Kombinasi Mematikan Legiun Asing Persebaya: Krusial di Tengah dan Depan

oleh Choki Sihotang diperbarui 18 Okt 2024, 05:00 WIB
Persebaya Surabaya - Francisco Rivera, Mohammed Rashid, Bruno Moreira (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung dalam kondisi waspada tinggi jelang menjamu salah satu musuh bebuyutannya dari Jawa Timur, Persebaya Surabaya.

Maung Bandung dan Bajul Ijo bakal saling jegal dalam lanjutan BRI Liga 1 2024/2025 yang rencananya akan mentas di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (18/10/2024) sore pukul 15.30 WIB.

Advertisement

Tim tamu, Persebaya Surabaya, hingga pekan ketujuh masih perkasa di puncak klasemen sementara dengan torehan 17 poin. Sedangkan tuan rumah belum beranjak dari posisi keempat dengan tabungan 13 poin.

Pada laga terakhir, baik Persib maupun Persebaya sama-sama kurang beruntung. Persebaya dipaksa bermain imbang 0-0 oleh Dewa United.

Pun begitu dengan Persib gagal meraih tripoin usai dipakasa bermain imbang 2-2 kala bertandang ke kandang Madura United, Stadion Gelora Bangkalan.

Jika tak ingin tersungkur di kandang sendiri, maka pelatih Bojan Hodak tak cuma harus menyiapkan ragam skenario dan strategi tapi juga kudu bisa mematikan atau mengunci pergerakan pemain asing Persebaya Surabaya, khususnya di sektor sayap dan striker.

Sehebat apa winger dan striker asing tim tamu, berikut ulasannya:

 
 
2 dari 4 halaman

Ada Flavio Silva dan Bruno Moreira di Lini Serang

Selebrasi winger Persebaya Surabaya, Bruno Moreira setelah membobol gawang PSS Sleman pada pekan 1 BRI Liga 1 2024/2025 di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (11/8/2024). (Bola.com/Aditya Wany)

Flavio Silva musim lalu memperkuat Persik Kediri. Meski wajah baru di kasta tertinggi Indonesia, tombak berkebangsaan Portugal itu sudah masuk daftar topscorer musim lalu dengan total 23 gol.

Kesuburannya tersebut membuat manajemen Persebaya Surabaya kepincut merekrutnya musim ini, kendati harus mengeluarkan cuan yang tak sedikit.

Kehadiran Flavio Silva sejauh ini cukup membanggakan. Meski baru mengemas sebiji gol, namun secara permainan dan kerja sama tim tombak 28 tahun itu dianggap selaras dengan skema permainan yang diterapkan pelatih Paul Munster.

Tak kalah penting, Bruno juga sosok krusial di balik kedigdayaan Bajul Ijo. Penyerang asal Brasil ini setidaknya sudah mengemas tiga gol dalam tujuh laga di mana ia selalu tampil sebagai starter.

Seperti Flavio Silva, Bruno juga tipikal pemburu gol yang lihai mencari celah untuk melepaskan tembakan serta punya ketenangan setiap kali memaksimalkan peluang.

3 dari 4 halaman

Kekuatan Impor di Lini Tengah

Formasi 4-3-3 yang kerap dipakai pelatih Paul Munster menempatkan Mohammed Rashid (Palestina) serta Francisco Rivera (Meksiko) sebagai langganan di sisi kiri dan sisi kanan gempuran Bajul Ijo.

Sukses Persebaya Surabaya memuncaki klasemen sementara BRI Liga 1 tidak lepas dari kontribusi kedua legiun asing tersebut.

Sebagai penyerang sayap atau winger, Mohammed Rashid dan Francisco Rivera sejauh ini mampu menjadi motor serangan.

Bersama Gilson Costa yang diplot sebagai gelandang bertahan, Mohammed Rashid serta Francisco Rivera bermain lebih agresif dan menjadi pelayan yang sangat memanjakan trisulu Persebaya yakni Malik Risaldi, Flavio Silva, pun Bruno.

Dalam situasi tertentu, Gilson Costa (Portugal) juga beberapa kali menjelma menjadi penyerang sayap.

Melawan Persib, tiga pendekar ini pastinya akan menjadi lawan yang sangat berat bagi bek-bek Maung Bandung.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Berita Terkait