Jaap Stam Nasihati Marcus Rashford: Segera Tinggalkan MU dan Cari Klub Baru

oleh Aning Jati diperbarui 18 Okt 2024, 21:15 WIB
FC Porto tertinggal lebih dulu pada menit ke-7 setelah aksi apik pemain Manchester United Marcus Rashford. (MIGUEL RIOPA/AFP)

Bola.com, Jakarta - Legenda MU, Jaap Stam, memberikan saran kepada penyerang tim Setan Merah, Marcus Rashford, untuk bergabung dengan klub yang bisa membuatnya tampil lebih baik dalam bermain sepak bola.

Musim baru Premier League dimulai dengan buruk bagi tim asuhan Erik ten Hag. MU hanya mampu meraih dua kemenangan dari tujuh pertandingan awal, menghasilkan total delapan poin dan lima gol, serta menempatkan mereka di posisi ke-14 klasemen sementara.

Advertisement

Dalam beberapa pekan terakhir, Ten Hag mendapat tekanan besar akibat performa buruk timnya. Selain itu, beberapa keputusan yang ia buat dianggap aneh, satu di antaranya tidak memasukkan Rashford dalam skuad saat melawan Crystal Palace, meski pemain internasional Inggris tersebut telah mencetak tiga gol dalam dua pertandingan sebelumnya.

Secara keseluruhan, penampilan Rashford musim ini belum memuaskan, menjadikannya satu di antara pemain yang paling banyak dikritik di MU.

2 dari 3 halaman

Pendapat Jaap Stam

Mantan pemain Manchester United yang kini melatih Reading, Jaap Stam. (AFP/Justin Tallis)

Saat diminta pendapat tentang klub yang cocok bagi Rashford, Stam berkata kepada Viaplay melalui program Weijland & Stam:

"Rashford membutuhkan klub dengan pemain-pemain yang bisa membantunya tampil lebih baik dalam sepak bola," ujarnya.

"Saat ini, banyak yang berharap tinggi padanya, tetapi ia belum mampu memenuhi ekspektasi itu. Ini juga soal dirinya sendiri. Melihat apa yang ia capai beberapa tahun lalu dibandingkan dengan saat ini, ia perlu bertanya pada dirinya sendiri apa yang bisa dilakukan berbeda agar ia dan tim tampil lebih baik. Dia juga kurang berkontribusi dalam hal assist," imbuh Stam.

3 dari 3 halaman

Apa yang Menahan Rashford?

Kemenangan 2-1 Manchester United atas Liverpool di pekan ke-3 Liga Inggris musim 2022/2023 pada 23 Agustus 2022 lalu membawa catatan tersendiri bagi Marcus Rashford yang mencetak salah satu gol bagi MU. Saat ini ia hanya berselisih satu gol dengan Wayne Rooney, salah satu legenda Setan Merah sebagai pencetak gol terbanyak MU ke gawang Liverpool sepanjang sejarah Liga Inggris. Berikut daftar lengkap 5 top skor MU ke gawang Liverpool. (AP/Dave Thompson)

Hal senada juga disampaikan mantan pemain sayap Chelsea, Florent Malouda. Ketika ditanya mengenai pemain Premier League yang ia harapkan tampil lebih baik, Malouda menyebut nama Rashford.

"Saya mengharapkan lebih banyak dari Marcus Rashford di Manchester United. Kita tahu bahwa ia mampu tampil lebih baik, tetapi sejauh ini, kita belum melihat hal itu secara konsisten. Saya ingin melihatnya kembali ke level performa yang ia tunjukkan saat bermain di Liga Champions atau untuk timnas Inggris," kata Malouda kepada Coin Poker.

"Saya tidak yakin apa yang menahan Rashford saat ini. Mungkin ada hambatan mental, tapi ia jelas pemain top yang tengah kesulitan menemukan performa terbaiknya. Kebahagiaan dan penampilannya yang tidak konsisten tampaknya saling berkaitan," tuturnya.

Menurut Malouda, kunci bagi Rashford untuk kembali menemukan konsistensinya adalah menikmati sepak bolanya.

"Ketika ia bermain dengan senang hati, konsistensinya akan meningkat. Ia harus bisa menikmati tekanan sebagai pemain kunci di klub besar seperti Manchester United. Mengelola tekanan dan menikmati permainan akan membantunya tampil lebih baik secara konsisten, kata Malouda.

 

Sumber: Football365

Berita Terkait