BRI Liga 1: Belum Pernah Hadapi Malut United Sepanjang Sejarah, Arema FC Sudah Kantongi Kekuatan Lawan

oleh Iwan Setiawan diperbarui 18 Okt 2024, 13:00 WIB
Pemain Malut United memakai pita hitam saat melawan Persik sebagai tanda berduka atas musibah banjir bandang yang melanda Ternate. (Bola.com/Gatot Sumitro)

Bola.com, Malang - Arema FC akan menjamu Malut United dalam lanjutan BRI Liga 1 2024/2025 di Stadion Soepriadi, Kota Blitar, Sabtu (19/10/2024). Sejarahnya, dua tim ini belum pernah bertemu. Karena baru musim ini Malut United bermain di kasta tertinggi.

Tapi, pelatih Arema FC, Jeol Cornelli tidak buta dengan kekuatan calon lawannya. Pelatih asal Brasil ini sudah menganalisa cara bermain Malut lewat rekaman pertandingan. “Mereka tim dengan serangan balik yang bagus,” kata Jeol. Justru hal itu yang jadi ancaman Arema FC.

Advertisement

Karena tim berjuluk Singo Edan cukup sering kebobolan lewat serangan balik. Seperti yang terjadi di pekan 6 lalu. Waktu itu, Arema FC kalah 1-3 dari PSS Sleman. Tiga gol lawan berasal dari serangan balik. Sebab, pemain belakang Singo Edan keteteran menghadapi serangan cepat lawan.

“Kami cukup sering kemasukan dari counter attack. Jadi, harus benahi transisi dari menyerang ke bertahan,” tegas mantan pelatih Etihad Club, Jordania itu.

 

2 dari 4 halaman

Sudah Siapkan Antisipasi

Arema FC menelan kekalahan pertama di BRI Liga 1 2024/2025. Mereka takluk 0-2 dari Borneo FC di Stadion Soepriadi, Kota Blitar, Sabtu (17/8/2024). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Dari materi pemainnya, Malut United memiliki beberapa pemain cepat. Seperti Rifal Lastori, Frets Butuan, Victor Mansaray dan lainnya. Keberadaan mereka sangat menunjang taktik serangan balik.

Karena sudah mengantongi kekuatan lawan, Arema FC sudah menyiapkan antisipasi. Dalam sesi latihan, Joel meminta anak buahnya segera melakukan pressing sekaligus kembali ke garis pertahanan sendiri. Sehingga tidak ada kesempatan bagi Malut United untuk melancarkan serangan balik.

 

3 dari 4 halaman

Tak Pandang Sebagai Tim Promosi

Lebih lanjut tentang kekuatan Malut United, tim pelatih Arema FC tidak memandang sebelah mata. Mereka tidak melihat tim berjuluk Laskar Kie Raha itu sebagai tim promosi yang baru merasakan Liga 1. Karena tim itu dihuni banyak pemain berpengalaman di kasta tertinggi.

Sebut saja Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu, Hari Nur Yulianto, Alwi Slamat, Frets Butuan dan masih banyak lainnya. Wajar jika tim ini bisa bersaing setidaknya di papan tengah. “Sejak awal kami sampaikan jika Liga 1 musim ini sangat ketat."

"Malut United punya materi yang bagus. Banyak pemain yang sudah berpengalaman Liga 1 di sana. Jadi, jangan melihat ini tim promosi lagi,” kata asisten pelatih Arema FC, Kuncoro.

Melihat dari posisi di klasemen, Malut United menempati urutan 11. Namun, nilai dan selisih gol yang mereka miliki sama dengan Arema FC yang satu tingkat diatasnya. Karena itu, laga ini akan berjalan alot. Karena Malut juga datang ke Blitar untuk melanjutkan trend positif, di mana pekan sebelumnya, mereka menang 1-0 di kandang PSS.

4 dari 4 halaman

Posisi Arema FC di BRI Liga 1

Berita Terkait