Ngeri Bertanding di SUGBK, Bahrain Pernah Dibikin Tak Berkutik Timnas Indonesia di Jakarta

oleh Rizki Hidayat diperbarui 18 Okt 2024, 19:15 WIB
Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 kontra Bahrain pada laga ketiga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB. Duel itu diwarnai keputusan kontroversial wasit, karena gol kedua Bahrain dicetak melebihi waktu tambahan yang ditetapkan. (dok. PSSI)

Bola.com, Jakarta - Timnas Bahrain ketakutan menghadapi Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, menyusul adanya teror dari suporter. Sebelum menjalani duel tersebut, Bahrain pernah dibuat tak berkutik saat bersua Tim Garuda di SUGBK.

Timnas Bahrain dijadwalkan berhadapan dengan Timnas Indonesia dalam matchday kedelapan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 25 Maret 2024. Rencananya, duel kedua tim akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Advertisement

Namun, Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) menolak untuk bermain di Indonesia. Lewat akun Instagramnya, @bahrainfa, pada Rabu (16/10/2024), mereka merilis pernyataan yang terbagi dalam empat poin.

Satu di antara poin yang diminta adalah enggan bertanding di Jakarta maupun daerah lain di Indonesia. "Ketika mereka bertemu dengan Timnas Indonesia dalam pertandingan tandang ke Jakarta. BFA akan menyerahkan permintaan untuk memindahkan pertandingan dari Indonesia untuk keamnan Bahrain," tulis BFA.

 

2 dari 4 halaman

Dapat Teror di Dunia Maya

Timnas Indonesia bertemu Bahrain di kualifikasi Piala Dunia 2026. (X Timnas Indonesia)

Permintaan FA Bahrain tersebut tak lepas dari teror yang didapat di dunia maya. Suporter Timnas Indonesia menyerang akun media sosial pemain dan juga FA Bahrain, menyusul hasil pada laga ketiga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026

Dalam duel yang berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024, Timnas Bahrain bermain imbang 2-2 kontra Timnas Indonesia. Bahrain dianggap diuntungkan wasit Ahmed Al Kaf dari Oman, yang menyudahi laga pada menit ke-90+11.

Padahal, ofisial keempat memperlihatkan jika waktu tambahan babak kedua hanya enam menit. Alhasil, Bahrain mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-90+9 lewat aksi Mohamed Marhoon.

 

3 dari 4 halaman

Pernah Tak Berkutik

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas (tengah), setelah mencetak gol ke gawang Bahrain dalam pertandingan Grup D Piala Asia 2007 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/7/2007). Gol Bepe tersebut membawa kemenangan 2-1 untuk Indonesia atas Bahrain pada laga perdana penyisihan grup. (AFP/Jewel Samad)

Sebelum bersua Timnas Indonesia pada Maret tahun depan, Bahrain pernah tak berkutik ketika bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Momen tersebut terjadi pada laga perdana Grup D Piala Asia 2007.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada 10 Juli 2007 tersebut, Timnas Indonesia yang diasuh Ivan Kolev memberikan perlawanan sengit kepada Bahrain. Saat duel baru berjalan 14 menit, Tim Garuda unggul lebih dulu berkat gol yang disarangkan Budi Sudarsono.

Masuk menit ke-27, Timnas Bahrain menyamakan skor lewat aksi Sayed Mahmoud. Namun, Timnas Indonesia yang mendapatkan dukungan hingga 60 ribu suporter yang memadati stadion berhasil mencetak gol kedua pada menit ke-64.

Berawal dari bola hasil sepakan keras Firman Utina dari luar kotak penalti yang menerpa mistar gawang, si kulit bundar langsung disambar Bambang Pamungkas dengan tendangan kaki kanan.

Sampai duel berakhir, Timnas Indonesia menang 2-1 atas Bahrain. Bagi Tim Garuda, itu adalah kemenangan perdana atas Timnas Bahrain di ajang resmi.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan:

  • 5 September 2024

Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

  • 10 September 2024

Timnas Indonesia Vs Australia 0-0

  • 10 Oktober 2024

Bahrain Vs Timnas Indonesia 2-22

  • 15 Oktober 2024

China Vs Timnas Indonesia

  • 14 November 2024

Timnas Indonesia Vs Jepang

  • 19 November 2024

Timnas Indonesia Vs Arab Saudi

  • 20 Maret 2025

Australia Vs Timnas Indonesia

  • 25 Maret 2025

Timnas Indonesia Vs Bahrain

  • 5 Juni 2025

Timnas Indonesia Vs China

  • 10 Juni 2025

Jepang Vs Timnas Indonesia

Berita Terkait