskan selain Ancelotti, FA sempat melakukan kontak dengan Pep Guardiola, meskipun pada akhirnya tidak ada kesepakat yang tercapai antara kedua belah pihak.

"Sudah dikonfirmasi bahwa mereka memang menghubungi Pep Guardiola di musim panas. Dan saya juga memahami bahwa mereka berbicara dengan Carlo Ancelotti.” Ungkap Gary Lineker di podcast The Rest is Football.

Alasan terdapat nama pria yang kini berusia 65 itu, karena bukanlah sosok asing bagi sepak bola Inggris. Carletto pernah melatih dua klub Premier League, yaitu Chelsea dan Everton. Selama di Inggris, Ancelotti menorehkan gelar EPL dan Piala FA saat bersama The Blues pada tahun 2010.

3 dari 3 halaman

Bukan hanya Inggris

Menariknya, ini bukan kali pertama Ancelotti dikaitkan dengan posisi pelatih Tim Nasional. Sebelum rumor ketertarikan Inggris, Ancelotti sempat juga diisukan dengan posisi pelatih timnas Brasil. 

Bahkan, pelatih asal Italia itu dilaporkan sempat menjalin kontak dengan Ednaldo Rodrigues, mantan Presiden FA Brasil, pada akhir tahun 2023. Namun, pada akhirnya tetap setia dengan Los Blancos hingga saat ini. 

Kontrak Carlo Ancelotti bersama Real Madrid sendiri baru akan berakhir pada tahun 2026. Meski masih panjang, diprediksi akan banyak klub atau negara yang mendekat untuk dapatkan tanda tangan pelatih kelahiran Reggiolo, mengingat memiliki prestasi sangat mentereng di industri sepak bola.   

Sumber: Mirror

Penulis: Lutfi Galih Pawening (Magang MSIB)

Berita Terkait