PR Besar Timnas Indonesia Lawan Jepang: Kreasi Lini Depan Minim, Harus Cari Solusi Jitu

oleh Choki Sihotang diperbarui 18 Okt 2024, 21:30 WIB
Piala Asia - Jepang Vs Timnas Indonesia - Menerka komposisi pemain belakang Timnas Indonesia saat berduel kontra Jepang (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Setelah menenggak pil pahit dari Timnas China, Timnas Indonesia kini bersiap melakoni laga berat pada 15 dan 19 November 2024 melawan Jepang dan Arab Saudi.

Kekalahan 1-2 dari China di  matchday 4 Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2024 zona Asia membuat langkah Timnas Indonesia untuk melaju ke fase selanjutnya semakin berat.

Advertisement

Sebelum ditaklukkan China, pasukan Shin Tae-yong sukses meraih tiga poin setelah bermain dengan Bahrain, Australia, serta Arab Saudi.

Melawan Jepang tentu saja tak mudah, mengingat Samurai Biru saat ini memuncaki klasemen Grup C tanpa terkalahkan dalam empat laga.

Belum lagi status mereka yang sudah beberapa kali tampil di Piala Dunia, jelas menjadi tantangan berat bagi para penggawa Skuad Garuda, meski Jay Idzes and kolega bermain di depan publik Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Selain Jepang, Timnas Indonesia juga akan menjamu Arab Saudi yang pada laga pertama di Riffa beberapa waktu lalu kita sukses membawa pulang satu poin karena laga berakhir sama kuat 1-1.

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

PR Timnas Indonesia

Kolase - Aksi-aksi pertandingan Timnas Indonesia Vs Irak (Bola.com/Adreanus Titus)

Menghadapi Jepang dan Arab Saudi yang memiliki pertahanan kuat, mantan pemain Timnas Indonesia Patar Tambunan memberikan masukan kepada Shin Tae-yong. Bukan tak mungkin, Jepang dan Arab Saudi juga akan menerapkan parkir bus seperti yang dilakukan Timnas China. 

"Saya pikir Shin Tae-yong sudah melakukan evaluasi, termasuk bagaimana bisa membongkar pertahanan lawan yang cukup rapat. Saya pikir itu yang harus bisa dipecahkan oleh tim pelatih saat ini," kata Patar Tambunan lewat kanal YouTube Bicara Bola besutan Akmal Marhali.

Selain itu, masih berkaca dari pertandingan melawan China, Shin Tae-yong juga harus memoles lini serang agar bisa lebih berkreasi.

Tiga penyerang yang dipasang yakni Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, dan Witan Sulaeman sama sekali tak bisa berbuat banyak. 

Begitu pula dengan Marselino Ferdinan maupun Malik Risaldi yang masuk dari bangku cadangan pada babak kedua. Stok striker mumpuni masih sangat kurang. 

"Kreasi kita di depan masih sangat kurang, bahkan enggak ada," ujar mantan pemain Persija Jakarta yang pada SEA Games 1987 ikut mempersembahkan medali emas sepak bola. 

 

3 dari 5 halaman

Efek Ivar Jenner Absen

Gelandang Timnas Indonesia, Iver Jenner dalam laga melawan Timnas China di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024). (Instagram/Timnas Indonesia()

Melawan Jepang, Ivar Jenner dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning. Ini jelas sangat merugikan, mengingat keduanya punya peran penting sejauh ini.

"Sungguh disayangkan karena Ivar Jenner sangat penting di lini pertahanan kita. Apalagi yang kita lawan nanti Jepang yang belum pernah kalah dan produktivitas golnya juga sangat tinggi," kata Patar Tambunan. 

 

 

4 dari 5 halaman

Harapan Tetap Ada

Timnas Indonesia - Ilustrasi STY, Rizky Ridho, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Rafael Struick (Bola.com/Adreanus Titus)

Meski Indonesia saat ini berada di posisi kelima klasemen Grup C, Patar Tambunan masih optimistis Skuad Garuda bisa finis di posisi ketiga sehingga membuka peluang ke putaran final Piala Dunia 2026.

"Saya melihatnya masih ada kemungkinan, tapi mungkin peluangnya agak kecil. Perjuangan masih panjang dan berat. Harapan saya, pemain kita harus bangkit dengan memanfaatkan dua laga kandang nanti melawan Jepang dan Arab Saudi," pungkas Patar Tambunan. 

 

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Timnas Indonesia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia 1-1
  • China Vs Indonesia 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain 0-0

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 4 1 2 1 3-4 5
4 Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Selasa, 16 Oktober 2024 pukul 03.30 WIB

Berita Terkait