Shin Tae-yong Jawab Kritikan soal Starting XI Timnas Indonesia Vs China, Jelaskan Alasan Thom Haye Tidak Main sejak Menit Awal

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 17 Okt 2024, 18:58 WIB
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin sesi official training di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024) jelang menghadapi Australia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan digelar Selasa (10/9/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjawab kritikan dari pengamat sepak bola hingga netizen mengenai starting eleven melawan Timnas China di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Shin Tae-yong dianggap tidak mempunyai pakem tetap dengan kerap menggonta-ganti susunan pemain Timnas Indonesia, padahal telah melatih selama bertahun-tahun.

Advertisement

Ketika Timnas Indonesia kalah 1-2 dari China pada 15 Oktober 2024, Shin Tae-yong mencadangkan Thom Haye, Rizky Ridho, hingga Sandy Walsh. Eliano Reijnders bahkan tidak masuk dalam skuad.

Shin Tae-yong baru memainkan Thom Haye dan Rizky Ridho di babak kedua. Haye menjadi pencetak gol satu-satunya Timnas Indonesia ke gawang China pada menit ke-86.

2 dari 3 halaman

Respons Shin Tae-yong

Pemain Timnas Indonesia, Thom Haye, tampak kecewa saat ditaklukkan Irak pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Memang secara strategi saja. Maksudnya Thom Haye sengaja dimainkan pada babak kedua karena secara fisik memang kurang," ujar Shin Tae-yong.

"Dia tidak bisa bermain selama 90 menit. Apalagi China lebih kuat di babak pertama. Jadi, tadinya secara taktik tidak kemasukan gol pada babak pertama."

"Pada babak kedua bisa mencetak lebih dari dua gol. Tetapi hasilnya tidak seperti itu. Jadi sangat disayangkan," imbuh Shun Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Disiapkan di Babak Kedua

Shin Tae-yong menjelaskan, sesuai strateginya untuk menghadapi China, Thom Haye memang disiapkan bermain di babak kedua. Sementara, Ivar Jenner dan Nathan Tjoe-A-On yang menjadi starter di lini tengah.

"Memang secara taktik itu, Thom Haye mau dimainkan pada babak kedua," ucap Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan bermain lagi di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 15 November 2024 dengan menjamu Timnas Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Berita Terkait