Ronaldinho Emoh Tahbiskan Lionel Messi sebagai GOAT, Sebut Ada 3 Pemain yang Lebih Hebat

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 18 Okt 2024, 10:15 WIB
Lionel Messi (kiri) dan Ronaldinho (kanan) saat masih sama-sama bermain di Barcelona. (AFP/Miguel Riopa)

Bola.com, Jakarta - Banyak penggemar sepak bola dunia menahbiskan Lionel Messi sebagai pesepak bola terbaik sepanjang masa. Namun, legenda Brasil, Ronaldino, tidak sepakat dengan klaim tersebut. 

Perdebatan seputar sosok pesepak bola terhebat di dunia tampaknya tak bakal ada ujung-pangkalnya. Ronaldinho tidak terganggu dengan perdebatan itu, karena sudah punya pilihan sendiri. 

Advertisement

Selama dua dekade terakhir, kontes pemain terbaik dunia tersebut didominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Keduanya berbagi penghargaan Ballon d'Or hampir secara eksklusif sejak 2008. Hanya Luka Modric dan Karim Benzema yang mampu mematahkan tren sepanjang periode panjang tersebut.

Lionel Messi terakhir merengkuh gelar Ballon d'Or pada 2022. Bisa dibilang ia mengukuhkan dirinya sebagai GOAT (greatest of all time) di kancah sepak bola. Namun, Ronaldinho menganggap argumen tersebut tidak bersifat hitam-putih.

 

2 dari 3 halaman

Pendapat Ronaldinho soal Messi

Ronaldinho menggendong Lionel Messi usai memberikan assist untuk gol pertamanya bagi Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Messi mengantongi delapan penghargaan Ballon d'Or, empat titel Liga Champions, 10 medali La Liga, dan berbagai gelar lainnya, termasuk juara dunia bersama Argentina. Namun, di mata Ronaldinho itu semua belum cukup untuk membuat La Pulga menjadi pemain terbaik di dunia. 

"Saya senang Messi memenangi Ballon d'Or. Kami juga berteman saat bersama-sama di Barcelona," kata Ronaldinho pada 2022, seperti dikutip Sportbible, Kamis (17/10/2024). 

"Tetapi saya tidak suka membandingkan. Saya sulit bilang dia adalah pemain terbaik sepanjang masa." 

Meski begitu, Ronaldinho masih menganggap Messi sebagai pemain terhebat di generasinya, mengungguli Cristiano Ronaldo. 

 

 

3 dari 3 halaman

Pemain Terbaik di Mata Ronaldinho

Lionel Messi dan Ronaldinho saat masih bermain bersama di Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Melihat gambaran yang lebih besar, Ronaldinho tidak bisa mengabaikan beberapa pemain paling mengesankan di masa lalu.

"Ada Maradona, Pele, Ronaldo Nazario. Sulit untuk mengatakan bahwa Messi adalah yang terbaik sepanjang sejarah sepak bola. Saya hanya bisa mengatakan dia adalah yang terbaik di zamannya," tutur Ronaldinho. 

Diego Maradona dan Pele adalah dua pemain paling sukses dan individu paling berbakat di abad ke-20. Striker Brasil, Ronaldo, muncul sebagai salah satu penyerang paling produktif dan berbakat alami pada 1990-an dan awal 2000-an.

Meski Ronaldinho enggan memilihnya sebagai GOAT, Messi tetap menaruh rasa hormat yang besar terhadap mantan rekan setimnya itu. Legenda Argentina itu menegaskan Ronaldinho bertanggung jawab membalikkan nasib Barcelona untuk kembali meraih kesuksesan. 

Sumber: Sportbible 

Berita Terkait