Dapat Undangan dari FIFA, Inter Miami dengan Lionel Messi Bakal Beraksi di Piala Dunia Antarklub 2025

oleh Aning Jati diperbarui 19 Okt 2024, 14:30 WIB
Pemain tengah Inter Miami, Lionel Messi (kedua kanan) merayakan golnya saat melawan Charlotte FC laga lanjutan MLS di Chase Stadium pada Sabtu 28 September 2024 atau Minggu (29/9/2024) pagi WIB di Fort Lauderdale, Florida. (Megan Briggs/Getty Images North America/Getty Images via AFP)

Bola.com, Jakarta - Inter Miami akan diumumkan sebagai peserta terakhir dari MLS yang mengikuti Piala Dunia Antarklub 2025, menurut sumber yang dikonfirmasi oleh ESPN.

Pengumuman resmi mengenai keterlibatan Inter Miami dalam Piala Dunia Antarklub 2025 diperkirakan akan dilakukan pekan depan.

Advertisement

Piala Dunia Antarklub 2025 akan menjadi yang pertama dengan format 32 klub dari seluruh dunia, setelah FIFA memutuskan untuk memperluas turnamen dari format sebelumnya, yang hanya diikuti oleh tujuh tim.

Badan sepak bola dunia ini telah membagi 'jatah' untuk peserta Piala Dunia Antarklub 2025 ini dari setiap konfederasi, yakni memberikan 12 slot kepada Eropa (UEFA), enam untuk Amerika Selatan (CONMEBOL), empat masing-masing untuk Amerika Utara dan Karibia (Concacaf), Asia (AFC), dan Afrika (CAF), serta satu slot untuk Oseania (OFC).

2 dari 3 halaman

FIFA Gunakan Hak untuk Undang Inter Miami

Inter Miami juara  MLS Supporters' Shield 2024. (Sumber Foto: Web resmi Inter Miami)

Sebagian besar tim yang akan berpartisipasi sudah ditentukan, termasuk Manchester City (juara Liga Champions UEFA 2022-23) dan Real Madrid (juara Liga Champions UEFA 2021-22 dan 2023-24).

Monterrey (juara Piala Champions Concacaf 2021), Seattle Sounders (juara Piala Champions Concacaf 2022), León (juara Piala Champions Concacaf 2023), dan Pachuca (juara Piala Champions Concacaf 2024) akan mewakili Concacaf.

Namun, Concacaf menerima satu undangan tambahan karena Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub ini.

FIFA memiliki hak untuk memilih peserta terakhir dari Concacaf, dan memberikan tiket tersebut kepada Inter Miami, pemenang Supporters' Shield 2024.

Komisaris MLS, Don Garber, mengungkapkan pada pertandingan All-Star tanggal 24 Juli bahwa liga hanya bisa memberikan saran kepada FIFA, tetapi tidak menentukan peserta.

3 dari 3 halaman

Venue Tersebar di Amerika Serikat

Lionel Messi saat bermain untuk Inter Miami pada laga kontra Toronto FC hari Minggu (06/10/2024) dini hari WIB. (Vaughn Ridley / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Lionel Messi akan memimpin tim dari Florida Selatan ini di Piala Dunia Antarklub 2025, yang berlangsung dari 15 Juni hingga 13 Juli 2025, di berbagai stadion di Amerika Serikat.

Bulan lalu, FIFA mengumumkan 12 stadion tuan rumah, termasuk stadion tempat final akan digelar, yaitu MetLife Stadium di East Rutherford, New Jersey.

Stadion tersebut akan didampingi oleh Mercedes-Benz Stadium (Atlanta), Bank of America Stadium (Charlotte, Carolina Utara), TQL Stadium (Cincinnati), Rose Bowl Stadium (Pasadena, California), Hard Rock Stadium (Miami), GEODIS Park (Nashville, Tennessee), Camping World Stadium (Orlando, Florida), Inter&Co Stadium (Orlando, Florida), Lincoln Financial Field (Philadelphia), Lumen Field (Seattle), dan Audi Field (Washington, D.C.).

 

Sumber: ESPN

Berita Terkait