BRI Liga 1: Kembali ke Blitar Lebih Awal, Arema Tak Punya Alasan Kalah dari Malut United

oleh Iwan Setiawan diperbarui 17 Okt 2024, 17:30 WIB
Arema FC menelan kekalahan pertama di BRI Liga 1 2024/2025. Mereka takluk 0-2 dari Borneo FC di Stadion Soepriadi, Kota Blitar, Sabtu (17/8/2024). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Bola.com, Malang - Arema FC merealisasikan rencana berangkat lebih awal ke Blitar untuk persiapan pekan 8 BRI Liga 1 2024/2025. Mereka dijadwalkan menghadapi Malut United di Stadion Soepriadi, Kota Blitar, Sabtu (19/10/2024).

Namun, Ahmad Alfarizi dkk sudah berlatih di stadion itu sejak Rabu (16/10/2024). Rombongan 23 pemain meninggalkan Malang pagi harinya. Sedangkan sore hari sudah menjalani latihan di venue pertandingan.

Advertisement

Seperti diketahui, Stadion Soepriadi, jadi kandang sementara Arema. Tapi, dua bulan lalu stadion ini tak bisa digunakan karena perbaikan lapangan. Karena itu, tim berjuluk Singo Edan berangkat ke Blitar lebih awal untuk melakukan adaptasi.

Setelah latihan, kapten Arema FC, Ahmad Alfarizi mengaku jika kondisi lapangan saat ini lebih baik. Berbeda dari pertama kali mereka menggunakannya pada Agustus lalu.

“Sekarang ada perubahan kondisi lapangan. Tentu lebih bagus daripada pertama kami bermain di sini,” kata Alfarizi.

2 dari 4 halaman

Faktor Lapangan

Arema FC saat berlartih di Stadion Soeprijadi, Blitar. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Dengan begitu, faktor lapangan tidak lagi jadi alasan Singo Edan saat bermain di kandang. Musim ini Arema belum pernah menang saat main di Blitar. Dua laga kandang pertama, hanya satu poin didapat, yakni hasil imbang melawan Dewa United. Sedangkan saat melawan Borneo FC, Arema menelan kekalahan. 

Waktu itu, pelatih Arema, Joel Cornelli mengeluhkan kondisi lapangan yang kurang rata. Sehingga anak buahnya kesulitan memperagakan bola-bola pendek. Sebab, pemain seperti Wiliam Marcilio, Julian Guevarra dan lainnya tak bisa mengerahkan semua potensinya di atas lapangan yang tidak merata.

Dengan begitu, Singo Edan tak punya alasan lagi untuk kalah di kandang. Karena kondisi lapangannya kini sudah diperbaiki.

“Sekarang kami akan adaptasi sedikit lebih lama. Itu sebabnya, sekarang berangkat lebih awal. Itu bagus agar tim bisa merasakan kondisi lapangan sekarang seperti apa,” kata pelatih Arema, Joel Cornelli. 

3 dari 4 halaman

Tidak Komplet

Dalam away kali ini, Arema tak bisa turun dengan komposisi terbaik. Pasalnya, bek asal Korea Selatan, Choi Bo-kyung tidak dibawa ke Blitar. Pemain 36 tahun itu ditinggal di Malang untuk pemulihan cedera paha.

Ini bukan kali pertama Arema tampil tanpa Choi. Karena beberapa waktu lalu, dia juga berkutat dengan cedera jari kaki. Sehingga Arema sudah punya pelapis untuk mengisi sektor belakang. Singo Edan masih punya Syaeful Anwar dan Anwar Rifai.

Namun, Arema punya statistik yang bagus ketika Choi dipasang sebagai starter. Dia baru dua kali turun musim ini. Kedua laga itu Singo Edan tak pernah kalah. Yakni imbang lawan Dewa United dan menang di kandang PSIS Semarang.    

4 dari 4 halaman

Persaingan Musim Ini

Berita Terkait