3 Gebrakan Jim Ratcliffe Sejak Pimpin MU Melalui INEOS: Bangun Stadion Hingga Copot Sir Alex Ferguson

oleh Hendry Wibowo diperbarui 18 Okt 2024, 06:15 WIB
Manchester United - Ilustrasi Jim Ratcliffe (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Februari 2024, sosok Sir Jim Ratcliffe bersama perusahaannya INEOS, secara resmi memiliki saham di Manchester United (MU). 

Perlahan tapi pasti, Sir Jim Ratcliffe mulai memperlihatkan beberapa strategi dan gebrakan menarik untuk membangkitkan MU

Advertisement

Ya, membangkitkan MU. Karena sejak era Sir Alex Ferguson berakhir, MU belum kembali lagi menjadi tim langganan juara Premier League. 

Pada artikel ini, Bola.com memilih tiga gebrakan yang telah dibuat Sir Jim Ratcliffe sejak masuk ke MU. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

2 dari 5 halaman

Bangun Stadion

Ada kejadian tak biasa di stadion berusia 114 tahun itu. Hujan lebat membuat atap stadion Old Trafford bocor dan berubah menjadi wahana air terjun. (AP Photo/Dave Thompson)

MU akan segera memulai proyek ambisius pembangunan stadion baru yang direncanakan bisa menampung hingga 100.000 penonton dan dijadwalkan selesai pada tahun 2028.

Pemilik klub, Sir Jim Ratcliffe, bersama Walikota Manchester, Andy Burnham, telah menyusun rencana ini sebagai bagian dari upaya regenerasi kawasan Trafford Park di kota Manchester.

Awalnya, ada pertimbangan untuk merenovasi Old Trafford. Namun, setelah sejumlah studi banding yang dilakukan ke beberapa stadion ternama seperti Bernabeu dan Nou Camp, serta melihat perkembangan stadion baru milik Tottenham Hotspur, keputusan akhirnya jatuh pada stadion baru. 

3 dari 5 halaman

Memecat Sir Alex Ferguson

Salah satu aksi yang paling terkenal dari Sir Alex adalah hair-dryer treatment-nya. Saat melakukan itu, ia akan berteriak dengan keras di muka pemain yang ia marahi sehingga para pemain itu tidak berkutik. (Foto: AFP/Stringer)

Sejak mengambilalih MU, salah satu aksi yang dilakukan Sir Jim Ratcliffe adalah efisiensi. Bukan hanya belanja pemain yang dikontrol, akan tetapi juga pengeluaran klub untuk kegiatan operasional.

MEN melaporkan bahwa klub telah mengakhiri kerja lebih dari 250 karyawan beberapa waktu lalu. Nah, Ferguson jadi 'korban' lanjutan dari aksi efisiensi yang dilakukan MU di bawah kendali Ratcliffe.

Ferguson disebut menerima gaji yang besar atas perannya. Ferguson mendapat bayaran 2,165 pounds juta per tahun. Selain faktor finansial, MU menilai tanggung jawab sebagai duta akan sangat menyita waktu dan tenaganya.

MU menyampaikan pemberhentian itu secara langsung pada Ferguson pada Senin (9/10) lalu. Keputusan ini diambil dengan suasana damai. Ferguson menerimanya. Klub juga akan tetap menerima kehadiran Ferguson di Old Trafford.

4 dari 5 halaman

Mempertahankan Ten Hag

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag memberi aplaus kepada para suporter jelang dimulainya laga tunda pekan ke-34 Liga Inggris 2023/2024 menghadapi Newcastle United di Old Trafford Stadium, Manchester, Rabu (15/5/2024). (AP Photo/Dave Thompson)

Langkah penting ketiga yang dibuat Jim Ratcliffe dan Ineos adalah terus percaya kepada sosok Erik Ten Hag. 

Sejauh ini, meski MU sedang diterpa kabar buruk, Jim Ratcliffe terus mempercayakan sosok Ten Hag sebagai pelatih tim. 

Namun tentu saja, Ten Hag harus bergerak cepat membuat MU kembali ke jalur yang benar. Karena kekalahan demi kekalahan tentu tidak bisa ditoleransi. 

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Berita Terkait