10 Pemain Berpenghasilan Tertinggi di Dunia, Cristiano Ronaldo Kalahkan Lionel Messi dan 3 Superstar Liga Inggris

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 18 Okt 2024, 09:45 WIB
Ilustrasi - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Superstar Al Nassr, Cristiano Ronaldo, masih menempati posisi pertama di daftar 10 pemain sepak bola berpenghasilan tertinggi di dunia. Superstar Inter Milami, Lionel Messi, juga masuk daftar tersebut. 

Hanya ada tiga pemain Liga Inggris yang masuk dalam 10 dalam daftar. Sebaliknya, Liga Arab Saudi punya banyak wakil gara-gara kekuatan uang mereka. 

Advertisement

Premier League punya reputasi mampu menawarkan gaji tinggi serta kompetisi tingkat elite untuk menarik pemain-pemain terbaik dunia. Namun, sejak kepindahan Cristiano Ronaldo ke Al-Nassr pada pertengahan musim 2022/2023, Liga Arab Saudi mulai menarik perhatian dengan manuver-manuvernya. 

Salah satu pemain terbaru yang melakukannya adalah Ivan Toney. Pemain Inggris itu mendapatkan gaji yang lumayan di Al-Ahli, meski tidak cukup baginya untuk masuk 10 besar dunia.

Siapa saja pemain sepak bola yang masuk daftar 10 pemain berpenghasilan tertinggi di dunia? Berikut nama-namanya, termasuk Cristiano Ronaldo

 

2 dari 11 halaman

10. Kevin de Bruyne (Rp606,3 Miliar per Tahun)

Gelandang Manchester City berusia 32 tahun, Kevin De Bruyne akan menjalani debut sebagai kapten Timnas Belgia di turnamen besar pada Euro 2024 meneruskan tongkat estafet dari Eden Hazard. Bersama Timnas Belgia, KDB hingga kini telah mengoleksi 101 caps dengan torehan 27 gol dan 49 assist. (AFP/Kenzo Tribouillard)

De Bruyne masih di Manchester City untuk musim 2024/2025, meski diminati klub Arab Saudi. Namun, dia masih menghasilkan banyak uang saat memasuki tahun terakhir kontraknya dengan klub juga Liga Inggris tersebut.

Sekitar 90 persen penghasilan pemain Belgia ini berasal dari lapangan, dan gajinya termasuk yang tertinggi di antara pemain mana pun di Premier League. Namun, ia memperkirakan angka tersebut akan meningkat lebih tinggi lagi pada tahun depan jika memilih pindah ke Arab Saudi.

 

3 dari 11 halaman

9. Sadio Mane (Rp808,4 Miliar per Tahun)

Sadio Mane baru didatangkan Al Nassr dari Bayern Munchen pada awal musim 2023/2024. Saat ini ia berstatus sebagai top skor bersama timnas Senegal dengan catatan 38 gol dari 99 laga. Bersama Al Nassr hingga kini ia telah mencetak 8 gol dan 2 assist dari total 14 laga di semua kompetisi. (AFP/Fayez Nureldine)

Sadio Mane adalah satu dari empat pemain yang berbasis di Arab Saudi dalam daftar ini. Mane bergabung dengan Cristiano Ronaldo di Al-Nassr pada 2023 setelah tahun yang sulit di Bayern Munchen.

Seperti De Bruyne, kekayaannya sebagian besar berasal dari pendapatan di lapangan.  Endorsements dan kesepakatan lain hanya memberikan kontribusi kecil.

Bintang Senegal tersebut menghabiskan sebagian penghasilannya di kampung halaman. Ia membantu membangun rumah sakit di Bambaly pada 2021 dan berkontribusi pada proyek infrastruktur lainnya termasuk sekolah, kantor pos, dan pom bensin.

 

4 dari 11 halaman

8. Mohamed Salah (Rp824,7 Miliar per Tahun)

Liverpool's Mohamed Salah celebrates after scoring his side's second goal during the Champions League soccer match between Liverpool and Bologna at the Anfield stadium in Liverpool, England, Wednesday, Oct. 2, 2024. (AP Photo/Ian Hodgson)

Mantan rekan setim Mane di Liverpool, Mohamed Salah, memilih bertahan di Anfield sementara rekan satu timnya pindah. Pria Mesir itu menjadi pemain dengan gaji tertinggi di The Reds ketika menyetujui kontrak baru pada tahun 2022, meskipun kesepakatan tersebut hanya berlaku hingga akhir musim ini.

Penghasilannya di lapangan lebih rendah dibandingkan rekannya, namun didukung oleh sekitar 13,9 juta pounds (Rp240,5 miliar) pendapatan di luar lapangan. Nominal ini termasuk kesepakatan dukungan dengan perusahaan seperti Vodafone, Mountain View Egypt, Pepsi, dan Adidas.

 

5 dari 11 halaman

7. Vinicius Jr (Rp854,9 miliar per tahun)

Pemain Real Madrid, Vinicius Jr melakukan selebrasi setelah mencetak gol penyeimbang 2-2 melalui blunder kiper Liverpool, Alisson Becker saat laga leg pertama Liga Champions 2022/2023 melawan Real Madrid yang berlangsung di Anfield, Rabu (22/02/2023) WIB. Liverpool kalah dengan skor 2-5 dari Real Madrid. (AFP/Paul Ellis)

Kandidat peraih Ballon d'Or 2024, Vinicius Jr, adalah yang termuda kedua dalam daftar dan satu-satunya pemain baru yang masuk 10 besar. Kontrak besar yang ia tandatangani dengan Real Madrid pada 2022 telah dilengkapi dengan berbagai kesepakatan di luar lapangan di Amerika Latin.

Di usianya yang baru 24 tahun, bintang Brasil ini sudah memiliki dua gelar Liga Champions serta tiga mahkota La Liga. Dia juga mencetak gol di kedua final tersebut, menyumbangkan gol kemenangan melawan Liverpool pada 2022 dan menceploskan gol penentu melawan Borussia Dortmund pada 2024.

6 dari 11 halaman

6. Erling Haaland (Rp933,7 miliar per tahun)

Erling Haaland (tengah), menendang bola dari titik penalti yang menghasilkan gol keempat bagi Manchester City saat melawan Fulham dalam pertandingan pekan keempat Liga Inggris 2023/2024 yang berlangsung di Etihad Stadium, Sabtu (2/9/2023). Haaland mencetak hattrick pertamanya dalam pertandingan ini. (AP Photo/Dave Thompson)

Haaland, yang hanya beberapa hari lebih muda dari Vinicius Junior, masuk dalam daftar tersebut. Pemain Norwegia tersebut hanya memiliki satu gelar Liga Champions, tetapi itu terjadi sebagai bagian dari Treble pada musim pertamanya di Manchester City.

Dengan 73 gol dalam banyak pertandingan, Haaland berada di jalur untuk menjadi pemain tercepat yang mengoleksi 100 gol di Premier League. Lebih dari tiga perempat penghasilannya berasal dari lapangan, meski masih menyisakan ruang lebih dari 10 juta pounds untuk pendapatan di luar lapangan.

7 dari 11 halaman

5. Kylian Mbappe (Rp1,4 triliun per tahun)

Pemain Real Madrid, Kylian Mbappe melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Real Betis pada laga lanjutan Liga Spanyol 2024/2025 di Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (02/09/2024) WIB. (AFP/Thomas Coex)

Mbappe rela gajinya dipotong demi bergabung ke Real Madrid dari Paris Saint-Germain. Namun, ia masih menempati peringkat lima pada daftar ini.

Secara terpisah, dia terlibat perselisihan dengan petinggi PSG, mengenai gaji yang belum dibayarkan, dan sidang dijadwalkan akan dimulai pekan ini.

Pemain berusia 25 tahun itu meraup gaji 69,3 juta pounds (Rp1,4 triliun) per tahun di Real Madrid.

8 dari 11 halaman

4. Karim Benzema (Rp1,61 triliun per tahun)

Karim Benzema secara resmi bergabung dengan klub Arab Saudi Al Ittihad. Pengumuman itu disampaikan Al Ittihad via akun media sosial Twitter. (AFP/Liga Pro Saudi/jorge ferrari)

Karim Benzema adalah bintang Liga Arab Saudi berikutnya dalam daftar ini. Mantan pemenang Ballon d'Or itu berada di posisi keempat berkat pendapatan di lapangan saja, dengan penghasilan di luar lapangan hanya menyumbang sebagian kecil dari penghitungan.

Pemain berusia 36 tahun itu bergabung dengan juara bertahan Saudi Al-Ittihad pada 2023 tetapi mengalami musim pertama yang dilanda cedera. Dia mencetak gol dalam lima pertandingan berturut-turut musim ini,  termasuk hat-trick melawan Al-Wahda, untuk membantu tim yang berbasis di Jeddah berpacu dalam perebutan gelar.

 

9 dari 11 halaman

3. Neymar (Rp1,71 triliun per tahun)

Neymar jadi pemain kelima yang didatangkan Al Hilal di bursa transfer musim panas 2023. (Saudi Pro League / AFP)

Cedera mengganggu kiprah Neymar pada musim pertamanya di Liga Arab Saudi. Al-Hilal masih menjuarai liga meski cedera ACL membuat pemain Brasil itu hanya bermain dalam tiga pertandingan. Kini, dia hampir pulih.

Lebih dari 23 juta pounds (Rp464,6 miliar) pendapatan Neymar diperkirakan berasal dari kesepakatan endorsement. Dia memiliki perjanjian dengan sejumlah merek, di Arab Saudi dan negara lain, yang telah membantu melengkapi kontrak besarnya.

 

10 dari 11 halaman

2. Lionel Messi (Rp2,1 triliun per tahun)

Kolase - Lionel Messi di Inter Miami (Bola.com/Adreanus Titus)

Major League Soccer mengubah aturan gajinya untuk memungkinkan Inter Miami merekrut Messi. Bintang Argentina ini diketahui berpenghasilan antara 39 juta pounds (Rp787 miliar) hingga 47 juta per tahun (Rp949 miliar) di Inter Miami. 

Pemilik Inter Miami, Jorge Mas,  menjelaskan kesepakatan MLS dengan Apple TV juga membantu klub merekrut pemain veteran tersebut.

Meskipun Messi menjadi salah satu pemain dengan bayaran tertinggi di dunia di lapangan, penghasilannya bahkan lebih besar lagi di luar lapangan. Adidas dan Konami termasuk di antara merek yang menandatangani kontrak kerja sama dengan mantan bintang Barcelona dan Paris Saint-Germain itu. 

11 dari 11 halaman

1. Cristiano Ronaldo (Rp4,43 triliun per tahun)

Pada laga tersebut, Al-Nassr harus puas berbagi poin setelah laga berakhir dengan skor 1-1. (AFP/Fayez Nureldine)

Penguasa takhta di daftar ini bukan kejutan lagi. Kontrak di Al-Nassr membuat Ronaldo menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di dunia sepak bola. Dia bahkan akan menempati posisi teratas di sini bahkan tanpa perkiraan pendapatan di luar lapangan sebesar 50,1 juta pounds (Rp1,01 triliun). 

Menurut catatan Forbes, Ronaldo yang berusia 39 tahun berada di urutan kedua setelah Floyd Mayweather dalam pendapatan satu tahun untuk seorang atlet yang masih aktif dalam olahraga apa pun. Pemain Portugal ini punya ikatan kerja sama dengan beberapa merek top dan bisnis sampingan – termasuk sejumlah hotel di seluruh dunia. Ung diperkirakan tetap akan tetap masuk ke kantongnya, bahkan jika dia tidak memperpanjang masa tinggalnya di Saudi setelah kontraknya berakhir pada musim panas 2025.

Sumber: Mirror 

Berita Terkait