Pelatih Asal Malaysia Tegaskan Shin Tae-yong Tak Bersalah saat Timnas Indonesia Ditekuk China

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 18 Okt 2024, 19:00 WIB
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin sesi official training di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024) jelang menghadapi Australia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan digelar Selasa (10/9/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Setelah Timnas Indonesia menelan kekalahan kala bertandang ke markas China, timbul opini di masyarakat bahwa kekalahan tersebut adalah murni kesalahan pelatih Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia harus takluk di tangan China dengan skor 1-2 dalam lanjutan laga Grup C babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Advertisement

Dua gol tuan rumah lahir via Behram Abduweli pada menit ke-21 dan sepakan kaki kanan Zhang Yuning (44'). Satu-satunya gol tim tamu berasal dari tendangan Thom Haye, empat menit jelang selesai waktu normal babak kedua.

Kekalahan perdana Skuad Garuda ini tentu menimbulkan kekecewaan di masyarakat. Opini-opini liar yang menyebut ini merupakan kesalahan Shin Tae-yong beredar di media sosial.

 

2 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Tidak Salah

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pelatih asal Malaysia, Raja Isa, yang juga lama berkarier di Indonesia punya opini tersendiri menanggapi laga kemarin. Ia menyebut, ini bukan kesalahan Shin Tae-yong.

Sebagai pelatih, ia lebih tahu apa yang dilakukan Shin Tae-yong di lapangan. Menurutnya, para pemain Timnas Indonesia kehilangan fokus selama pertandingan dan tidak bisa memanfaatkan peluang yang tercipta.

"Faktor kekalahan dari China ini saya tidak melihat soal taktik atau siapa yang bermain. Secara tim, kalau saya lihat, hanya masalah konsentrasi."

"Dua gol yang bersarang di gawang Timnas Indonesia adalah hilangnya konsentrasi. Padahal di babak kedua, Timnas Indonesia bermain sangat baik. Keberuntungan untuk memgambil satu poin kemarin tidak terjadi."

 

3 dari 3 halaman

Masih Punya Peluang

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Lebih lanjut, mantan pelatih PSPS Pekanbaru itu menegaskan bahwa Timnas Indonesia masih punya peluang besar. Ia yakin Jay Idzes dkk. bisa memaksimalkan sisa laga, terutama saat bertanding di kandang sendiri.

"Yang harus tetap ada adalah dukungan suporter Timnas Indonesia, terutama saat melawan Jepang dan Arab Saudi."

"Enggak boleh kita sakit jiwa selama seminggu ini. Kita harus optimistis."

Berita Terkait